TURUN TEMURUN, TOKO CAKRA JAYA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN BESAR

Oleh: Shafira Hasna Aulia Umam

Usaha Cakra Jaya yang bergerak di bidang laundry dan toko kelontong ini dimiliki oleh Bapak Edi Juliono asal Pangenjurutengah Purworejo. Usaha yang didirikan pada 28 Juli 1996 ini berlokasi di Jl. Mayjen Sutoyo no.47 RT.03 RW.07 Sindurjan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Usaha ini didirikan dengan besaran modal Rp. 3.500.000,00 yang dananya berasal dari tabungan keluarga dan pinjaman. Pada awalnya usaha ini dibagun oleh orang tua dari bapak Edi yang bernama bapak Nasro Edinoto, namun karena bapak Nasro wafat, kepemilikan usaha ini diturunkan kepada anaknya, Edi Julianto yang dikelola bersama ibu dan istrinya. Tujuan dari didirikannya usaha ini tidak lain adalah untuk menambah penghasilan keluarga, karena Bapak Edi sendiri telah memiliki bangunan yang letaknya strategis untuk dimanfaatkan sebagai tempat usaha.

Selain menjual produk-produk yang umum ditemukan, toko ini juga menjual produk olahan lokal Purworejo, menyediakan jasa laundry baju, dan pembayaran online seperti PLN, PDAM, dan BPJS. Masih banyak jasa yang ditawarkan oleh toko ini seperti membantu dalam pemesanan tiket kereta api, dan pembelian pulsa. Terkadang toko ini juga bersedia untuk membantu dalam pengiriman surat maupun paket melalui POS. Dahulu toko ini bahkan membuka jasa fotokopi dan percetakan. Cakra Jaya buka setiap hari dari pukul 7.00 s.d. 20.00 WIB, kecuali di hari-hari besar.

Telah didirikan sejak lama, toko ini mengalami pasang surut dalam hal keuntungan perbulannya. 2 tahun terakhir, keuntungan yang didapat perbulannya rata-rata mencapai angka Rp. 6.500.000,00. Keuntungan terbanyak didapat dari jasa laundry. Toko ini memusatkan sasaran penjualan produknya pada masyarakat umum dari berbagai kalangan karena lokasinya dekat dengan rumah sakit, sekolah, maupun rumah-rumah.

Namun, dalam menjalankan usaha ini terdapat beberapa hambatan yang dihadapi. Hambatan pertama dari usaha ini yaitu terbatasnya aspek pembiayaan. Kendala yang menghambat perkembangan toko ini adalah kurangnya biaya. Usaha ini sangat mengandalkan modal pemilik yang jumlahnya sangat terbatas, sedangkan apabila memerlukan pinjaman bank administrasinya sangat rumit. Semakin banyak pembeli maupun pelanggan maka makin banyak pula produk yang harus disediakan. Agar mengurangi terjadinya keterbatasan modal, pemerintah perlu membantu permodalan dengan memberi kredit khusus dengan syarat-syarat yang tidak memberatkan, dan memberi skema penjaminan.

Hambatan kedua yang menyebabkan usaha ini lambat berkembang yaitu karena adanya hambatan pemasaran. Hambatan pemasaran terjadi karena banyaknya pesaing di sekitar baik dengan jenis yang sama maupun jenis supermarket. Dibangunnya berbagai toko pesaing di lokasi yang berdekatan menyebabkan kemungkinan turunnya angka pembeli/ pengguna jasa toko Cakra Jaya ini. Selain itu karena daerah ini masih sedikit dimasuki oleh distributor sehingga harus membutuhkan biaya tambahan untuk transport maupun hal lain. Oleh sebab itu dibutuhkan promosi lebih untuk meningkatkan pemasaran produk di toko ini. Untuk hal ini diperlukan media untuk promosi, disamping itu diperlukan adanya asosiasi dan kerjasama dengan pihak lain.

Hambatan yang terakhir yaitu dalam hal produksi dan pemberian harga. Harga produk yang berubah-ubah bergantung dengan harga yang ditetapkan oleh pabrik sehingga sulit menetapkan harga tetap produk yang menyebabkan penjualan tidak meningkat secara maksimal. Selain itu dalam hal produksi laundry, terjadi rendahnya tingkat produksi karena hanya memiliki 1 mesin untuk mencuci semua pakaian pelanggan. Selain itu jumlah pekerja yang sedikit juga menyebabkan order menumpuk. Solusi yang dapat diambil untuk laundry adalah melengkapi perlengkapan laundry agar lebih efisien waktu.

148 comments

  1. wah artikel bagus, sangat bermanfaat, tata bahasanya rapi sekali👍, ini warung langganan saya kalau beli galon dan token listrik

  2. mantapz….artikel yang sangat detail. mungkin akan lebih sempurna jika diberikan gambaran solusi masalah pembiayaan dengan sistem saham berjangka. lanjutkan……!!!

  3. Terima kasih penulis, artikel ini sangat bermanfaat sekali. Fotonya bagus. Saya sering lewat toko ini tapi hanya sekali beli di toko ini, itupun beli mie untuk teman-teman saya.

  4. Saya setuju dengan solusi dengan melengkapi perlengkapan laundy, agar lebih efisien dapat menambah karyawan. Sehingga orderan dapat dikerjakan sesuai dengan target waktu. Jika target dapat tepat waktu membuat pelanggan akan terus menggunkan jasa laundry tersebut. Perlengkapan mesin cuci dll merupakan salah satu alat yang harus disediakan agar dapat menunjang efisien waktu.

    1. Artikel yang bagus Mbak Fira, mengulas lebih jauh sisi ekonomi masyarakat yg jauh dari resiko kredit macet, tp jarang diperhatikan dan disupport oleh pihak perbankan
      Ditunggu artikel yg lain yah..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *