ELEMEN PENDAPATAN DAN AKUN-AKUN DI ELEMEN PENDAPATAN

Pendapatan adalah sumber pemerolehan dana yang berasal dari aktivitas perusahaan, baik bersifat operasional maupun non-operasional. Intinya jika perusahaan melakukan suatu hal yang merupakan aktivitas perusahaan, seperti menjual barang dan atau jasa maka akan memperoleh pendapatan. Ketika Anda melakukan sesuatu atau memberikan sesuatu untuk pihak lain (pelanggan) maka Anda akan memperoleh pendapatan. Contoh: pendapatan usaha, pendapatan sewa, penjualan barang dagang, dan lain-lain.

Pendapatan yang didapatkan perusahaan berasal dari kegiatan utama perusahaan maupun kegiatan bukan utama. Pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan utama disebut dengan pendapatan operasional, sedangkan pendapatan yang didapatkan bukan dari aktivitas utama disebut dengan pendapatan non-operasional. Perusahaan memperoleh pendapatan jika perusahaan melakukan kegiatan seperti memproduksi barang, menjual barang/jasa, atau investasi.

Beberapa akun dalam elemen pendapatan yaitu sebagai berikut:

Nama Akun Pengertian
Pendapatan operasional
Pendapatan usaha Pendapatan yang diperoleh perusahaan dengan menjual jasa atau melakukan pekerjaan untuk pelanggan. Contoh: pendapatan jasa, pendapatan servis, pendapatan sewa, dll.
Penjualan Pendapatan yang diperoleh perusahaan dengan menjual barang dagangan. Contoh: penjualan HP.
Pendapatan non-operasional
Pendapatan lain-lain Pendapatan yang diperoleh perusahaan yang bukan berasal dari kegiatan utama atau pendapatan dari aktivitas investasi. Contoh: pendapatan bunga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *