Sini Kita Seriusin bareng Jus paling Serius (JPS)

Oleh : Marisa Salsabila

Jus merupakan minuman yang selalu diinginkan ketika dahaga melanda dan saat panas terik matahari menyebabkan tenggorokan kering  sehingga menginginkan sesuatu yang segar.  Selain untuk meredakan dahaga jus juga sering menemani kita disaat mengerjakan tugas kuliah atau sekedar berbincang – bincang dengan sanak saudara, teman, sahabat, bahkan pacar. Pada akhir – akhir ini banyak sekali bermunculan para penjual jus – jus yang menjajakan jus dengan beraneka macam pilihan dan beragam inovasi, salah satunya adalah Jus Paling Serius (JPS). Usaha ini berbentuk UMKM.

Jus Paling Serius menjual beraneka macam jus mulai dari jus alpukat, jus anggur, jus apel, jus belimbing, jus blueberry, jus durian, jus jambu, jus jeruk, jus kiwi, jus mangga, jus melon, jus nangka, jus naga, jus nanas, jus papaya, jus pir, jus pisang, jus sawo, jus semangka, jus sirsak, jus strawberry, jus terong b, jus tomat, dan jus wortel.

Selain menjual jus,  UMKM ini juga menjual cappuccino cincau, dan greenday lemonade, agar Jus Paling Serius bisa bersaing dengan penjual jus yang lain, UMKM ini juga menjual aneka makanan seperti nasi selimut madu, nasi selimut teriyaki, nasi ayam madu, nasi ayam teriyaki, nasi ayam sayur kecap, nasi telur sosis, nasi soto ayam, bubur ayam, mie ayam teriyaki (kuah/kering), mie sosis (kuah/kering), burger ceplok, burger teriyaki, burger madu, burger ayam, hotdog (sosis daging sapi), ayam geprek dengan nasi, ayam goreng dengan nasi, dan dimsum. Harga makanan dan minuman yang dijual di Jus Paling Serius terbilang murah dan pas dikantong mahasiswa yaitu sekitar 7 ribu rupiah sampai 14 ribu rupiah saja.

Jus Paling Serius didirikan oleh lulusan teknik mesin UGM bernama Aisam Hanif M. dengan temannya yang merupakan lulusan pariwisata UGM bernama Yophan. UMKM ini  terletak di daerah Karang Malang Blok A, Caturtunggal, tepatnya diutara masjid Al-Muttaqin Karangmalang. Selain tersedia beraneka minuman dan makanan, UMKM ini juga menyediakan fasilitas seperti wifi agar masyarakat khususnya mahasiswa semakin tertarik dan minat untuk membeli minuman dan makanan disana. Jus paling Serius juga bisa menerima pesanan dengan pelayanan yang baik sekali dan sudah tersedia di Go Food maupun Grab agar jangkauan pembeli lebih luas, semakin terkenal, dan semakin sukses tentunya.

Karena UMKM ini baru berjalan sekitar satu bulan, maka UMKM ini belum membuat pencatatan laporan keuangan. Alokasi dana dari pemasukan atau keuntungan dibagi untuk beberapa keperluan yang pertama yaitu gaji sendiri, lalu untuk uang sewa kios tahun selanjutnya, kemudian untuk utang, selanjutnya untuk keperluan perbulan seperti buah, listrik, dan wifi. Dan berbicara mengenai NPWP, UMKM ini belum mempunyai NPWP dan rencananya UMKM ini mendaftarkan NPWP ketika sudah membuka cabang kedua.

Kendala produksi yang dihadapi oleh UMKM Jus Paling serius yaitu terkait persediaan buah, karena  kesulitan dalam memasok buah dengan harga murah dari penjual pertama dimana  jarak toko dengan UMKM ini cukup jauh sehingga mengharuskan penjual jus untuk membeli buah dari pasar terdekat namun dengan harga yang relatif mahal.

Kendala pemasaran yang dihadapi yaitu dikarenakan belum gencarnya media pemasaran UMKM menyebabkan tingkat konsumen masih berada di area terdekat didaerah tersebut ( area Karangmalang) dan warga sekitar yang kebetulan melewatinya.

Kendala keuangan yang dihadapi yaitu terkait jumlah pembeli yang tidak stabil karena UMKM terebut masih baru, sehingga belum bisa memastikan keuntungan rata – rata perbulannya.

Solusi dari kendala – kedala yang dihadapi yaitu memaksimalkan promosi dengan instagram dan media sosial lainnya. Kemudian mencoba berinovasi dengan membuat brand original sendiri yaitu greenday lemonade yang merupakan menu baru dari UMKM tersebut.

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kecil, yaitu sebagai sarana mengentaskan masyarakat dari kemiskinan, memberikan pemasukan bagi Negara, sarana untuk meratakan tingkat perekonomian masyarakat kecil, dan memberikan lapangan perkerjaan untuk para pengangguran. Oleh karena itu kita harus mendukung adanya UMKM karena UMKM dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

361 comments

  1. Artikel yang sangat bagus memberikan kita informasi mengenain sebagian kecil contoh umkm disekitar kita beserta permasalahan yang dihadapi, mari kita sukseskan umkm untuk pertahanan perekonomian indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *