“SURGA BUAH SERIBU GUNA” ANEKA JUS DAN SOP BUAH

Oleh: Wiranto

Indonesia merupakan negara yang sebagian besar masyarakatnya menggeluti di bidang kewirausahaan. Salah satunya yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Dengan adanya UMKM ini diharapkan mampu untuk memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan seta mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudka stabilitas nasional. Dalam usaha mikro kecil menengah ini tidak terlepas dari berbagai permasalahan atau hambatan baik dari produksi, pemasaran dan keuangan. Hal ini juga diterjadi pada usaha Aneka Jus & Sup Buah yang berada di Alun-Alun Wates, Kulon Progo tepatnya di depan Kantor Dinas Bupati Wates.

Usaha ini dikelola oleh Ibu Reni yang merupakan warga Wates yang ikut berpartisipasi dalam mengembangkan usaha mikro kecil menengah khususnya di daerah Wates. Usaha ini sudah cukup lama Ibu Reni geluti, dimana usaha ini cukup menarik perhatian para pembeli atau konsumen karena menyediakan aneka ragam jus buah dan sup buah yang segar dan kaya dengan vitamin dan harga yang ekonomis. Akan tetapi, usaha ini memiliki berbagai hambatan yang seharusnya segera untuk diselesaikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan pengembangan usaha. Sebenarnya usaha ini sudah lebih baik dari UMKM yang lainnya karena tidak berpindah tempat saat berjualan, sehingga tidak membingungkan konsumen jika ingin membeli.

Hambatan yang pertama yaitu dalam mencari bahan untuk pembuatan jus dan sup buah, karena dalam musim penghujan ini membuat kondisi tidak menentu khususnya terhadap buah-buah yang akan dijadikan jus dan sup buah. Sehingga dalam pemilihan buah yang berkualitas perlu diterapkan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen agar tidak menimbulkan penyakit dicuaca penghujan ini, Dengan demikian buah-buah yang dikonsumsi oleh pembeli aman dan memberikan vitamin yang berkualitas pula.

Hambatan yang kedua yaitu kurangnya pemasaran dalam hal mempromosikan usahanya kepada masyarakat luas. Sebenarnya banyak konsumen yang berdatangan tetapi itu hanya pada hari Sabtu dan Minggu saat kondisi Alun-alun ramai pengunjung. Sehingga yang dapat dilakukan agar menarik perhatian para konsumen dengan melakukan promosi di sosial media, ataupun membuat brosur untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas.

Selain itu dalam hal kebersihan usaha ini sudah cukup baikΒ  karena sudah menjaga kebersihan di lingkungan tempat ia berjualan. Hambatan yang lainnya yaitu dalam hal keuangan. Usaha Jus dan Sup Buah Ibu Reni ini kadang terhambat dalam masalah keuangan dimana uang usaha sering tercampur dengan uang pribadi. Selain itu untuk mengembangkan usahanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengembangkan usaha ini dapat dilakukan dengan meminjam dana dari koperasi ataupun bank. Sehingga usaha yang dimiliki dapat berkembang dengan baik dan dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal. Selain itu usaha Jus dan Sup Buah ini dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dengan mengurangi pengangguran yaitu menambah karyawan.

Dengan mendapatkan solusi dari permasalahan yang dialami UMKM ini diharapakan dapat lebih berkembang kedepannya untuk meningkatkan pengembangan usaha mikro kecil menengah lebih optimal dan dapat dirasakan hasilnya bagi masyarakat sekitar. Sehingga dengan adanya UMKM yang terarahkan dengan baik dapat menggerakan perekonomian Indonesia.

327 comments

    1. wah..
      jd nambah lg deh info tentang UMKM..
      sangat bermanfaat..
      semoga usaha jus & sop buah milik Bu Reni nya tambah maju & membawa dampak positif untuk warga sekitar..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *