Menyongsong Kemajuan Perekonomian Indonesia melalui Kerajinan Kayu UD SIDO DADI

Oleh: Merina Ramadan

Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Perkembangan dan kemajuan zaman ini juga  menuntut masyarakat untuk mengupayakan segala hal dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk itu, tak jarang dewasa ini banyak berdiri Usaha mikro, kecil mapun menengah di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak yang strategis dan banyak menjadi tempat tujuan oleh wisatawan maupun mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan, menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk mendirikan Usaha mikro, kecil dan menengah baik dalam bidang kuliner, seni, budaya, kerajinan dan sebagainya.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi semua masyarakat, karena pendidikan dapat diibaratkan sebagai pintu gerbang dan jembatan kita menuju suatu keberhasilan dan kesuksesan. Namun selain itu diperlukan juga adanya kemauan, kemampuan dan keberanian untuk memulainya. Selain itu dengan kreatifitas dan inovasi kita dapat mencapai kesuksesan dengan cara lain, salah satunya dengan membuka usaha. Namun, hal yang menarik disini justru pendidikan juga dapat menjadi peluang untuk membuka sebuah usaha.

Berkaitan dengan usaha atas peluang dari pendidikan, disini kita dapat melihat beberapa usaha salah satunya yaitu Kerajinan Kayu UD SIDO DADI. Usaha ini termasuk ke dalam Usaha mikro, kecil dan menengah. UMKM ini cukup dekat lokasinya dengan salah satu universitas negeri ternama yang ada di Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta. UNY sebagai tujuan untuk belajar para mahasiswa baik dari dalam kota maupun luar kota menjadi peluang yang bagus terkait segmentasi pasar untuk kalangan mahasiswa. Dengan lokasi yang cukup strategis ini tepatnya di Jl Colombo no. 6 Yogyakarta ini sudah dijalankan oleh bapak Sarif sekitar tiga belas tahun. Namun sebenarnya UMKM telah didirikan sekitar dua puluh tahun yang lalu oleh bapak Nirwan  tepatnya di daerah Bantul Timur. Sebuah pencapaian yang bagus tentunya karena dalam waktu yang sangat lama UMKM ini dapat  bertahan tentunya dengan pendapatan yang cukup besar.

UD SIDO DADI menyediakan beberapa kerajinan berbahan kayu seperti rak buku dan meja belajar. Rak dan meja belajar ini dibuat menggunakan kayu sengon dan kayu mahoni yang berkualitas cukup bagus. Selain itu tempat ini sangat recomended bagi kita para mahasiswa yang mungkin kesulitan dalam mengolah buku-buku mata kuliah maupun buku lain. Dengan adanya rak buku tentunya mempermudah kita dan membuat buku tertata rapi begitu juga dengan meja belajar. Kemudian selain produk yang bagus, UD SIDO DADI juga menawarkan produk dengan harga yang sangat terjangkau oleh mahasiswa mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 350.000 tentunya dengan pelayanan yang sangat baik. Jadi dapat kita dipilih sesuai budget dan keinginan serta sangat recomended.

Dalam menjalankan suatu usaha pasti tidak jauh dari laba dan rugi. Selain itu hambatan, kendala maupun masalah akan selalu menghampiri. Seseorang yang hebat adalah seseorang yang mampu menghadapi berbagai hambatan dan menganggap hal tersebut sebagai tantangan bukan beban. Sama seperti UD SIDO DADI dalam menjalankan usahanya menghadapi berbagai kendala mulai dari bahan baku seperti papan yang pengirimannya dari supplier belum menentu, media pemasaran yang masih sederhana hanya menggunakan papan iklan dan banner yang terpampang di depan toko,  serta proses akuntansi yang masih sangat sederhana.

Dalam menghadapi kendala tersebut ditunjang dengan era digital yang ada, pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya baik dalam proses produksi, pemasaran maupun akuntansinya. Produksi merupakan kegiatan penting dalam UMKM, apabila produksi terhambat otomatis kegiatan lainnya pun akan terhambat. Oleh karena itu, berkaitan dengan pengiriman bahan baku UD SIDO DADI yang belum pasti dapat diatasi dengan fiksasi supplier atau bahkan menambah referensi supplier yang sekarang. Pemasaran juga tidak kalah penting dalam UMKM karena pemasaran inilah yang akan menarik konsumen untuk membeli dan bahkan loyal terhadap produk yang dimiliki oleh UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, pemasaran produk UD SIDO DADI ini dapat dilakukan melalui berbagai media sosial baik instagram, facebook, whatsapp, youtube maupaun media sosial lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa generasi milenial sedang gencar-gencarnya menggunakan gadget untuk keperluan apapun. Hal ini memungkinkan untuk pemasaran melalui media sosial karena tujuan dari pemasaran tersebut akan lebih mengena.

Selain kegiatan produksi dan pemasaran di dalam perusahaan juga terdapat kegiatan akuntansi. Sebenarnya walapun akuntansi yang dilakukan sederhana, akan tetapi setidaknya UMKM sudah mengetahui dan memperhitungkan pemasukan, pengeluaran maupun laba usaha. Di samping hal itu, apabila akuntansi di dalam UMKM dilakukan secara lebih rinci, sistematis atau bahkan terkomputerisasi akan semakin mempermudah pelaku usaha untuk menentukan pengambilan keputusan maupun penentuan tindakan untuk kemajuan di masa mendatang. Sebagai lulusan di bidang akuntansi, nantinya kita juga harus memaksimalkan peran kita dalam membantu UMKM di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan UMKM di Indonesia akan semakin berkembang demi kemajuan perekonomian Indonesia.

137 comments

  1. Umkmnya dapat menginspirasi kaum muda. Saran jika memasarkan umkmnya melalui internet mungkin dapat lebih maju lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *