RAJA SEMPOLAN MEMBUKA USAHA UNTUK MAHASISWA UNY DI KAMPUS WATES

Oleh: Desy Rahmawati

Usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Persoalan terbesar bagi usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) yaitu dalam menghadapi berbagai hambatan iklim usaha, baik yang bersifat internal maupun eksternal, contohnya produksi, pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia, desain dan teknologi, dan permodalan. Hal ini juga terjadi pada usaha Raja sempol yang didirikan oleh Rifa yang berada di Wates, Kulon Progo.

Usaha Raja sempol tersebut memulai usahanya dengan mengambil bentuk yang sudah matang dari Yogyakarta yang berada di pusat. Tentu saja ada hambatan dari usaha yang di mulai oleh pemilik Raja sempolan tersebut. Usaha yang berdiri di tahun 2018 itu memiliki hambatan pada pada pemasaran. Dengan pemasaran yang hanya berfokus pada sosial media, banyak orang yang tidak tahu lokasi Raja Sempol tersebut berada di Wates, Kulon Progo. Hambatan yang kedua, yaitu masalah keuangan. Raja Sempolan di awal memulai usahanya hanya mempunyai modal yang sedikit, dan di tambah lagi dengan barang โ€“ barang tambahan yang semakin menambah pengeluaran dari usaha tersebut. Dengan adanya masalah keuagan tersebut, Rifa selaku pemilik usaha Raja sempolan tersebut memberanikan diri untuk meminjam sejumlah dana dari koperasi untuk modal mendirikan usaha tersebut. Untuk mengatasi masalah keuangan, Rifa selaku pemilik usaha tersebut sempat membuat inovasi dengan menambahkan sistem deivery untuk pelangganya, kemudian di karenakan biaya transportasi yang juga semakin memakan biaya akhirnya sistem delivery tersebut di hentikan.

Kini, usaha Raja Sempolan tersebut setelah mendapat berbagai hambatan dan sudah menemukan solusinnya. Sekarang, usaha Raja sempolan berdiri sampai sekarang dengan merekrut mahasiswa dari UNY kampus Wates sebagai karyawanya. Tentu UMKM Raja Sempolan ini membukakan lapangan pekerjaan bagi Mahasiswa di UNY kampus Wates untuk mendapatkan pekerjaan. Deagan begitu, UMKM ini berhasil menjadi fungsi dari penggerak penting Ekonomi Indonesia.

434 comments

  1. Umkm sempol sudah banyak dan deskripsinya cuma begituยฒ saja…. Tolong buat yang lain dan lebih menarik!!!

    1. Dalam perdaganan tentunya akan menghadapi yang namanya persoalan. Jadi tidak heran bila bisnis (sempol) ini menghadapi persoalan. Yang jelas selalu berusaha dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki.
      Semangat dan selamat berjuang!! ๐Ÿ™ƒ
      Tuhan Memberkati ๐Ÿ˜‡

      1. Sangat menginspiratif bagi yang ingin membuka usaha bagaimana harus bisa mengembangkan usahanya mulai dari memasarkan, membuat inovasi produk dll sampai bisa membuka lapangan pekerjaan buat orang lain๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *