Fun Accounting merupakan media pembelajaran yang berisi materi akuntansi guna memberikan pembelajaran dan menambah pemahaman serta pengetahuan yang dikemas secara menarik dan unik. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan software bernama RPG Maker. Sasaran dalam Fun Accounting yaitu siswa SMK kelas X jurusan akuntansi dikarenakan materi yang ada dalam Fun Accounting merupakan materi akuntansi perusahaan jasa yang disesuaikan dengan silabus yang ditempuh oleh siswa kelas X SMK. Fun Accounting dapat digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi dalam materi akuntansi perusahaan jasa yang terdiri dari dari materi jurnal umum, buku besar, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan keuangan, jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan.
Petunjuk Pengoperasian
Agar permainan berjalan dengan lancar, perhatikan langkah-langkah berikut ini:
- Pilih file dengan gambar naga, lalu tekan enter
- Untuk memulai permainan hanya ada beberapa tombol pada keyboard yang bisa digunakan untuk menjalankan game, tombol-tombol tersebut antara lain:
- Tombol navigasi kanan untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau kanan
- Tombol navigasi kiri untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau kiri
- Tombol navigasi bawah untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau bawah
- Tombol navigasi atas untuk berfungsi untuk mengarahkan tokoh utama atau atas
- Untuk cek score menggunakan tombol esc
- Untuk mempercepat laju tokoh tekan tombol shift dan tombol arah navigasi secara bersama-sama
- Untuk memulai permainan baru silahkan pilih new game, tekan enter
- Memainkan game dengan layar penuh tekan tombol Alt + Enter
- Pada laman pertama silahkan arahkan tokoh utama ke depan tokoh lain dalam game
- Tekan enter untuk memunculkan percakapan maupun perintah
- Menyimpan file game tekan Esc kemudian pilih save file, lalu tekan Enter
- Untuk melanjutkan pemainan silahkan pilih continue sesuai dengan permainan yang sudah disimpan sebelumnya
- Untuk memasuki permainan sesuai dengan kompetensi dasar yang dipilih silahkan arahkan tokoh utama game ke arah kanan kemudian arahkan tokoh utama untuk masuk ke dalam tenda tersebut
- Apabila dalam menjawab soal kurang tepat, lawan monster dengan cara menekan enter etrus menerus sampai monster dikatakan telah dikalahkan
- Cek point tekan toombol Esc,poin berada di kiri bawah
- Ikuti perintah-perintah yang diberikan
- Untuk mempercepat laju jawaban tekan tombol enter/shift
Mekanisme Permainan
- Guru
Persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan Fun Accounting yaitu mentransfer soft file game pada komputer di laboratorium komputer sekolah. Guru memberikan pengarahan petunjuk penginstalan dan pengoperasian game kepada siswa. Evaluasi dilakukukan dengan cara memberikan instruksi jumlah soal serta kompetensi dasar yang pilih yang harus dikerjakan oleh siswa.
- Siswa
Persiapan yang dilakukan siswa harus menginstal Fun Accounting pada komputer masing-masing. mendengarkan penjelasan oleh guru serta mengikuti perintah yang diberikan. siswa mendapatkan poin dari hasil mengoperasikan game yang dapat dilihat sesuai dengan petunjuk permainan.