UMKM CENDOL DAWET HITAM DAN AYU CONGOT

Oleh: Ade Ike Nur Cahyaningrum

Cendol dawet hitam dan ayu Congot adalah salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di Kulon Progo. Kedai cendol dawet ini berada di depan ruko Jl. Ki Josuto No.11 lebih tepatnya sebelah utara Terminal Wates. Pemilik dari usaha ini adalah Mba Efiana Listanti. Mba Efi mengatakan usaha ini sudah berdiri sejak lama namun di Congot dan baru 4 tahun atau sekitar 2016 membuka kedai di Wates.Kedai cendol dawet yang berada Di Wates ini cukup mudah dijangkau karena letaknya di tepi jalan. Kedai cendol dawet ini buka setiap hari dari jam  09.00-17.00 WIB.

Terdapat beberapa menu cendol dawet di kedai Mba Efi ini, antara lain cendol dawet sepesial, cendol dawet duren, cendol dawet nangka, cendol dawet tape, dan cendol dawet original. Harga cendol dawetnya berkisaran dari Rp5.000-Rp12.000. Dengan penyajian cendol dawet yang berbeda, Mba Efi tidak mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya. Mba Efi juga memperkerjakan satu karyawan untuk pemasaran atau penjualan cendol dawetnya. Selain itu, dalam pemasarannya Mba Efi telah mendaftarkan kedainya di akun Go food dan Grab food.

Usaha Mba Efi ini menggunakan sistem keuangan yang sederhana. Karena usaha Mba Efi masih menggunakan transaksi yang sederhana. Sehingga di sistem keuangan usaha Mba Efi tidak ada hambatan yang berarti. Pendapatan Mba Efi di usaha inipun dirasa cukup oleh Mba Efi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk membayar gaji karyawannya., dan untuk melanjutkan produksi cendol dawet.

Pada proses produksi cendol dawet ini sebenarnya tidak ada hambatan, hanya saja untuk bahan baku tepung untuk membuat dawet di Kulon Progo ini masih sulit untuk ditemui. Sehingga Mba Efi harus mencarinya di Purworejo, Jawa Tengah.  Sedangkan bahan lainnya seperti gula jawa/gula aren, santan, dan toppingnya bisa di dapat di kota Wates. Alat produksinya juga mudah ditemukan di kota Wates.

Untuk proses pemasarannya menurut saya sudah sangat baik. Dari pemilihan lokasi penjualan, konsumen yang dituju, harga yang sesuai dengan target konsumennya, dan inovasinya dengan menambahkan topping di cendol dawetnya. Dalam proses produksi sudah cukup baik karena Mba Efi sudah berhasil mengatasi dalam pemenuhan bahan baku yang tidak ada di daerahnya dengan mencari ke tempat lain.

152 comments

  1. baca artikel ini auto pengen gais, seger bgt kayaknya 🙁 btw makasih lho ya telah menumbuhkan bm saya.. wkwk

  2. Makasih infonya de, saya sudah merasa kesulitan untuk mencari penjual cendol dawet semoga dengan informasi seperti ini bisa menikmati minuman khas Indonesia yang enak

    1. Kini Cendol dawet ini bisa dipesan melalui aplikasi buat teman-teman yang mager keluar buat beli yang seger-seger.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *