MIE AYAM CEKER MBAK BETTY JADI SALAH SATU MIE AYAM TERMANTUL DI NGAWI

Oleh: Hernanda Sukma Melati

Mie Ayam Ceker Mbak Betty merupakan salah satu usaha kuliner yang ada di Kebon, Paron, Ngawi. Mie Ayam Ceker Mbak Betty ini didirikan pada tahun 2008,hingga saat ini sudah memasuki tahun ke 12,. Mie Ayam Mbak Betty merupakan salah satu Mie Ayam Termantap di Ngawi karena harga yang cukup terjangkau,porsi banyak dan tentunya rasanya yang nikmat. Hanya dengan Rp 8000,00 sudah mendapat satu porsi Mie Ayam lengkap dengan cekernya. Mie Ayam Mbak Betty mulai buka pukul 11.00 – Habis. Alasan mbak betty mendirikan usaha ini adalah untuk menopang ekonomi yang ada di keluarganya. Sebelum mendirikan usaha ini mbak betty mencoba beberapa usaha tetapi kurang berhasil. Awal mulanya mendirikan usaha dengan modal sisa penjualan minyak tanah,karena pada saat itu minyak tanah sudah dilarang dijual dengan bebas. Dalam sehari mbak betty bisaa mendapat keuntungan hampir Rp.500.000,00.

Mbak betty memproduksi usahanya dengan cara membuat bahan bakunya terlebih dahulu yaitu adonan mie dilanjutkan membuat bumbu ayamnya.Setelah selesai mie ayam siap untuk dijual. Cara memasarkan mie ayam tersebut yaitu dari mulut ke mulut, dan seiring berjalannya waktu menggunkan aplikasi ojek online, dan juga mbak betty ini sudah mempunyai pelanggan dari instansi contohnya pegawai RSI AT TIN HUSADA yang sering memesan di makan siang atau jika ada acara di mbak betty karena selain usaha mie ayam. Mbak betty juga memiliki suatu komunitas yang kemudian jika ada event mereka memesan kepada mbak betty, seleain itu mbak betty juga memberikan bonus kepada pelanggan. Meskipun tempatya berada di desa,tetapi banyak orang kota yang order dengan menggunkan aplikasi ojek online. Dalam mengatur keuangan mbak betty juga memiliki manajemen yang kuat misalnya dalam satu hari mengeluarkan modal sebanyak Rp.500.000 dan laba kotor yang diperolah adalah Rp.900.000,00 maka mbak betty mendapat laba bersih sebesar Rp.400.000. Uang Rp.400.000 sudah di anggarkan untuk apa saja dan harus ada yang di tabung agar jika terjadi apa-apa di kemudian hari sudah ada tabungan. Mbak betty ini juga melakukan pencatatan sederhana setiap harinya misalnya modal berapa dan Laba berapa,sehingga tidak akan terjadi yang namanya pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Dalam usaha pasti ada yang namanya hambatan baik manajemen maupun pemasarannya, misalnya kadang pendapatanya banyak kadang pendapatannya sedikit. Dan juga tempatnya di desa bukan di kota mungkin salah satu hambatan dalam usaha mbak betty.

Solusinya untuk mie ayam ceker mbak betty yaitu :

  1. Tempat agak di perluas lagi.
  2. Ditambah pangsit / siomay / bakso untuk orang yang barangkali kurang suka dengan ceker.
  3. Membuat inovasi mie ayam misal : mie ayam dengan kolestrol rendah yaitu mie ayam jamur, mie ayam dengan bahan bakunya sayuran jadinya seperti mie ayam ijo,atau mie ayam wajan seperti yang lagi booming saat ini.

Ketika ada inovasi menu baru tentu saja pelanggan akan tertarik mencoba menu tersebut dan jika menu baru tersenut berhasil maka keuntungan akan semakin banyak.

MIE AYAM CEKER MBAK BETTY

Jl Raya Solo Km 7 Dsn Podang Ds Kebon Kec Paron Kab Ngawi.

174 comments

  1. Wahh sayang jauh, besok kalo pas dingawi mampir deh hehe. Semoga UMKM di indonesia semakin sukses. Luv mie ayam

    1. Sumpriiit enak bngt kalian yg lewat ngawi wajib mampir ke tempat ini . Rasane enak bngt endeeesss . Porsi jumbo hrga kaki lima terjangkau bnget . .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *