UMKM JUICE PEDIA

Oleh: Dian Pramesti

Usaha Mikro Kecil dan Menengah / UMKM yang akan saya sampaikan adalah Juice Pedia, yang mana usaha ini mengolah buah menjadi berbagai macam produk, seperti jus buah dan salad buah yang biasa dikonsumsi para konsumen sesuai selera mereka. Contoh jus yang dijual disini adalah  Usaha ini sudah memiliki beberapa cabang di Yogyakarta. Salah satunya berada di Jl. Karangmalang, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Usaha ini biasanya buka setiap hari pada jam 08.00 – 17.00.

Hambatan produksi yang sering dialami usaha ini adalah kualitas buah yang tidak selalu bagus karena faktor cuaca yang tidak menentu yang membuat buah-buah an  hasil panen kondisi nya tidak bagus, selain itu buah-buah an tersebut menjadi mahal. Hambatan lain yang dialami usaha ini adalah adanya buah yang diminati konsumen mucul musiman, buah musiman tersebut hanya muncul dalam beberapa kali dalam setahun. Contohnya adalah mangga, durian, dll.

Hambatan pemasaran yang dialami Juice Pedia ini adalah banyaknya  konsumen yang lebih minat terhadap minuman-minuman kekinian, misalnya minuman bubble, sehingga konsumen lebih meimlih untuk mencoba minuman yang baru dan kekinian dibandingkan dengan jus buah yang menyehatkan. Banyaknya konsumen yang tidak menyukai buah juga menjadi kendala pemasaran dari usaha jus ini, karena bisa disimpulkan bahwa sedikitnya minat dari konsumen dapat membuat stok buah sisa, belum lagi tidak semua  buah dapat bertahan di luar ruangan sehingga menyebabkan buah-buah tersebut busuk. Semakin banyak buah-buahan itu busuk, maka akan semakin banyak kerugian yang akan diperoleh. Selain itu juga tidak semua orang mengetahui juice pedia ini, sehingga tidak sedikit konsumen yang lebih memilih toko jus yang terkenal / jus instant.

Modal yang tidak seberapa menjadi hambatan keuangan usaha ini, karena jika peminatnya jus buah sedikit maka keuntungan yang diperoleh pun tidak seberapa dan malah akan berdampak pada kerugian jika tidak dapat mengelola usaha ini dengan cermat. Lalu naik turunnya harga buah yang tidak menentu menjadi hambatan juga, karena buah yang menjadi mahal pun tidak menjamin kualitasnya akan bagus.

Solusi yang dapat dilakukan saat kualitas buah tidak bagus karena cuaca adalah dengan menambahkan stok buah yang sering dijual sebagai jus jeruk, dan penjual dapat mencampurkan satu buah dengan buah lainnya yang cocok atau dengan sayuran seperti jus tomat yang dicampur wortel sehingga konsumen memiliki banyak varian jus. Lalu dengan banyaknya saingan penjual minuman kekinian yang manarik konsumen dapat diatasi dengan pertahanan kualitas buah serta rasa dan varian dari jus buah ini, sehingga menarik konsumen, supaya konsumen tidak bosan juga dengan rasa dan varian jus yang itu-itu saja. Solusi untuk menjaga buah-buahan agar tidak cepat busuk saat tidak terjual adalah dengan menggunakan kulkas portable yang dapat menyimpan buah agar tahan lebih lama, selain itu buah juga tampak lebih segar. Dan dengan mempromosikan Juice Pedia ini di internet akan menambah jumlah konsumen.

107 comments

    1. Wah, aku baru tau ada UMKM ini. Terima kasih infonya dan bermanfaat banget untuk pebisnis pemula yang ingin menjual juice.

  1. wahh sangat menginspirasi sekali mba ini , saya jadi tahu ada nya ukm juice ini di daerah sleman, setelah berhari2 saya mengidam juice tapi tidak ketemu

    1. Alhamdulillah artikel nya membantu untuk para pebisnis lainnya, semoga lancar terus dan bermanfaat. Jus merupakan pilihan bisnis yang baik untuk pemula.

  2. Waaah bermanfaat sekali ini Kak artikelnya, jadi menambah minat saya dalam menulis artikel di internet.
    Terimakasih banyak kak, sudah memotivasi saya Dan yg lainnya juga.
    Semoga sukses selalu kak😌👌

    1. Wah, memang benar nih anak zaman sekarang lebih menyukai minuman bubble atau kopi2an semoga dengan solusi yang dilakukan diatas dapat menghilangkan hambata semacam itu dan membuat anak2 semakin menyukai jajanan sehat seperti jus ini .. terimakasih artikelnya sudah menambah pengetahuan kita tentang kejadian2 bisnis dilapangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *