Bukti Transaksi Bagian 2

Bukti Kas Masuk

Bukti Kas Masuk (BKM) adalah bukti transaksi sebagai tanda bahwa perusahaan telah menerima uang tunai. Bukti ini biasanya digunakan untuk mencatat penerimaan kas yang berasal dari setoran pemilik, penjualan tunai, atau pelunasan piutang usaha, dll.

Bukti Kas Keluar

Bukti Kas Keluar (BKK) adalah bukti transaksi sebagai tanda bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai. Bukti ini digunakan untuk mencatat pengeluaran kas untuk pembelian tunai, pembayaran biaya, pembayaran utang, dll.

Faktur

Faktur adalah bukti transaksi yang digunakan untuk penjualan barang yang dilakukan secara kredit. Faktur dibuat oleh pihak penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Biasanya faktur digunakan di usaha dagang dan manufaktur.

Cek

Cek adalah surat perintah tidak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu pada waktu surat tersebut diserahkan kepada bank, ditandatangani oleh pihak yang menjadi nasabah suatu bank dan memiliki simpanan pada bank tersebut dalam bentuk giro. Lembaran cek terdiri dari dua bagian yaitu lembar utama diserahkan kepada pihak lain sebagai alat pembayaran, dan struk cek untuk dijadikan bukti tambahan transaksi yang disatukan dengan kuitansi bukti pembayaran.

Bilyet giro

Bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah bank kepada bank yang bersangkutan untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya disebut dalam bilyet giro pada bank yang sama atau bank yang lain. Penerima bilyet giro tidak bisa menukarkan dengan uang tunai kepada bank yang bersangkutan, tetapi hanya dapat menyetorkan bilyet giro kepada bank sebagai tambahan simpanan pada rekeningnya.

Memo

Memo adalah bukti pencatatan antar bagian atau manager dengan bagian-bagian yang ada di perusahaan. Bukti ini biasanya digunakan untuk mencatat pemberitahuan gaji yang belum dibayar, penyusutan aset tetap, barang yang belum dikirim ke pelanggan, dll. Memo dapat digunakan juga sebagai bukti transaksi yang berkaitan dengan pemilik, seperti pengambilan pribadi.

Struk

Struk adalah bukti transaksi dari aktivitas belanja, pembayaran rekening listrik, telepon, dll. Struk biasa didapatkan ketika perusahaan membeli di supermarket, PLN, Telkom, dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *