BAKSO “PAK UNYIL”

Oleh: Andini Intan Puspitasari

Bakso adalah makanan khas Indonesia sekaligus menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Banyak masyarakat mulai dari kalangan menengah keatas hingga menengah kebawah yang menggandrungi makanan khas yang umumnya terbuat dari daging dan berbentuk bulat ini. Dalam penyajiannya, bakso biasanya disajikan dalam keadaan kuah yang panas. Bakso sangat populer sekali, bahkan dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, gerobak dorong, hingga mall besar. Bakso memang makanan yang sangat lezat bagi penikmatnya. Namun rasa bakso yang ada di setiap daerah biasanya pun juga berbeda, baik dari bumbu bakso yang berbeda hingga dari bumbu kuah bakso yang membuat berbeda. Bakso umumnya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung taipoka , akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan atau udang bahkan daging kerbau. Umumnya masyarakat Indonesia menyebutnya dengan sebutan bakso, namun kebanyakkan orang Sunda menyebutnya dengan sebutan baso.

Bakso menjadi terkenal di Indonesia oleh masyarakat Tionghoa Indonesia. Istilah bakso juga berasal dari kata Bak-So dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang artinya adalah daging giling. Dikarenakan penduduk Indonesia adalah muslim maka kebanyakan bakso dibuat dari daging halal seperti daging sapi , ayam, maupun ikan. Sekarang banyak tawaran yang menawarkan berbagi jenis bakso, tidak hanya bakso yang dijual secara langsung makan tetapi bakso yang sudah dikemas dalam kemasan beku sehingga masyarakat dapat membuat bakso kapanpun mereka ingin. Perbedaan bakso yang dijual dalam kemasan beku yaitu tidak menyediakan kuah bakso sehingga konsumen ketika ingin memasaknya harus membuat kuah bakso sendiri.

Tingginya penikmat bakso di tanah air membuat banyak pelaku usaha yang memilih untuk menjual bakso karena peluang keuntungan yang besar sangat terbuka lebar. Bisnis bakso tak pernah binasa dan selalu meningkat dan meluas sehingga menjadi salah satu bisnis yang diminati oleh  pelaku UMKM. Salah satu contoh pelaku bisnis UMKM dalam bidang makanan bakso adalah bapak Ratiman, beliau adalah pemilik dari usaha bakso “pak unyil”. Asal mula nama bakso “pak unyil” yaitu karena bapak Ratiman sudah berjualan sejak kecil yaitu ketika pak Ratiman lulus SD sehingga tetangga beliau menjulukinya bakso unyil yang artinya bakso yang dijual oleh anak kecil yang masih unyil-unyil.

Bapak Ratiman merintis usaha baksonya sejak tahun 1989 , pada awalnya beliau menjualkan bakso tersebut dengan gerobak keliling seperti yang biasa kita temui di sekeliling rumah kita. Beliau mulai berjualan keliling pada jam 12.00 WIB  hingga jam 10.00 WIB dan beliau berjualan keliling memutari beberapa kampung yang ada di dekat rumahnya. Bapak Ratiman bertempat tinggal di kampung Sapen, Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2008 bapak Ratiman memiliki inisiatif untuk mengembangkan usahanya, yaitu tidak dengan lagi mengelilingkan baksonya namun dengan mencari tempat yang tetap untuk menjalankan usahanya. Hal tersebut dilakukan karena untuk menghemat energi yang dimiliki, kita ketahui bahwa berjualan dengan keliling lebih membutuhkan tenaga yang lebih jika dibandingkan dengan berjualan menetap di suatu tempat. Tidak hanya inisiatif dalam hal penempatan usaha, bapak Ratiman juga memiliki ide untuk mengembangkan beberapa jenis bakso yang akan beliau jual ke konsumen yaitu bakso urat, bakso telur dan bakso campur.

Dari tahun 1989 hingga saat ini usaha bakso pak unyil masih berdiri bahkan semakin berkembang dengan dilihat dari semakin banyak konsumen yang datang. Tak heran jika banyak konsumen yang datang karena bakso pak unyil ini memiliki banyak keunggulan yaitu tempatnya mudah diakses karena berada di pinggir jalan dan tempatnya berada di dekat salah satu kampus yang ada di Yogyakarta yaitu tepatnya di belakang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan dekat dengan SD Muhammadiyah Sapen yang beralamatkan di Sapen, Yogyakarta. Selain itu harga 1 porsi yang dipatok juga sangatlah nyaman dengan dompet mahasiswa yaitu berkisar Rp 10.000- Rp 13.000, jika dibandingkan dengan jaman dahulu pertama berjualan keliling pada tahun 1989 harga bakso 1 porsinya masih seharga Rp 1.500, hal ini adalah salah satu penanda bahwa memang sudah sangat lama sekali bakso pak unyil memulai usahanya dan pengalaman yang ditempuh juga sudah tidak diragukan lagi sehingga rasa bakso yang pak Ratiman buat dijamin cocok dengan lidah kita semua. Selain rasa baksonya yang enak, bakso pak unyil ini juga terkenal dengan bakso gorengnya yang renyah. Tak jarang juga konsumen hanya membeli bakso gorengnya saja dan hal itu juga sangat diperbolehkan oleh bapak Ratiman. Dengan pengalaman berjualan bakso yang sudah cukup lama bakso pak unyil ini juga sudah memiliki izin berjualan dan sudah di cap HALAL, jadi tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk mencobanya.

Pada saat ini bakso pak unyil belum memiliki pegawai tetap, dikarenakan istri dan anak bapak Ratiman juga berperan aktif dalam membantu pak Ratiman berjualan bakso. Namun biasanya jika di hari libur panjang tiba biasanya pak Ratiman meminta bantuan seseorang untuk membantunya saat warung sedang rame pengunjung. Tetapi jika dihari- hari biasa biasanya hanya pak Ratiman, Istri, dan Anaknya saja yang menjaga warung bakso tersebut. Walaupun banyak UMKM yang menjual bakso juga di sekitar warung bakso pak unyil hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan bakso pak unyil karena sebelum menetap disitu bakso yang dahulu pernah di kelilingkan sudah menjadi trend center konsumen terutama konsumen yang juga tetangga dan warga sekitar. Di dalam proses produksinya bakso pak unyil ini sebenarnya juga memiliki sedikit permasalahan atau kendala yaitu ketika harga daging sapi mulai meningkat, hal tersebut menyebabkan perubahan strategi penjualan yang dilakukan oleh bakso pak unyil.

Di era digital pada saat ini banyak UMKM yang sudah memasukkan usahanya di dalam applikasi makanan yang sering kita kenal dengan Go-food sehingga konsumen tidak perlu datang ke tempat namun dapat menikmati makanan. Begitu juga dengan bakso pak unyil ini, bakso pak unyil juga ingin memasarkan produknya ke applikasi tersebut untuk mengembangkan usahanya dan untuk mempromosikan baksonya agar konsumen yang sebelumnya tidak mengetahui dimana bakso pak unyil dengan applikasi tersebut konsumen dapat membelinya dan merasakan bakso pak unyil yang sangat lezat itu.

Terkait dengan keuangan yang dialami oleh usaha bakso pak unyil masalahnya adalah ketika liburan siswa sekolah dan mahasiswa tiba, karena konsumen terbanyak yang menjadi langganan bakso pak unyil adalah mahasiswa. Ketika libur sekolah datang pendapatan bakso pak unyil pun menurun. Dalam satu hari modal yang dibutuhkan bakso pak unyil dalam memproduksi bakso yaitu sekitar Rp 1.000.000 dengan keuntungan yang didapatkan per harinya sekitar yaitu Rp 200.000. Hal ini juga dapat dikaitkan bahwa Yogyakarta adalah kota pelajar yang mana banyak mahasiswa perantauan datang ke Yogyakarta dan ketika libur telah tiba mahasiswa akan pulang ke kampungnya sehingga para pelaku UMKM yang memiliki sasaran pasar mahasiswa dan siswa juga akan mendapatkan dampak dari hal tersebut. Hanya optimisme dan semangat yang bapak Ratiman bangun dalam menjalankan usahanya, bapak Ratiman yakin bahwa setiap usaha yang Ia lakukan tidak akan membuahkan hasil yang sia-sia, dengan pengalaman yang cukup lama bapak Ratiman sudah sering menghadapi naik turunnya pendapatan usaha bakso dan pak Ratiman juga sudah memiliki strategi khusus untuk usahanya sehingga Ia yakin bahwa usahanya tetap akan berdiri dan terus berkembang walaupun di era globalisasi saat ini.

416 comments

    1. Sering sih lewat jalan situ ,lihat pak unyil menjajakan baksonya ,dengan membaca artikel ini jadi gak ragu lagi buat mencoba mampir ,nyobain baksonya ..terimakasih info nya .sangat bermanfaat

  1. Artikelnya bagus dan sangat menarik, tetapi masih terdapat kata typo, seperti kata “taipoka” pada paragraf pertama. Selain itu alangkah lebih menarik lagi bila dimasukan gambar penyajian dari bakso tersebut. Sekian, bila ada salah kata saya minta maaf. Terimakasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *