ELEMEN BIAYA DAN AKUN-AKUN DI ELEMEN BIAYA

Biaya adalah penggunaan dana yang merupakan pembayaran (non utang) yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak lain. Pada intinya, jika perusahaan menggunakan, memanfaatkan, atau menikmati sesuatu maka harus membayar biaya. Contoh: biaya gaji, biaya sewa, biaya iklan, biaya pemasaran, biaya listrik, dan lain-lain.

Akun biaya menunjukkan pengeluaran dana perusahaan terutama yang berkaitan dengan pemerolehan pendapatan. Jadi, untuk memperoleh pendapatan, perusahaan mengeluarkan biaya. Seperti pendapatan, biaya diklasifikasikan menjadi biaya operasional dan biaya non-operasional.

Beberapa akun dalam elemen biaya yaitu sebagai berikut:

Nama Akun Pengertian
Biaya operasional
Biaya utilitas Pembayaran biaya karena perusahaan telah menggunakan air, listrik, dan telepon atau yang sejenisnya.
Biaya gaji Pembayaran kepada karyawan karena perusahaan telah menggunakan jasa karyawan.
Biaya penyusutan Pengakuan biaya atas penurunan nilai aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan seperti gedung, mesin, kendaraan, dll.
Biaya non-operasional
Kerugian penjualan aset Pengakuan rugi akibat harga jual aset tetap di bawah nilai buku aset tersebut. (nilai buku = harga perolehan – akumulasi penyusutan)
Kerugian piutang tak tertagih Pengakuan rugi akibat tidak tertagihnya piutang perusahaan kepada pelanggan.

Selain contoh akun di atas, masih banyak akun dalam elemen biaya, seperti: biaya pajak, biaya pemasaran, biaya iklan, biaya bunga, harga pokok penjualan, biaya produksi, biaya reparasi, biaya transportasi, dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *