Kelayakan Bisnis di Mata Pengusaha dan Investor

Setelah Anda mempelajari berbagai aspek dalam studi kelayakan bisnis sangat diharapkan Anda dapat memahami cara untuk menilai kelayakan sebuah bisnis atau proyek. Sebagai calon pelaku usaha atau calon investor, Anda dituntut memiliki kemampuan untuk menentukan kriteria-kriteria apa saja sehingga Anda dapat memutuskan bahwa suatu bisnis layak untuk dijalankan atau dibiayai.

Sebagai calon pengusaha, aspek-aspek apa saja yang akan Anda utamakan untuk menjalankan suatu bisnis, baik untuk bisnis dengan pendanaan mandiri maupun dengan melibatkan pihak ketiga (kreditor atau investor)? Pilihlah aspek-aspek yang Anda utamakan sesuai dengan usaha yang akan Anda kembangkan! Tentukan kriteria-kriteria apa saja pada setiap aspek yang menjadi pertimbangan Anda sehingga Anda dapat menyatakan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan layak!

Di sisi lain, kelayakan suatu bisnis tentunya dipandang tidak hanya dari sisi pengusaha namun juga dari sisi investor. Sebagai calon investor, aspek-aspek apa saja yang Anda dibutuhkan untuk menilai suatu bisnis di mana Anda akan menjadi salah satu investornya? Tentukan kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu bisnis agar Anda mau berinvestasi di dalam bisnis tersebut!

Silahkan tuliskan jawaban Anda di dalam komentar. Tidak ada jawaban salah. Jawaban Anda merepresentasikan pemahaman terhadap apa yang Anda pelajari dan intensi Anda terhadap suatu bisnis.

Selamat mengerjakan. Semoga sukses.

54 comments

  1. Suatu bisnis dinilai layak didanai pada sisi pengusaha apabila bisnis tersebut memiliki potensi keberlanjutan usaha, sehingga bisnis tersebut tidak akan mati dan terus berlanjut sesuai dengan harapan, untuk dana bisa diambilkan dari pinjaman bank atau dana mandiri dilihat dari besarnya kebutuhan dan risiko pinjaman

    dari sisi investor yang paling saya soroti adalah aspek pelaporan finansial dan manajemen internal, ketika itu baik maka bisnis akan potensial untuk diberikan investasi
    17812144025

  2. Menurut saya jika saya akan menjadi investor pada sebuah perusahaan saya tidak akan sembarangan memberikan dana yang saya miliki.dalam memilih perusahaan mana yang akan saya beri masukan dana investasi saya akan memperhatikan kelayakan bisnis untuk di investasi meliouti beberapa hal ini

    1. Tingkat keuntungan dan jangka waktu .
    Seorang investor harus memperhitungkan berapa tingkat keuntungan yang akan didapatkan dari suatu usaha dan dalam hitungan waktu pula karena dalam berbisnjs harus jelas kapan dia akan mendapagkan kembali uang yang teah di investasikannya dan juga resiko darininvestasibyang dilakukan sehingg mendapat keseimbangan bisnis

    2.besarmya pendapatan investor saat jni

    3.pajak penjualan

    4.kelayakan bisnis menurut hukum.
    Bisnis yanv ingin di jnvestasikan tidak boleh melanggar hukum

  3. Aspek-aspek yang saya utamakan dalam berbisnis, saya akan memisahkan antara bisnis yang sumber modalnya yaitu dari pendanaan mandiri dan bisnis dengan melibatkan investor. Jika pada bisnis yang sumber dananya berasal dari dana mandiri saya akan mengutamakan pada aspek keuangan dan aspek manajemen dan sumber daya manusia. Dari kedua aspek tersebut dapat dijadikan sebuah pedoman yang nantinya akan cukup berpengaruh signifikan bagi usaha mandiri saya. Aspek keuangan akan menjadi poin penting dalam pengelolaan kesehatan uang usaha, hal ini mengingat sumber dana yang didapatkan yaitu dari mandiri. Namun, pada pengelolaan aspek ini sebenarnya tidak terlalu rumit jika tidak melibatkan investor. Hal ini dikarenakan jika melibatkan investor maka harus ada pengelolaan dividen yang diterima oleh investor. Aspek yang kedua pada usaha dana mandiri yaitu pada aspek manajemen dan sumber daya manusia. Aspek ini saling berkaitan dengan aspek keuangan pada usaha dana mandiri, dimana kedua aspek ini akan mempengaruhi kualitas manajemen pengelolaan keuangan dan sumber daya manusia. Sebagai seorang calon pengusaha juga akan selalu memperhatikan pada aspek manajemen, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengaturan, dan pengevaluasian secara mandiri.
    Kemudian pada usaha yang melibatkan investor saya akan mengutamakan aspek keuangan, risiko, manajemen dan sumber daya manusia. Dimana terdapat dua aspek yang sama yaitu aspek keuangan dan manajemen dan sumber daya manusia. Yang berbeda pada usaha ini yaitu jika pada aspek keuangan, pastinya akan memperhatikan pihak shareholdernya, bagaimana usaha ini akan berjalan sehat dimasa depan dengan mementingkan pihak ketiga di luar perusahaan. Karena peran investor sebagai sumber pendanaan yang lebih maka akan berkaitan juga pada aspek risiko. Di mana aspek ini memiliki peran untuk mengantisipasi usaha yang sedang berjalan mempunyai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Mulai dari risiko murni, risiko disengaja, risiko fundamental. risiko khusus, dan risiko dinamis. Bisnis tersebut harus menguasai berbagai risiko yang mungkin akan dihadapi di masa depan dengan mempersiapkan rencana-rencana terbaik yang mampu mengidentifikasi risiko dan upaya untuk mengatasi risiko tersebut. Selain itu, aspek manajemen dan sumber daya manusia juga sangatlah berpengaruh, terutama pada manajemen kualitas yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Bersamaan dengan itu, bisnis yang dijalankan juga memiliki keterkaitan dengan pihak ketiga. Maka dari itu aspek ini akan berpengaruh dengan keputusan pihak ketiga apakah akan melanjutkan kerjasama atau kah akan menghentikan. Sehingga peran sistem pengendalian internal pada bisnis tersebut akan sangat dibutuhkan.
    Kriteria bisnis yang layak untuk dibiayai yaitu bisnis yang memahami aspek-aspek dalam berbisnis, mulai dari aspek keuangan, aspek risiko, aspek lingkungan, dan aspek manajemen dan sumber daya manusia. Walaupun bisnis belum berjalan lama, tetapi jika bisnis tersebut memahami segala aspek tersebut. Maka sudah saya katakan layak untuk dibiayai.

  4. Kriteria pertama yang akan saya lihat untuk berinvestasi pada suatu perusahaan tentunya adalah dalam aspek keuangan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan berinvestasi adalah untuk mencari sebuah profit. Selanjutnya saya akan melihat aspek pengendalian internalnya, karena ketika pengendalian internalnya baik maka kemungkinan usaha tersebut dapat semakin berkembang menjadi lebih besar, jika memungkinkan saya juga akan melihat aspek sosial, pemasaran, dan juga produksinya.

  5. Studi Kelayakan Bisnis memiliki manfaat yang akan membantu merealisasikan program dan menghindari kerugian, dengan diwakili oleh aspek-aspek di dalam studi kelayakan bisnis. Tiap aspek memiliki peran tersendiri untuk menjelaskan bagaiman skb suatu usaha. Namun, jika dituntut untuk memilih aspek sesuai usaha yang saya kembangkan, maka saya akan mengutamakan aspek pasar dan pemasaran serta aspek keuangan. Disini usaha yang saya kembangkan bersifat kecil dengan pendanaan dan dijalankan sendiri. Aspek yang menjadi pertimbangan sehingga dapat menyatakan bahwa bisnis yang akan dijalankan layak yaitu: memiliki perencanaan yang jelas untuk menjalankan usaha mulai dari sumber modal, pengelolannya, hingga pemasarannya;

    Investor adalah pihak yang menanamkan modal ke sebuah perusahaan. Laporan studi kelayakan bisnis berguna bagi investor untuk menentukan seberapa besar modal yang akan ia tanam di sebuah perusahaan membuahkan hasil, untuk itu aspek paling utama yang akan investor cek adalah aspek keuangan. Kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu bisnis agar investor mau berinvestasi di dalam bisnis tersebut tentunya yang mampu menghasilkan keuntungan, memiliki perhitungan ekonomi yang jelas, memiliki kejelasan kebutuhan dana, dan memiliki hasil perhitungan capital budgeting yang bagus (misal npv bernilai positif atau lainnya)

  6. asepek yang pertama menurut saya adalah aspek pemasaran karena walaupun sebaik apapun sebuah produk jika nantinya pemasarnnya tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen sama saja bohong, karena yang paling utama dalam sebuah bisnis menurut saya adalah bagaimana kita sebagai pengusaja membuat sebuah produk yang nantinya akan memenuhi jebutuhan masyarakat.

    aspek selanjutnya adalah aspek produksi karena nantinya, barang yang akan dideliver ke konsumen harus kita pastikan produk tersebut adalah produk yabg baik dan memiliki kualitas tinggi sehingga selain produk memenuhi kebutuhan pasar, nantinya juga produk kita dapat memberikan kepuasan terhadap pasar dan hal tersebut akan berdampak baik bagi branding dan reputasi sebuah usaha dilihat dari segi produk

    aspek yang paling penting yabg terakhir adalah aspek keuangan karena menurut saya sebaik apappun produk, se laris apapun produk apabila nantinya leuangan perusahaan tidak dikelola dengan baik akan berdampak pada tidak berkembangnya usaha tersebut ke arah yang baik dan bahkan memiliki risiko untuk berhenti karena pengelolaan keuangan yang kurang baik

  7. Aspek yang saya utamakan adalah
    1. Aspek Produksi, meliputi: menetapkan produk yang akan diproduksi dan kapasitas produksi; menetapkan lokasi proyek; menjamin ketersediaan bahan; Lay Out; penyusunan peralatan pabrik ( plant lay out ).
    2. Aspek Yuridis, meliputi: izin lokasi; akte pendirian perusahaan dari notaris; Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); Surat tanda daftar perusahaan; Surat izin tempat usaha dari Pemerintah Daerah setempat; Surat tanda rekanan dari Pemerintah Daerah setempat; Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    3. Aspek Pasar dan Pemasaran, meliputi: Potensi pasar, dinilai berdasarkan bentuk pasar/ konsumen yang dipilih; Jumlah konsumen potensial. Jumlah ini diketahui melalui proses mengukur dan meramal permintaan dan penawaran berdasarkan produk sejenis yang telah ada saat ini; Daya beli masyarakat dengan memperhitungkan perkembangan atau pertumbuhan penduduk; Segmentasi, target dan posisi produk di pasar; Situasi persaingan di lingkungan industry; Sikap, perilaku, dan kepuasan konsumen terhadap produk sejenis saat ini; Manajemen pemasaran, terdiri atas analisis persaingan dan bauran pemasaran.
    4. Aspek Keuangan, meliputi: Kebutuhan dana dan sumbernya; Aliran kas (cash flow); Biaya modal (cost of capital); Perihal kepekaan; Pemilihan investasi.
    Aspek-aspek apa saja yang saya butuhkan untuk menilai suatu bisnis di mana saya akan menjadi salah satu investornya:
    1. Aspek Keuangan, terutama dalam aspek penilaian investasinya seperti PP ataupun NPV.
    2. Aspek Yuridis

  8. Aspek-aspek yang saya utamakan sesuai dengan usaha yang akan saya kembangkan yaitu aspek pasar dan pemasaran. Melalui aspek tersebut saya dapat menentukan target pasar yang akan saya tuju sesuai dengan usaha yang saya jalankan. Dan dapat melihat seberapa potensi pasar yang saya pilih. Disamping itu juga aspek keuangan saya utamakan karena ketika saya kekurangan modal dan akan mencari tambahan modal dari pihak lain tentu aspek keuangan sangat penting bagi pihak pemberi modal sebagai bahan pertimbangan.
    Sebagai calon investor, aspek-aspek yang saya butuhkan untuk menilai suatu bisnis di mana saya akan menjadi salah satu investornya adalah aspek keuangan. Sebab dari aspek keuangan tersebut dapat tercermin apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk ditanami modal. Sebab kita sebagai investor tentu ingin mendapatkan keuntungan dr modal yang telah diinvestasikan. Melalui aspek keuangan akan diketahui pula kapan modal yang kita investasikan dapat kembali.
    Dani wahyuningrum 17812141034

  9. Yang perlu saya butuhkan dalam menilai sesuatu bisnis menurut saya:

    1. Aspek Hukum, sangatlah penting karena menyangkut keabsahan dokumen dalam perusahaan. Karena dalam hal ini merupakan dasar hukum yang harus dipegang apabila dikemudian hari timbul suatu masalah. Dan juga untuk melindungi semua yg terkait dalam perusahaan.
    2. Aspek Keuangan, yang sangat penting pada aspek keuangan dalam menentukan jumlah investasi dan biaya biaya serta pendapatan yang akan diperoleh nantinya. Selain itu biaya biaya yang diperlukan selama umur investasi.
    3. Aspek Manajemen dimana terdapat struktur organisasi serta gambaran mengenai jabatan dalam perusahaan. Selain itu rencana kerja seperti pencapaian target sasaran dan tujuan dalam perusahaan.

  10. Aspek yg saya perhatikan dalam usaha adalah aspek keuangan, aspek produksi dan aspek pemasaran karena menurut saya itu yang terpenting dalam membuat perencanaan bisnis.
    Sebagai calon investor saya akan mempertimbangkan hal hal seperti tingkat keuntungan, tingkat resiko, jangka waktu, prospek masa depan.

  11. Dalam membangun suatu usaha, aspek yang menurut saya sangat penting dalam membangun dan menjalankan bisnis tersebut adalah aspek pasar, pemasaran, dan keuangan. mengapa saya memilih tersebut? Karena menurut saya, dengan adanya aspek pasar pelaku usaha dapat menganalisis konsumen seperti apa yang cocok untuk bisnis tersebut, target pasar seperti apa yang diinginkan, pelaku usaha juga dapat memperkirakan proyeksi permintaan dalam usaha bisnis tersebut, perbandingan harga perusahaan dengan harga pesaing. Dengan aspek pemasaran pelaku bisnis dapat menentukan strategi pemasaran bisnis tersebut, perkiraan penjualan yang bisa dicapai pada perusahaan dll. Dengan kedua aspek tersebut diharapkan pelaku bisnis dapat berlaku optimal dalam menjalankan bisnisnya. Dan terakhir, aspek keuangan. Dengan aspek keuangan perusahaan dapat menentukan berapa besar dana yang diperlukan perusahaan dalam membangun bisnis tersebut, berapa lama bisnis tersebut dapat balik modal, memperkirakan apakah bisnis tersebut akan merugi atau memperoleh keuntungan, dan masih banyak lagi. Dengan aspek – aspek tersebut, pelaku bisnis akan mudah untuk bersaing dengan kompetitor bisnis yang telah ada sebelumnya dan diharapkan dapat menjadikan bisnis tersebut menjadi maju.
    Untuk investor sendiri, aspek apa saja yang harus dipilih investor dalam menemukan bisnis yang cocok untuk berinvestasi, yaitu aspek keuangan, karena dalam aspek keuangan ini investor dapat menggunakan npv, irr, arr, payback period yang sangat dibutuhkan para investor dalam mencari bisnis yang cocok untuk mereka. Dengan menggunakan npv, investor dapat menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai-nilai sekarang penerimaan kas. Payback period, investor dapat memperkirakan jangka waktu kembalinya investasi yang dikeluarkan. Dengan banyak keuntungan yang didapatkan dalam aspek keuangan, sehingga sangat penting investor dalam menggunakan aspek keuangan ini dalam memeilih investasi. Untuk kriteria dalam memilih bisnis yang akan ingin kita investasikan, menurut saya adalah dengan melihat berapa persen keuntungan yang dijanjikan oleh pelaku bisnis tersebut, dewasa ini banyak sekali investor yang terkena penipuan karena telah percaya dengan investasi bodong yang dalam bisnis tersebut memiliki keuntungan investasi masuk akal. Sehingga kita sebagai investor harus lebih cermat lagi dalam memilih investasi. Pelajari laporan keuangan bisnis tersebut jika bisnis tersebut sudah lama kita dapat melihat progress binis tersebut dari selama 3 tahun, apakah memiliki kenaikan atau penurunan jika penurunan tersebut masuk akal dan tidak terlalu menggangu, bisnis tersebut dapat layak untuk kita investasikan.

  12. Sebagai calon pengusaha aspek yang saya utamakan pertama aspek hukum agar usaha yang saya jalankan tidak melanggar aturan dan undang-undang serta memberi kepercayaan kepada karyawan, konsumen, maupun calon investor. Kedua, aspek pasar pasar dan pemasaran agar mampu mengidentifikasi kebutuhan dan selera konsumen sehingga dapat memperoduksi suatu produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, serta dapat menentukan target pasar dengan baik. Ketiga, aspek keuangan agar usaha yang saya jalankan dapat menilai tingkat pengembalian investasi yang dilakukan sehingga dapat menarik investor untuk berinvestasi pada perusahaan saya.
    Sebagai calon investor aspek yang saya utamakan pertama aspek keuangan, dimana dalam aspek tersebut suatu perusahaan dapat menghitung nilai dari sebuah investasi yang dilakukan sehinggal investasi tersebut dapat memberikan hasil atau pengembalian yang baik dan tepat sehingga sebagai calon investor saya dapat yakin untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Kedua, aspek manajemen yang dapat membantu seorang investor u tuk menilai apakah kegiatan yang dilakukan oleh seuatu perusahaan direncanakan dan dilaksanakan secara terstruktur untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

  13. Sebelum saya berinvestasi pada sebuah perusahaan. Yang perlu diperhatikan pertama adalah tentang track record perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Apabila track recordnya bagus, termasuk prestasi perusahaan, nama baik perusahaan, dan labanya bagus dilihat dari laporan keuangan yang disajikan, maka dapat diprediksikan perkembanngan perusahaan di masa mendatang yang bagus pula.
    Kemudian yang perlu dilihat adalah tentang tingkat pengembaliannya, sebab investor berinvestasi menginginkan tingkat pengembalian atau dividen yang tinggi namun rasional.
    Selanjutnya yang paling penting adalah tentang kondisi keuangan perusahaan yang akan diinvestasi. Kondisi keuangan dapat mencerminkan segalanya tentang prestasi, kinerja dan kerjasama perusahaan terhadap perusahaan atau investor lain. Jika kondisi keuangan baik dan stabil, maka bisa dipastikan kedepannya perusahaan tersebut juga stabil. Kondisi keuangan mampu menunjukkan kinerja, startegi serta sistem yang diterapkan oleh perusahaan berjalan dengan baik atau tidak.
    Dengan melihat tiga aspek tersebut yaitu track record, tingkat pengembalian, dan keuangan. Apabila ketiganya bagus maka investor akan tertarik untuk berinvestasi

  14. Sebagai calon pengusaha yang ingin mendirikan usaha, aspek penting pertama yang harus diutamakan adalah terkait dengan produknya. Seorang calon pengusaha harus tau tentang seluk beluk produk yang akan dibuat. Sehingga mampu memberikan produk yang layak dan berkualitas kepada konsumen atau pelanggan yang mereka perlukan dan diminati. Perlu Melihat kebutuhan pasar, produk tersebut prospek atau tidak apabila diproduksi.
    Kemudian yang kedua adalah terkait dengan aspek pemasaran. Termasuk target pasar, segmentasi pasar, risiko, pesaing dan cara mengatasi serta pelayanan dan menciptakan product brand. Apabila target pasarnya jelas, maka dapat ditentukan strategi pemasaran seperti apa yang bagus sehingga efektif dan efisien untuk memasarkan produk tersebut. Sebab sebagus apapun produk, apabila pemasarannya tidak baik, maka produk akan sulit laku. Pemasaran juga terkait dengan pelayanan terhadap pelanggan, apabila pelayanan bagus maka akan menciptakan loyalitas pelanggan dan mampu menciptakan product brand. Pelayanan bagus dapat berupa pelayanan fast respon, pengiriman cepat, produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan lain sebagainya.
    Aspek penting ketiga adalah terkait dengan aspek keuangan. Seperti biaya biaya-biaya produksi, biaya tenaga langsung tidak langsung, biaya overhead dan lain sebagainya. Perincian dan penghitungan biaya yang jelas dapat untuk menentukan kapan akan diperoleh BEP. Sehingga dapat diketahui prospek atau tidak usaha tersebut, dan dapat diketahui usaha dapat dilanjutkan atau tidak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *