Mengenal Dartcount Game

Definisi

DartCount Game merupakan permainan memanah papan target yang berisi soal dan poin. DartCount Game merupakan permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran akuntansi pada kompetensi penjurnalan dan pemindahbukuan. Permainan ini berisi transaksi-transaksi yang memiliki tingkat kesukaran dan bobot nilai yang berbeda-beda. DartCount Game dapat dimainkan secara berkelompok dan menggunakan sistem pertandingan antar kelompok atau antar tim untuk menentukan pemenangnya.

Bagian-bagian DartCount

Papan Poin

Papan poin ini berbentuk lingkaran yang terdiri atas bagian-bagian berwarna hitam dan kuning serta bagian pusat berupa lingkaran kecil. Pada beberapa bagian dan lingkaran pusat memiliki bobot poin-poin mulai dari 25 sampai dengan 100. Bagian dengan poin 25 merupakan bagian yang paling banyak dengan total 20 bagian dan berada di bagian paling tepi. Bagian dengan poin 50 berada di lapisan yang lebih dalam dibandingkan poin 25 poin dengan jumlah 10 bagian. Bagian dengan poin 75 berada lebih ke dalam dibandingkan bagian dengan poin 50 dengan jumlah 5 bagian. Terakhir, bagian dengan poin 100 berada di tengah-tengah papan poin berbentuk satu lingkaran kecil dengan poin 100. Berikut ini merupakan gambar desain papan poin dalam  DartCount Game.

Anak Panah

Anak panah dalam permainan DartCount Game ini terbuat dari besi (bahan jeruji sepeda) yang diruncingkan ditambah dengan batang yang terbuat dari kayu serta plastik mika warna-warni untuk membedakan anak panah masing-masing kelompok (tim) yang bertanding. Gambar berikut ini merupakan desain anak panah dalam DartCount Game.

Kartu Soal

Soal dalam permainan DartCount Game ini berbentuk soal transaksi yang melibatkan minimal dua akun atau lebih (sesuai dengan bobot poin masing-masing) untuk materi penjurnalan dan pemindahbukuan. Pemberi soal bebas memberikan pertanyaan, apakah peserta diminta untuk membuat jurnal atau membuat buku besar. Setiap soal diberikan kunci jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, baik penjurnalan maupun pemindahbukuan. Gambar berikut merupakan desain kartu soal DartCount Game.

Papan Skor

Papan skor dalam DartCount Game terdiri atas empat kolom, yaitu tim merah, tim kuning, tim hijau, dan tim biru. Tim ini disesuaikan dengan warna anak panah yang digunakan oleh masing-masing tim. Papan skor ini digunakan untuk tiga babak. Pemenang ditentukan berdasarkan tim yang mendapatkan skor total paling banyak. Gambar berikut merupakan desain papan skor DartCount Game.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *