MINUMAN SEHAT

Oleh: Tya MuIiati

Usaha mikro kecil menengah atau UMKM telah menjadi trends bisnis yang sangat menguntungkan bagi seorang pengusaha, banyaknya konsumen yang membutuhkan suatu produk seperti makanan atau minuman membuat peluang usaha kecil ini kian berkembang dengan subur di Indonesia, atas dasar inilah yang menjadi prioritas utama saya untuk meliput atau membuat artikel tentang sebuah usaha kecil minuman yang bergizi dan tentunya sehat untuk dikonsumsi.

Di sini saya mengambil salah satu UMKM yang terletak di area kampus Universitas Negeri Yogyakarta. UMKM tersebut adalah jus buah. Jus buah ini diproduksi dari buah-buahan yang berkualitas dan tentunya buah yang segar serta tidak busuk. UMKM ini bernama Juicepedia. Pemiliknya adalah bapak Wiro Sugito. Awalnya bapak Wiro ini saat mendirikan UMKM ini hanya bermodalkan stand jus kecil-kecilan serta tempat yang disewanya juga kecil. Setelah sekian lama berjualan jus sendirian akhirnya bapak Wiro ini bias mendapatkan cukup biaya untuk menyewa tempat yang lebih besar dan akhirnya terpilihlah ruko dekat kampus Universitas Negeri Yogyakarta, Karangmalang. Alasan beliau menyewa ruko dekat kampus UNY tersebut karena ia menargetkan pembelinya adalah para mahasiswa maupun mahasiswi serta masyarakat sekitar. Tempat yang dipilihnya ini juga cukup stategis, mudah dijangkau, dan pastinya juga bersih.

Kini usaha jusnya yang terdapat di Karangmalang tersebut dibantu oleh seorang karyawati bernama mba Widya. Dalam satu hari usaha jus ini biasanya mencapai omset 900 ribu-1 juta. Juicepedia ini pun biasanya buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Sering sekali setelah pulang kuliah para mahasiswa dan mahasiswi mampir untuk membeli jus buah ini. Ia tidak hanya menjual jus buah saja, tetapi ada jus buah dan sup buah serta minuman-minuman lainnya seperti pop ice, good day, beng-beng, chocolatos, dll. Harga yang dibadrolnya juga tidak cukup mahal karena harganya dimulai dari harga 4 ribu saja.

Sistem pengelolaan keuangannya juga masih sederhana, beliau tidak mengandalkan sistem pembukuan untuk penjualan karena beliau hanya mengandalkan buah yang masuk dan juga yang keluar untuk dijaikan jus, serta mempercayai karyawatinya tersebut. Sistem penjualannya juga adalah langsung dan menerima pesanan leat telepon atau secara langsung.

 

76 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *