Kenikmatan Kuliner Tersembunyi di Utara Jogja

Oleh: Nuzul Ramadhan

Yogyakarta? Mungkin sebagian besar orang pertama kali mendengar Yogyakarta (setelah ini penulis akan menuliskan dengan kata Jogja)  bahwa akan berpikiran bahwa jogja adalah tempat yang sangat nyaman untuk di tinggalin (kedua setelah bali). Mengapa bisa begitu? Menurut survey penulis beberapa hari lalu,penulis menyimpulkan bahwa Jogja adalah tempat yang begitu nyaman dengan adanya beraneka ragam kuliner,kultur,budaya, memiliki toleransi yang sangat tinggi dan juga memiliki sistem pendiidkan yang baik. Selain itu jogja juga mendapatkan penghargaan menajdi provinsi terbaik dari The Asian Post.

Di sisi utara Jogja,tepatnya di sepanjang jalan Gito Gati serta jalan palagan banyak terdapat berbagai jenis kuliner yang sangat mengiurkan,salah satunya adalah Sate jongke. Warung ini menjual berbagai jenis masakan olahan daging kambing. Warung yang terletak di daerah jongke tengah sedangadi kabupaten sleman ini selalu menyediakan daging kambing segar yang dimana kambing kambing tersebut hasil penyembelihannya sendiri pada pagi hari itu juga. Warung ini sudah berdiri sejak april 2018. Warung Sate ini juga termasuk bisnis keluarga dari bapak budi sendiri. Setiap harinya warung ini selalu menghabiskan 1 ekor kambing untuk diolah berbagai macam olahan daging kambing. Dan untuk makanan rekomendasi dari penulis yang paling nikmat adalah Tongseng kambingnya. Wawancara saya dengan bapak budi ini, awal berdiri warung ini awalnya sebenarnya hanya untuk kerja sampingan saya saja ketika jasa penyembelihan kambing itu sepi, tetapi ternyata warungnya setiap hari semakin laris saja kemudian warung tersebut di kelola oleh saudara bapak budi, dan bapak budi focus untuk jasa penyembelihan hewan kambingnya.

Harga masakan di warung ini sangat bermacam-macam dan menurut penulis harga untuk berbagai masakan di sini cukup murah dengan makanan yang begitu lezat. Berikut penulis lampirkan harga menu.

Sate kambing : 20.000

Tongseng kambing : 20.000

Gulai :20.000

Nasi :3.000

Nasi Goreng kambing : 3.000

Es teh/es jeruk : 3.000

Selain itu saya juga berbincang banyak dengan pak budi, saya sempat bertanya juga mengapa Penjual olahan daging kambing pasti menjual sate,tongseng dan gulai dengan satu paket? Menurut pak budi”untuk memasak sate pasti membutuhkan daging yang berada pada bagian terenak, setelah itu kan masih ada beberapa bagian yang belum diolahkan nah sisa yang belum diolah tersebut dimasaklah gulai. Dan dari sisa rebusan kuah gulai tersebut kemudia diolah lagi dengan menumis kembali dengan kol dan tetelan jadlah tongseng.

Cukup sudahlah penulis menikmati kuliner di sisi utara jogja. See you next time dan jangan lupa mampir di sate jongke pak budi yaa J

303 comments

  1. Ternyata masih banyak tempat kuliner tersembunyi yang murah meriah di jogja, bisa dijadikan tempat
    tujuan kuliner ketika liburan di Jogja ini…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *