Toko Sembako Menjamin Kehidupan Semua Manusia di Dunia

Oleh: Trasastri Aprilia Tyanti

Membuka usaha toko sembako adalah salah satu usaha yang menjanjikan dan sangat mudah menjalankannya. Sembako adalah singkatan dari Sembilan bahan pokok yang terdiri dari Sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat. Yaitu yang terdiri dari beras, jagung, telor ayam, daging, susu, gula pasir, garam beryodium, minyak goreng atau margarin, dan gas elpiji atau minyak tanah. Membuka toko sembako paling cocok biasanya di pasar, ada juga yang membuka toko sembako di rumah sendiri. Seperti Bapak Slamet ini, beliau membuka toko sembakonya persis disamping rumahnya yang berada di Jalan Asem Gede No.15 Terbah, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Cukup banyak orang-orang yang menjalankan usaha toko sembako ini dan rata-rata berhasil meraup keuntungan yang lumayan besar. Membuka toko sembako merupakan usaha yang tidak pernah kenal musim, dikarenakan setiap orang pasti membutuhkan bahan pokok sehari-hari. Karena meskipun pendapatan masyarakat mengalami penurunan, mereka akan tetap membeli kebutuhan pokok untuk dikonsumsi. Apalagi jika memasuki momen bulan ramadhan, laba yang diperoleh meningkat cukup tajam. Meskipun sekarang banyak swalayan seperti indomaret, alfamart, dll toko sembako ini tidak takut dalam bersaing. Dalam sehari usaha bapak slamet ini bisa mendapat laba bersih rata-rata sekitar tiga ratus lima puluh ribu rupiah.

Untuk membuka usaha toko sembako tidak harus membutuhkan  modal yang besar, bisa dengan membuka toko sembako kecil-kecilan terlebih dahulu dan semakin lama akan berkembang menjadi toko sembako besar. Tetapi ada kendala yang biasanya dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mengembangkan usahanya, diantaranya yaitu kurangnya tingkat kemampuan kewirausahaan, keahlian atau ketrampilan, dan keuangan. Sebenarnya dalam menjalankan usaha apapun terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan mengetahui kekurangannya, kita bisa mencari solusinya. Sedangkan sebaliknya, dengan mengetahui kelebihannya maka kita dapat termotivasi.

Kelebihan membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah toko sembako antara lain :

Produk yang dijual banyak dibutuhkan orang

Ini merupakan kelebihan yang paling medasar bagi toko sembako karena semua orang pasti membutuhkan beras, minyak, garam, dll untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Toko sembako selalu dicari orang

Usaha ini tidak mengenal musim, di hari biasa pun pasti ada orang yang membeli kebutuhan sehari-hari karena manusia tidak dapat dipungkiri bahwa manusia pasti membutuhkan makanan.

Bisa menjadi bos

Usaha seperti ini sangat mudah dijalankan, kita bisa memilih lokasi yang strategis seperti tidak jauh dari rumah bahkan terletak dipinggir jalan raya. Kita bisa menjadi bos nya ketika toko sembako sudah ramai, maka kita perlu mempekerjakan orang lain untuk membantu dalam melayani pelanggan.

Bahkan jika kita memiliki modal besar maka kita bisa bertindak sebagai pedagang grosir, yang melayani pedagang-pedagang kecil yang ingin membuka usaha toko sembako seperti kita.

Toko sembako mudah dijangkau

Memilih tempat yang strategis dapat meningkatkan laba usaha toko sembako, seperti toko sembako milik Bapak Slamet ini yang berada disamping rumahnya dan dipinggr jalan raya. Sehingga dapat membuat para tetangga yang malas untuk bepergian ke pasar atau swalayan dapat mengunjungi toko sembako milik Bapak Slamet.

Selain ada kelebihan dalam membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah, terdapat juga kekurangan yang dihadapi, seperti :

Harga sembako berubah-ubah (naik atau turun)

Harga sembako mengalami perubahan kadang naik dan kadang turun, ini menjadi salah satu kelemahan dalam bisnis sembako. Pada saat kita stok barang dengan harga tinggi, tiba-tiba harga turun maka secara tidak langsung kita harus turun harga dan menyebabkan kerugian. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat mengetahui solusi bagaimana cara mengatasinya.

Persaingan

Hadirnya minimarket juga bisa membuat pelanggan kita bergeser, namun kita bisa pelajari produk apa yang tidak dijual di minimarket dan kita lihat harga. Bila perlu harga lebih murah dibandingkan dengan minimarket.

107 comments

  1. Saya setuju dengan adanya toko sembako dirumah karna itu sangat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga, jika para tetangga malas untuk ke supermarket salah satu cara yang dituju yaitu pergi ke toko sembako yang terdekat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *