Tata Cara Bermain Dartcount Game

Dartcount Game dapat digunakan untuk pembelajaran akuntansi dasar pada materi penjurnalan dan pemindahbukuan. Berikut ini merupakan cara dan peraturan Dartcount Game.

  • Pilih juri yang bertugas membacakan soal dan menentukan benar atau salahnya jawaban.
  • Tentukan minimal 2 kelompok (tim) dan maksimal 4 kelompok (tim) yang akan bermain dengan jumlah anggota yang sama.
  • Setiap kelompok (tim) mendapatkan anak panah dengan warna yang berbeda.
  • Setiap anggota kelompok (tim) berdiri berselang-seling dengan anggota kelompok (tim) yang lain sehingga berderet ke belakang.

  • Setiap anggota kelompok (tim) akan memanahkan anak panah ke papan untuk mendapatkan kesempatan mendapat pertanyaan dan poin.
  • Jika panahan mengenai sasaran yang memiliki poin, maka dia berhak untuk mendapatkan soal dari juri (jawaban bisa berupa jurnal atau buku besar tergantung pertanyaan juri). Jika jawaban benar, maka kelompok dia akan mendapatkan poin sesuai dengan target. Jika jawaban salah, maka tidak akan ada poin yang ditambahkan (untuk babak 1) sedangkan babak 2 dan 3 poin akan dikurangi sesuai dengan penjelasan poin 9a dan 9b. Pertanyaan untuk setiap kelompok (tim) tidak dapat dilemparkan ke kelompok (tim) lain.
  • Jika panahan dari setiap pemanah meleset dari sasaran atau mengenai sasaran yang tidak memiliki poin, maka dilanjutkan ke pemanah selanjutnya dari kelompok (tim) lain.
  • Setelah pemanah pertama dari kelompok (tim) pertama selesai, dilanjutkan pemanah pertama dari kelompok (tim) kedua, dan seterusnya sampai semua anggota kelompok (tim) telah mendapatkan kesempatan untuk memanahkan anak panahnya.

  • Pemenang yaitu kelompok (tim) yang dapat menjawab pertanyaan juri dan mengumpulkan poin paling banyak setelah melalui 3 babak.
  1. Babak pertama jawaban benar mendapatkan poin yang sesuai target sasaran yang memiliki poin, sedangkan jawaban salah tidak mengurangi poin.
  2. Babak kedua jawaban benar mendapatkan poin yang sesuai target sasaran yang memiliki poin, sedangkan jawaban salah mengurangi setengah dari bobot poin di setiap target sasaran.
  3. Babak ketiga jawaban benar mendapatkan poin yang sesuai target sasaran yang memiliki poin, sedangkan jawaban salah mengurangi poin sesuai target sasaran.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *