MIE AYAM “BU YUNI”

Oleh: Ikbar Fakhri Sadewa

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi UMKM berdasarkan kuantitas tenaga kerja. Usaha kecil merupakan usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja 5 orang samapai dengan 19 orang, sedangkan usaha menengah merupakan usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja 20 orang sampai dengan 99 orang. Pada perkembangan zaman saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peningkatan UMKM tidak hanya dari segi kuantitas, melainkan juga tenaga kerja, modal serta asset dari usaha mereka. UMKM memiliki prinsip kemandirian yang berarti mereka memiliki modal sendiri dan tidak terlalu bergantung kepada lembaga lain sehingga membuat mereka juga termasuk salah satu katup perekonomian negara. Perkembangan UMKM tidak selalu berjalan dengan mulus, banyak tantangan dan masalah yang harus mereka selesaikan baik secara modal, tenaga kerja, kegiatan produksi maupun hal-hal pendukung lainnya.

Sekarang ini banyak sekali UMKM yang bergerak di bidang kuliner, hal tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan membantu peningkatan perekonomian negara. Banyak ragam makanan maupun minuman yang banyak di pasarkan saat ini. Salah satunya Mie Ayam “Bu Yuni” yang beralamat di Jl. Dekso-Tempel Kemusuh, Banyurejo, Tempel, Sleman, DI Yogyakarta. Tidak hanya mie ayam yang beliau jual, akan tetapi juga ada menu lain seperti bakso dan soto. Akan tetapi mie ayam adalah menu yang banyak dikenal masyarakat sekitar karena rasanya yang enak. Sebenarnya beliau mendirikan usaha tersebut sejak tahun 1998, akan tetapi karena memasalah ekonomi beliau menutup usahanya tersebut pada tahun 2001. Dan pada tahun 2007 beliau mendirikan usahanya kembali dan sampai saat ini masih berjalan dengan baik.

Dalam perkembangan zaman, usaha beliau tidak selalu berjalan dengan mulus. Banyak masalah dan hambatan yang harus beliau selesaikan. Berikut ini adalah contoh beberapa masalah yang beliau hadapi, antara lain :

Modal

Menurut saya, untuk mendapatkan modal agar usahanya berjalan dan berkembang dengan baik banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya mencari pinjaman modal, mencari investor maupun dari tabungan. Akan tetapi cara yang menurut saya tepat untuk mendapatkan modal usahanya adalah dengan mencari investor. Karena untuk modal yang berasal dari tabungan memerlukan waktu yang sangat lama untuk memenuhinya, dan untuk mencari pinjaman modal itu berarti Bu Yuni berhutang dan mempunyai tanggungan untuk mengembalikannya. Sedangkan untuk investor sendiri, beliau menjalin kerjasama untuk mengembangkan usahanya tersebut tanpa harus memikirkan biaya untuk mengembalikannya dan tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkannya.

Tenaga kerja

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik, menurut saya langkah yang tepat untuk mendapatkannya adalah dengan mencari tenaga kerja yang sudah berpengalaman dibidangnya tersebut.

Kegiatan produksi

Untuk kegiatan produksi, biasanya hal yang sering terjadi adalah rusaknya peralatan-peralatan produksi. Menurut saya, untuk mengatasi hal tersebut beliau harus benar-benar memperhitungkan kualitas dan jangka waktu pemakaian peralatan-peralatan produksi tersebut.

Persediaan bahan-bahan

Dalam usaha dalam bidang kuliner, sering terjadi masalah-masalah seperti kelangkaan persediaan bahan-bahan yang menyebabkan kenaikan harga bahan-bahan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, seharusnya beliau tidak hanya bergantung pada satu penyedia bahan-bahan produksi. Akan tetapi beliau juga harus menggunakan peran penyedia bahan-bahan produksi lain agar tidak sulit untuk mendapatkan bahan-bahan produksi tersebut. Dan pada saat terjadi kenaikan harga bahan-bahan produksi, alangkah baiknya beliau juga menaikan harga menu yang beliau jual.

Pemasaran

Untuk pemasaran masakan kuliner beliau, dapat dilakukan melalui promosi di sosial media, maupun di media cetak seperti koran atau majalah.

31 comments

  1. menurut saya artikel ini memiliki penyampaian isi dan maksud yang sudah jelas bagi pembaca, khususnya saya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *