Media Fun Accounting

Fun Accounting merupakan media pembelajaran yang berisi materi akuntansi guna memberikan pembelajaran dan menambah pemahaman serta pengetahuan yang dikemas secara menarik dan unik. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan software bernama RPG Maker. Sasaran dalam Fun Accounting yaitu siswa SMK kelas X jurusan akuntansi dikarenakan materi yang ada dalam Fun Accounting merupakan materi akuntansi perusahaan jasa yang disesuaikan dengan silabus yang ditempuh oleh siswa kelas X SMK. Fun Accounting dapat digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi dalam materi akuntansi perusahaan jasa yang terdiri dari dari materi jurnal umum, buku besar, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan keuangan, jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan.

Petunjuk Pengoperasian

Agar permainan berjalan dengan lancar, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih file dengan gambar naga, lalu tekan enter
  2. Untuk memulai permainan hanya ada beberapa tombol pada keyboard yang bisa digunakan untuk menjalankan game, tombol-tombol tersebut antara lain:
  3. Tombol navigasi kanan untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau kanan
  4. Tombol navigasi kiri untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau kiri
  5. Tombol navigasi bawah untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau bawah
  6. Tombol navigasi atas untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau atas
  7. Untuk cek score menggunakan tombol esc
  8. Untuk mempercepat laju tokoh tekan tombol shift dan tombol arah navigasi secara bersama-sama
  9. Untuk memulai permainan baru silahkan pilih new game, tekan enter
  10. Memainkan game dengan layar penuh tekan tombol Alt + Enter
  11. Pada laman pertama silahkan arahkan tokoh utama ke depan tokoh lain dalam game
  12. Tekan enter untuk memunculkan percakapan maupun perintah
  13. Menyimpan file game tekan Esc kemudian pilih save file, lalu tekan Enter
  14. Untuk melanjutkan pemainan silahkan pilih continue sesuai dengan permainan yang sudah disimpan sebelumnya
  15. Untuk memasuki permainan sesuai dengan kompetensi dasar yang dipilih silahkan arahkan tokoh utama game ke arah kanan kemudian arahkan tokoh utama untuk masuk ke dalam tenda tersebut
  16. Apabila dalam menjawab soal kurang tepat, lawan monster dengan cara menekan enter etrus menerus sampai monster dikatakan telah dikalahkan
  17. Cek point tekan toombol Esc,poin berada di kiri bawah
  18. Ikuti perintah-perintah yang diberikan
  19. Untuk mempercepat laju jawaban tekan tombol enter/shift

 

Mekanisme Permainan

  1. Guru

Persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan Fun Accounting yaitu mentransfer soft file game pada komputer di laboratorium komputer sekolah. Guru memberikan pengarahan petunjuk penginstalan dan pengoperasian game kepada siswa. Evaluasi dilakukukan dengan cara memberikan instruksi jumlah soal serta kompetensi dasar yang pilih yang harus dikerjakan oleh siswa. 

  1. Siswa

Persiapan yang dilakukan siswa harus menginstal Fun Accounting pada komputer masing-masing. mendengarkan penjelasan oleh guru serta mengikuti perintah yang diberikan. siswa mendapatkan poin dari hasil mengoperasikan game yang dapat dilihat sesuai dengan petunjuk permainan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *