Minuman SEHAT gak bikin kantong kering? Ya “AROMA JUICE”

Oleh: Ravita Ardia Fatma

Jus merupakan minuman yang banyak diminati oleh kalangan semua orang mulai dari anak kecil sampai orangtua. Karena buah merupakan makanan yang banyak mengandung banyak vitamin dan serat bagi tubuh. Ketika anak-anak malas atau tidak suka memakan buah-buahan cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat jus buah yang akan membuat anak-anak akan lebih suka dibandingkan dengan memakan buah-buahan langsung. Nah dalam artikel ini akan disampaikan mengenai wawancara dengan seorang pelaku UMKM jus buah yang ada di Yogyakarta.

Aroma Juice ini didirikan oleh pak fahrul pada awal tahun 2018 bertempat di dekat kampus Institut Sains dan Teknologi Yogyakarta. Pak fahrul membuka usaha jus karena menurutnya  jus buah banyak diminati oleh kelangan anak kecil, dewasa maupun orangtua karena buah sendiri banyak manfaatnya buat kesehatan. Untuk pemasarannya aroma juice ini masih offline, meskipun tidak dipasarkan lewat online Aroma Juice ini cukup ramai setiap harinya karena harganya sesuai dengan kantong mahasiswa maupun pelajar. Terdapat beraneka jus buah yang dijual di Aroma juice salah satunya yang menjadi favorit setiap harinya yaitu jus alpukat.

Dalam menjalankan usaha Aroma Juice ini pak fahrul mempunyai kendala yaitu pada buah-buahannya karena pak fahrul mendapat pemasok buah-buahan hanya waktu musim saja jadi tidak menentu, hal tersebut yang mengharuskan pak Fahrul harus membeli buah-buahan langsung dari pasar tradisional.

Modal awal yang harus dikeluarkan pak Fahrul yaitu sebesar Rp25.000.000. yang paling banyak pengeluarannya yaitu pada sewa tempat. Untuk harganya pun tergolong harga yang murah mulai dari Rp5.000 sampai Rp12.000 sudah bisa mendapatkan satu gelas jus. Setiap harinya pak fahrul dapat menjual paling sedikit 50 gelas jus dengan omset Rp500.000 lebih perharinya. Jadi omset dalam perbulannya dapat mencapai Rp15.000.000. Dan sangat disayangkan UMKM Aroma Juice ini tidak menggunakan laporan akuntansi dalam keuangannya karena menurut pak fahrul terlalu ribet dan memakan banyak waktu. Seperti yang kita ketahui bahwa laporan keuangan sangatlah penting bagi setiap UMKM yaitu dapat melihat disetiap keuntungan atau kerugian yang dapat dijadikan sebuah penggambilan keputusan.

212 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *