Photo Copy Centre “Setiawan Empat”

Oleh: Vena Millenia Novianti

Disini saya telah mengobservasi salah satu usaha UMKM yang berada di daerah tempat saya dan telah mewawancarai pemilik usaha ini. Photo copy  “Setiawan Empat” berlokasi di Jalan Tulus Bakti No. 41, Madiun. Toko photo copy ini terletak sangat strategis karena bertepatan di seberang jalan sekolah dan kantor koperasi. Photo Copy ini bisa dijangkau oleh para siswa dan para staf karyawan untuk photo copy, membeli keperluan alat tulis, upgrade software dan hardware.

Usaha ini telah dibuka sejak 23 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1997 yang didirikan oleh Bapak Muhtaji. Pada awalnya, beliau ingin mendirikan usaha ini untuk meneruskan usaha photo copy dari keluarganya. Kebijakan usaha ini diiputuskan oleh pemiliknya sendiri, bapak Muhtaji. Awal mula pengeluaran modal yaitu kurang lebih sekita 10 juta rupiah untuk membeli segala peralatan dan perlengkapan bahan-bahan.

Sejak dibukanya usaha ini, usaha pak Muhtaji semakin ramai pembeli yang berkunjung, terutama bagi para siswa dari SMP, SMA dan para staf karyawan dari kantor koperasi. Dan rencananya usaha ini akan diteruskan kepada anaknya agar bisa membuka usaha ini. Keperluan-kekeperluan alat ini di photo copy cukup lengkap, tak heran juga banyak pelajar yang membeli disini.

Hambatan Produksi

Untuk kendala-kendala dalam produksi dalam bukanya photo copy ini terkadang mesin photo copy yang rusak dan produksi kertas yang kurang. Hal ini yang menjadi kendala-kendala produksi. Ketika pelanggan ramai berkunjung di photo copy ini sering kehabisan stock kertas dan tinta sehingga perlu beberapa hari untuk mendapatkan barang tersebut. Terkadang juga mesin photo copy yang sering rusak.

Hambatan Pemasaran

Dalam pemasarannya sudah cukup bagus karena sasaran target konsumennya adalah para pelajar dan karyawan. Namun lebih baiknya jika ditargetkan lagi sasaran-sasaran konsumennya. Namun di sisi lain, untuk pelayanannya kurang optimal.

Hambatan Persaingan

Ketatnya persaingan usaha photo copy di daerah saya memang cukup banyak. Setiap usahanya memiliki segala keunikannya masing-masing, dan macam kualis/mutu masing-masing. Namun, usaha ini masih minim kualitas dan mutu photo copy. Terkadang photo copy yang dihasilkan buram, sehingga beberapa pelanggan mencari photo copy lain. Hal ini membuat persaingan antar usaha photo copy di daerah saya  cukup ketat.

Hambatan Keuangan

Pemasukkan keuangan yang menjadi kendala ketika sepi pelanggan/pembeli. Hal ini dikarenakan karena masalah internal, yaitu kendala produksi (mesin photo copy yang sering rusak) shg para pelanggan mencari photo copy lain. Namun, saat liburan hari besar atau hari liburan sekolah, para pelanggan akan jarang yang datang dikarenakan sasaran target pembeli ialah para pelajar. Nah, hal-hal demikian yang membuat pemasukan berkurang.

Hambatan Harga

Untuk masalah harga, kiranya tidak ada. Karena persaingan usaha photo copy cukup banyak, maka harga barang disesuaikan dengan harga pasar. Apalagi usaha photo copy ini dekat dengan sekolah, maka harus sesuai dengan kantong pelajar/para siswa sekolah.

Solusi

Menurut saya alangkah baiknya jika usaha ini menjaga jumlah stock barang, kualitas, dan mutu yang baik. Jangan sampai jumlah stock kertas dan tinta berkurang, apalagi jika mesin photo copy yang rusak yang akan membuat para pelanggan yang nantinya kecewa, terutama pelanggannya adalah para pelajar. Seharusnya, pemilik usaha bisa mempersiapkan bahan-bahan tersebut jauh-jauh hari. Sudah diketahui para pelanggan sering ramai datang. Mesin photo copy juga seharusnya diperbaiki dan sering diperhatikan agar bisa menjaga kualitas dan mutu photo copy tersebut. Pelayanannya juga harus ditingkatkan agar bisa optimal dengan menjaga kerapian dan keindahan dari setiap order. Selain itu, dengan menambah jumlah perlengkapan alat-alat tulis dan alangkah baiknya juga dengan membuka order print-printnan, cetak foto dikarenakan para pelajar sekarang sangat membutuhkan hal itu untuk tugas-tugas sekolah mereka.

153 comments

  1. Assalamu’alaikum, menurut pendapat saya sekarang jasa fotocopy dan print lebih kurang dibutuhkan lagi karena banyak pelajar atau mahasiswa yang sudah mempunyai sendiri sehingga memudahkan bagi mereka. Tapi juga tidak sedikit jasa tersebut dibutuhkan utamanya untuk anak kos atau pelajar yang tidak memiliki media tersebut. Untuk itu saya menyarankan untuk memperbaiki kualitas, mulai dari pelayanan sampai kualitas barang. Harga dapat disesuaikan dengan sasaran pemasaran. Untung sedikit tapi kontinyu itu lebih baik.

  2. Wah salut deh, meneruskan usaha keluarganyaa.., sebaiknya fotokopi tersebut memperbaiki mesin fotokopinya dan menyiapkan stock kertas dan tinta. Semoga semakin berkembang dan selalu ramai…

  3. Wahh, sangat disayangkan. Seharusnya pemilik dapat menjaga kualitas hasil fotocopy agar pelanggan tidak merasa kecewa dan tentunya pelanggan akan kembali menggunakan jasanya, sehingga image usaha ini akan baik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

    1. Kalau pelayananannya ditingkatkan pasti jumlah pengunjung bisa lebih banyak dan tanggapannya lebih positif

    1. Wah artikelnya sangat informatif sekali,tulisanya juga udah bagus,kosakatanya juga udah bagus,akurat lagi. Aku salut dengan usahanya tetap diteruskan ya semoga membawa keberkahan terus menerus 😇.Dan bisa menginspirasikan buat semua orang 💜

    1. Mbak ny bener” telaten. Emng sih mbk klo mau bisnis sukses harus telaten dan mengutamakan kepuasan pelanggan itu yg paling penting :). Sukses terus mbk. God bless u

    1. Saran saya sebaiknya ditambah fasilitas printer karena mahasiswa sekarang membutuhkan printer. Dan semoga usahanya makin berkembang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *