Ular Tangga Akuntansi

Pengertian

Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Di dalam papan permainan terdapat kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak terdapat sejumlah tangga dan ular yang menghubungkan dengan kotak lain. Permainan ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, karena siswa hanya menjawab berbagai pertanyaan melalui permainan tersebut. Media pembelajaran Ular Tangga berbentuk hard file yang dapat digunakan pada pembelajaran akuntansi perusahaan jasa khususnya materi buku besar, jurnal penutup, neraca lajur dan jurnal penutup. Media ular tangga dapat digunakan unutk mengukur motivasi belajar siswa.

Peraturan Umum

  1. Permainan ini dimainkan minimal 3 orang atau 5 orang; 3 orang terdiri dari 2 pemain dan 1 juri 5 orang terdiri dari 4 pemain dan 1 juri
  2. Permainan yang terdiri dari 3 orang dinamakan permainan 1 lawan 1.
  3. Permainan yang terdiri dari 5 orang dinamakan permainan 2 lawan 2.
  4. Juri bertugas membacakan soal, memegang kunci jawaban dan memberikan poin kepada pemain/tim.
  5. Setiap pemain atau tim mendapatkan 2 buah bidak, baik dalam permainan 1 lawan 1 maupun 2 lawan 2.
  6. Setiap pemain atau tim wajib menjalankan bidaknya secara bergantian.
  7. Pemain atau tim melemparkan dadu kemudian menjalankan bidak sesuai dengan angka yang muncul pada mata dadu.
  8. Pemain atau tim yang mendapat petak bertanda tangga, harus memindahkan bidaknya pada petak yang ditunjuk oleh tangga. Pemain atau tim yang mendapat petak bertanda ekor ular, harus memindahkan bidaknya pada petak yang ditunjuk oleh kepala ular.
  9. Setiap pemain atau tim mempunyai hak menjawab soal yang sama sebanyak 2 kali. Jika pemain/tim tidak bisa menjawab soal maka soal akan dibahas pada akhir permainan.
  10. Pemain atau tim yang terlebih dahulu mencapai petak nomor 100 adalah pemenangnya.

Aturan Poin

  1. Jika pemain/tim yang menjalankan bidak menjawab benar, maka poin akan diberikan kepada pemain/tim yang menjalankan bidak.
  2. Jika pemain/tim yang menjalankan bidak menjawab salah, maka hak menjawab akan dilempar ke pemain/tim lawan. Jika pemain/tim lawan menjawab benar, maka poin akan diberikan ke pemain/tim lawan.
  3. Jika kedua pemain/tim menjawab salah, maka kedua pemain/tim tidak mendapatkan poin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *