Siomay Bu Sundari

Oleh: Muh Aldan Abrari

Semakin berkembanganya perekonomian di Indonesia, semakin pula kita sejahterah. Banyak hal yang membuat perekonomian Indonesia tumbuh salah satunya umkm. Umkm mungkin tidak penyumbang terbesar di negara kita tapi mereka juga sangat berpengaruh untuk ekonomi Indonesia. Banyak umkm yang tumbuh dengan berkembangnya zaman untuk mencari kesejahteraan. Salah satunya di daerah kulon progo, banyak masyarakat menjadi umkm untuk mengembangkan perekonomian Indonesia maupun keluarga.

Namanya adalah Ibu Sundari, beliau adalah salah satu dari berjuta umkm yang ada di Indonesia. ibu sundari yang berasal dari kulon progo ini memilih untuk berjualan Siomay Batagor. Yang bertempat di sebelah alun-alun kulon progo. Beliau adalah seorang ibu yang berjuang untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjadi umkm. Ibu Sundari memilih menjadi umkm sekitar 5 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada 2015.

Banyak hal yang harus di hadapai ibu Sundari ketika menjadi umkm. Seperti bumbu yang terkadang tiba-tiba mahal. Tapi bukan hanya soal produksi saja yang masalah ketika ibu Sundari menjadi umkm. Ibu sundari pun terhambat untuk memasarkan produk yang beliau buat. Karena beliau adalah ibu rumah tangga jadi beliau tak bisa berkeliling untuk menjajakan batagornya. Itu di sebabkan karena tanggung jawabnya untuk mengurus rumah.

Pendapat saya bahwa sebaiknya Ibu sundari yang terhambat pada pembelian bahan baku yang mahal bisa mengakali dengan bahan alternative yang ada. Ketika ibu sundari mengalami masalah soal pemasaran. Ibu sundari bisa menambahkan umkmnya kepada GrabFood, GoFood, atau lain sebagainya. Sehingga Pengunjung pembeli bukan hanya kepada pelanggan yang melewati umkm ibu sundari. Tapi juga bisa melalui online.

123 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *