BANTULAH UMKM MENGATASINYA MASALAHNYA? (Manajemen)

Pelaku UMKM tidak serta merta langsung meraih kesuksesan dalam menjalankan usahanya. Banyak ragam permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha di berbagai bidang dan berbagai usia. Pelaku usaha dengan usia lebih tua belum tentu lebih sukses dibanding usia muda, begitu pula sebaliknya.

Permasalahan yang dihadapi tidak hanya berhubungan dengan modal finansial pada saat pendirian usaha. Ketika usaha sudah jalan, berbagai permasalahan dapat dijumpai. Berikut ini merupakan beberapa contoh permasalahan yang mungkin akan Anda jumpai.

  1. Sebuah UMKM menerima pesanan dalam jumlah besar. Persediaan di UMKM tersebut tidak mencukupi. UMKM tersebut memiliki mesin dengan kapasitas hanya sepertiga dari pesanan yang diterima. UMKM tersebut memiliki saldo kas yang terbatas jika akan membeli mesin baru. Apa yang seharusnya dilakukan oleh UMKM, menerima atau menolak pesanan dengan mempertimbangkan cost and benefit?
  2. Sebuah UMKM terlihat mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Barang dagang di UMKM sering habis dan pelanggan terlihat ramai. Namun, ketika seeorang bertanya mengenai laba yang dihasilkan, pemilik tidak dapat menjelaskan secara rinci dan pemilik juga tidak mengetahui apakah selama ini perusahaan pernah mengalami rugi atau tidak. Apa penyebab kejadian ini dan bagaimana solusinya?
  3. Pemilik UMKM akan menentukan harga produk baru yang dihasilkan oleh UMKM miliknya. Namun, pemilik UMKM tersebut mengalami kesulitan untuk menentukan harga yang tepat untuk produk yang dihasilkan. Apa yang harus dilakukan oleh pemilik UMKM tersebut! Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan harga produk? Dan bagaimana cara yang tepat untuk menentukan harga produk agar tidak kalah bersaing?
  4. Calon pelaku usaha memiliki modal finansial yang terbatas. Apa yang harus dilakukan oleh calon pelaku usaha tersebut agar usaha yang dijalankan sesuai dengan yang diharapkan?
  5. Pemilik sebuah UMKM akan membuka usaha baru. Namun, pemilik UMKM tersebut masih bingung dalam menentukan pilihan, usaha apa yang akan dijalankan dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan serta diperhatikan? Menurut Anda, untuk tahun 2020 usaha apa yang cocok dijalankan dan hal-hal apa saja khususnya sisi keuangan yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha tersebut.

Beberapa permasalahan dan pertanyaan tersebut hanya sebagian kecil permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Bantulah mereka dengan penjelasan yang cukup. Posisikan diri Anda sebagai konsultan pelaku UMKM. Semangat belajar.

59 comments

  1. 1. Menurut saya UMKM menerima pesanan tersebut, dengan membeli mesin baru. UMKM dapat meminjam uang di bank untuk membelinya, kemudian menaikan harga jual tertapi tidak terlalu signifikan untuk mendapatkan laba yang jauh lebih besar.
    2. Penyebab kejadian tersebut yaitu pelaku UMKM tidak mencatat laporan keuangan dengan baik, jadi ia tidak tahu berapa laba yang ia peroleh. Solusinya, perlu diadakan pencatatan dengan rinci baik ituu pengeluaran atau pemasukan. Apalagi laporan laba rugi itu penting untuk mengetaui UMKM tersebut mendapatkan laba atau tidak di periode tersebut.
    3. Menurut saya faktor yang mempengaruhi adalah bahan baku, karena apabila bahan bakunya mahal otomatis harganya tinggi juga. Cara menentukan harganya yaitu UMKM terlebih dahulu harus menentukan segmentasi pasar. Apakah produk tersebut untuk orang yang berpendapatan rendah atau mengengah ke atas, jika segmentasi untuk berpendapatan rendah maka harga yang ditawarkan UMKM seharusnya rendah dan tidak terlalu tinggi, dan sebaliknya.
    4. Menurut saya, UMKM bisa meminjam kepada bank, koperasi, atau mencari parter bisnis untuk mendirikan usahanya. Dari peminjaman tersebut UMKM diharapkan bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan bisa menpatakn keuntungan yang diharapkan.
    5. Menurut saya usaha yang cocok yaitu di bidang fashion, karena di bidang tersebut tiap tahunnya selalu berkembang dan ada tren-tren baru. Jadi, pelaku UMKM dapat mengambil peluang tersebut. Hal yang harus diperhatikan tentu saja modal, sebisa mungkin UMKM sudah memili modal yang cukup jika akan membuka usaha.

  2. 1. Menerima dengan strategi mencari UMKM sejenis dan bermitra. Strategi ini dapat dilakukan dengan syarat adanya SPK (Surat Perintah Kerja) dari pembeli. Di SPK akan jelas terlihat spek dan jumlah barang yang harus disediakan, dan termin pembayaran.
    Cost: akan ada tambahan waktu yang harus diluangkan untuk membuka koneksi dan membangun kerjasama.
    Benefit: uang dan trust (karena berhasil eksekusi program).

    2. Menurut saya, kejadian tersebut bisa terjadi karena pemilik UMKM tidak menerapkan pencatatan laporan keuangan sesuai dengan pembukuan akuntansi yang jelas dan terstruktur. Belum adanya pengetahuan mengenai pencatatan laporan keuangan merupakan kendala serius bagi pelaku bisnis UMKM. Solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan pemberian sosialisasi dan pelatihan terhadap pelaku bisnis khususnya pemilik UMKM tersebut.

    3. Pemilik UMKM harus mengetahui macam harga diantaranya harga retail, biaya total, harga pokok produksi, dan biaya pokok. Adapun faktor yang mempengaruhi penentuan harga produk adalah target konsumen, harga jual produk pesaing, biaya hasil produksi suatu produk, biaya produksi, biaya pemasaran, biaya operasional dan biaya pengiriman.
    Cara yang tepat untuk menentukan harga produk agar tidak kalah bersaing yaitu dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui produk yang ditetapkan pesaing di pasar-pasar. Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen.

    4. Dalam menjalankan bisnis dibutuhkan rasa kepercayaan diri dan tekad kuat untuk menggapai kesuksesan tersebut. memang tidak ada salahnya juga berangan-angan. maka diperlukan jiwa-jiwa yang berani dan tidak takut gagal.

    5. menurut saya peluang bisnis yang menjanjikan pd tahun 2020 adalah bisnis cafe and food beverage. melakukan penawaran produk standar dengan pengemasan yang berbeda dan lebih modern atau justru dengan berani menggubah jajanan atau penganan yang berbeda dengan tampilan dan rasa yang menimbulkan rasa penasaran. Ide lain dalam poin ini dengan mencoba menemukan food heritage dari suatu daerah dan mengemasnya secara modern untuk masuk dalam pasar kelas menengah yang lebih matang.

  3. 1, kalo menurut saya, perusahaan tersebut menerima pesanan itu tetapi diharuskan orang tersebut memberikan uang muka terlebih dahulu agar bias membeli bahan baku, dan untuk tempo pemesanan dapa dilakukan kesepakatan antara pembeli dan pelaku umkm tersebut.

    2. menurut saya itu sudah tentu pelaku umkm tidak melakukan pencatatan keuangan. hal tersebut menyebabkan peusahaa tidak mengetahui apakah perusahaan tersebut mengalami keuntungan atau krugian. itu sangat mengakibatkan hal yang sangat fatal. seharusnya pelaku umkm melakukan pencatatan keuangan agar meminimalsir kerugian perusahaan.

    3. Yang perlu dilakukan adalah mengitung biaya produksi dan unit yang diproduksi. hal itu dapat menentukan harga produk yang dijual . Agar barang tersebut tidak kalah saing dipasaran perusahaan hareus melakukan observasi terlebih dahulu, barang tersebut biasanya dijual dengan harga berapa. nah itu untuk mempertimbangkan perusahaan menjual produk, tinggal berapa keuntungan yang akan diambil perusahaan agar produk tidak kalah saing dengan produk lain.

    4. Dengan modal yang dimiliki, tergantung bisnis apa yang akan dia lakukan jika memang membutuhkan modal yang sangat besar dia bisa mengajukan kredit khusus untuk membuka usaha, tetapi sangat perlu dipikirkan sekali jangka panjang jika melakukan peminjaman uang di bank maupun non bank karena itu sanat mempengaruhi perusahaan di masa yang akan datang.

    5. kalau menurut saya jika ingin membuka usaha kita lihat keahlian kita apa, dan apa yang bisa kita kerjakan. pikirkan dengan baik bagaimana modalnya apasaja peralatan yang dibutuhkan bagaimana karyawannya, tempat jualannya dan sebagainya, semua harus dipikirkan dengan matang. kalau menurut saya bisnis yang sedang diminati adalah bisnis kuliner. bisnis yang bisa diminati oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. selain itu kita juga harus mengikuti tren yang terus berkembang, agar tidak kalah saing dengan bisnis yang ada.

  4. 1. solusi nya adalah dengan melakukan kemitraan antar pengusaha sejenis, contoh UMKM A menerima pesanan sebesar 100 pcs, perusahaan A bisa mengerjakan 50 pcs/25pc, sisanya dikerjakan oleh umkm yang sejenis.
    2. Penyebab nya adalah UMKM tersebut tidak menggunakan Laporan Keuangan untuk usahanya. Solusi nya adalah UMKM harus mulai menggunakan Laporan Keuangan setiap bulannya. Jika tidak mengerti akan penggunaannya, ikuti sosialisasi tentang UMKM atau sekarang juga sudah banyak cara digital untuk belajarnya agar lebih mudah dalam menggunakan laporan keuangan.
    3. – konsumen
    UMKM harus mengetahui tipe-tipe konsumen yag kelak akan menjadi pelanggan umkm itu sendiri. diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen kelas ekonomi menengah kebawah dang menengah keatas agar terjadi keseimbangan.
    – harga jual produk pesaing
    sebelum menetapkan harga, sebaiknya umkm melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihar harga-harga produk para pesaing yang ada dipasara. setelah menemukan rata-rata harga produk dari para pesaing, baru lah pelaku usaha menentukan harga yang sama dengan pesaing atau bisa lebih tinggi sedikit dengan para pesaing tapi dengan kualitas bahan baku yang bagus juga.
    – biaya hasil produksi
    biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan sampai produk sampai akhir diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam menetukan harga produk. jangan sampai perusahaan mengalami kerugian atas penetapan harga jual produknya. adapun biaya-biaya yang harus dikeluarkan : biaya produksi, biaya pemasaran. biaya operasional, biaya pengiriman.
    4. – mengajukan proposal usaha
    mengajukan tawaran untuk mendapatkan tambahan modal usaha bisa dilakukan dengan mengirimkan proposal kerjasama kepada instansi pemerintah maupun pemilik mdal untuk diajak ikut berinvestasi.
    – peminjaman bank
    bank adalah salah satu pihak yang bisa diandalkan untuk memperoleh pinjaman modal, jika investor atau orang terdekat kita tidak memungkinkanuntuk membantu kita dalam hal keuangan.
    5. hal-hal yang perlu disiapkan sudah pasti modal yang utama, lalu laporan keuangan. karena laporang keuangan sangat penting bagi setiap pelaku usaha bukan hanya perusahaan besar saja yang harus memiliki laporan keuangan tetapi umkm pun harus menggunakannya, selanjutnya adalah analilis konsumen, dan biaya dari setiap produksinya. usaha yang cocok untuk ditahun 2020 mungkin dengan mengikuti trend dimasa tersebut. karena perkembangan zaman cepat sekali, kita tidak dapat menentukan dimasa yang akan datang kehidupan umkm seperti apa. kita harus menganalisis konsumen terlebih dahulu pada masa itu baru kita akan menentukan usaha apa yang kira-kira cocok untuk tahun tersebut.

  5. Pemecahan permasalahan dari saya :
    1. Dengan pertimbangan cost and benefit, saran dari saya (sebagai konsultan pelaku UMKM) adalah menerima pesanan tersebut. Pemecahan masalah UMKM tersebut ialah dengan menambah mesin produksi yang dibeli dengan cara sebagian dibayar tunai dengan kas, dan sebagian dibayar dengan utang. Hal ini saya sarankan karena, pesanan tersebut merupakan peluang yang menguntungkan. Satu sisi menjadi pendapatan dan sisi lain dapat menambah faktor produksi sehingga ketika kedepan terdapat pesanan dapat dilayani dengan baik.
    2. Bisa dipastikan pelaku UMKM belum mengetahui atau/ dan tidak membuat Laporan Keuangan. Yang dapat disarankan ialah belajar cara membuat laporan keuangan minimal yang sederhana yaitu pencatatan uang masuk dan uang keluar. Atau dapat mempekerjakan akuntan/ konsultan UMKM seperti saya.
    3. Yang sebaiknya pelaku UMKM lakukan ialah menyusun HPP atau Harga Pokok Penjualan, melalui beberapa faktor penentu HPP yaitu, harga modal/ harga dasar produk, biaya biaya yang menyertai (seperti biaya/ beban angkut, cukai dsb). Cara yang tepat untuk menentukan harga agar dapat bersaing ialah dengan menggunakan bahan baku yang murah sehingga dapat menekan harga jual produk.
    4. Dengan modal finansial yang terbatas pelaku UMKM dapat menjalankan rencana bisnisnya dengan cara menggaet pihak ketiga sebagai pemodal awal, dalam hal ini yang bisa saya contohkan adalah INKUBATOR UNY bersama Prof. Nahiyah. Atau dapat mengikuti lomba bisnis plan untuk mengejar pembinaan bisnisnya.
    5. Usaha baru apa yang sebaiknya dijalankan oleh Pelaku UMKM adalah usaha yang tidak jauh dari industri usaha yang sebelumnya, misal sebelumnya usaha toko pakaian maka usaha yang saya sarankan ialah toko dengan produk yang berbeda, misal toko bahan baku pakaian atau alat jahit. Namun jika pelaku UMKM suka dengan tantangan maka industri apa saja dapat menjadi sebuah peluang usaha. Pada tahun 2020 setiap usaha dapat menjadi peluang keuntungan hanya tergantung pada teknik pemasaran dan ciri khas dari produk yang akan menjadi penentu keuntungan.

  6. 1. Menurut saya, sebaiknya UMKM menerima pemesanan dengan menawarkan kesepakatan dgn pembeli agar penyerahan barang dilakukan 2 tahap. Selain itu, UMKM dapat meminta uang muka pada pembeli untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Besarnya uang dapat disesuaikan.
    2. Menurut saya, kejadian disebabkan oleh pelaku UMKM yg tidak melakukan pencatatan atas transaksi yang sedang terjadi. Selain itu, hal yg dapat terjadi akibat tidak ada pemisahan antara uang usaha dan uang peribadi, sehingga seringkali perhitungan yang tidak jelas membuat pelaku UMKM tidak mampu menilai usahanya sendiri. Solusi yang bisa saya tawarkan adalah pelaku UMKM dapat memulai untuk melakukan pencatatan sederhana mengenai penjualan dan biaya yang dikeluarkan agar tidak lupa. Selain itu, pelaku UMKM tersebut dapat mulai menyisihkan uang yang diperuntukkan untuk usaha dan mencatatnya, sehingga dapat diketahui secara pasti aset yang dimiliki perusahaan tersebut.
    3. Hal pertama yang harus diketahui oleh pemilik UMKM adalah biaya produksi dan juga unit produksi. Apabila terlalu rumit untuk memisahkan biaya tetap dan biaya variabel, maka bisa dihitung secara sederhana saja (misalnya menghitung biaya sekali produksi) kemudian dibagi unit yang dihasilkan. Setelah dihitung, maka akan diketahui harga pokok produksi. Untuk membuat harga bersaing, kita dapat menambahkan mark up secara wajar. Misalnya 15% dari harga pokok atau dapat dilakukan observasi untuk mengetahui harga rata-rata untuk barang tersebut di pasar. Faktor yang mempengaruhi harga barang adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan Biaya Operasional lainnya.
    4. Menurut saya, memulai UMKM sebaiknya disesuaikan dengan modal yang dimiliki itu sendiri. Apabila memang diperlukan untuk penambahan modal, maka bisa dipenuhi dengan kredit. Akan tetapi perlu dipikirkan secara matang untuk jangka waktu, biaya bunga, dan sebagainya. Selain itu, perlu dihitung secara pasti perbandingan modal yang dibiayai dengan uang sendiri dan modal yang dibiayai dengan kredit. Jangan sampai, modal yang berasal dari kredit lebih besar dari modal yg dimiliki sendiri.
    5. Dalam memulai usaha, menurut saya bisa dimulai dengan hal yang disukai atau sesuai passion. Selain itu, dapat dilakukan analisis pasar atau pengamatan terkait selera masyarakat dan juga hal yang sedang trend. Bisa juga berawal dari keresahan diri sendiri atau orang lain. Menurut saya di tahun 2021 nanti usaha yang memiliki peluang besar adalah usaha yang berkaitan dengan memudahkan orang lain, misalnya jasa cuci helm, atau usaha yang ramah lingkungan seperti produksi barang alami, kemasan ramah lingkungan, dsb. Hal tersebut didasarkan dengan pola masyarakat yang semakin tidak mau ribet tetapi juga semakin peduli lingkungan. Aspek keuangan yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha adalah struktur modal, biaya, dan juga perkembangan usaha yang dapat diukur salah satunya dari laba. Selain itu, sistem keuangan yang teratur juga dapat membantu usaha agar dapat jelas dan terukur.

  7. 1. Menurut saya, umkm menerima pesanan tersebut dengan melakukan pinjaman terhadap bank dengan bunga yang rendah atau pinjaman KUR, untuk menambah mesin, sehingga saat ada pesanan yang banyak jg tidak terlalu kebingungan karena mesin juga dpt bertahan lama dan hanya memerlukan biaya perawatan
    2. Karena tidak adanya laporan keuangan yang jelas, mau tidak mau harus belajar bagaimana mencatat keuangan yang baik , atau tidak pemilik umkm memperkerjakan seorang akuntan.
    3. Harus menentukan HPP agar keuntungan juga jelas, tetapi untuk menentukan HPP harus sudah menerapkan laporan keuangan dengan baik. Melakukan survey produk pesaing dan melihat pesaing memasang harga berapa dan berapa harga di pasaran
    4. Memaksimalkan finansial yang ada sesuai yg bisa dilakukan, dan mematangkan rencana usaha apa yang akan dilakukan dengan finansial yang ada. Karena persiapan yang matang akan mengurangi resiko yang ada.
    5. Usaha yang paling cocok di 2020 menurut saya adalah, semua usaha sangatlah cocok karena itu kembali kepada bagaimana persiapan yang sudah disiapkan oleh pelaku. Yang harus disiapkan adalah, modal, konsep usaha, produk yang ingin dipasarkan dan yg tidak kalah penting adalah promosi. Promosi untuk saat ini jangan melupakan menggunakan internet, karena dgn internet jangkauan pasar tidak terbatas

  8. 1. pelaku UMKM tidak boleh menyianyiakan kesempatan tersebut (opportunity cost), solusi yang akan saya sarankan adalah menyewa mesin dengan kapasitas yang sama dengan mesin yang telah dimiliki. karena dengan menyewa mesin akan lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin baru. dan mengapa saya menyarankan mesin dengan kapasitas yang sama, agar tidak terjadi over invested yang akan menjadikan investasi yang dilakukan sia-sia. saya tidak akan menyarankan Pelaku UMKM untuk melakukan pembelian mesin baru, selain pengeluaran yang dilakukan akan lebih banyak, juga karena pesanan dalam partai besar tersebut belum tentu akan selalu diterima (belum stabil), sehingga investasi yang akan dilakukan tidak sia-sia.
    2. penyebab Utama Pelaku UMKM tidak mengetahui jumlah laba atau rugi yang dialaminya adalah tidak adanya pencatatan serta perhitungan yang akurat. sesederhana apapun pencatatan yang dilakukan sudah sangat berperan penting dalam UMKM, sebagai patokan segala kebijakan yang akan diputuskan. solusi yang saya sarankan adalah dilakukannya pencatatan pada setiap aktivitas yang menyangkut usaha yang dilakukan termasuk prive oleh pemilik UMKM sendiri, agar diketahui secara akurat berapa jumlah laba ataupun rugi yang dialami Pelaku UMKM dengan tepat.
    3. dalam penentuan harga, pertama-tama yang harus diperhatikan oleh Pelaku UMKM adalah menghitung total biaya produksi (fixed cost dan variable cost) untuk setiap unit produknya. lalu tentukan seberapa besar margin yang akan diambil dari setiap produk yang dijual.
    Jadi, Harga Produk = Biaya Produksi + Margin = (Fixed Cost+Variable Cost) + Margin
    Namun, hal yang tidak boleh dilupakan dalam penentuan harga adalah harga pasar yang ada di pasar, bandingkan kualitas yang produk yang kita miliki dengan kualitas produk yang telah ada di pasar, apakah produk kita pantas memiliki harga yang lebih mahal/ lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. Pelaku UMKM harus berani mempertaruhkan harga (lebih mahal) jika memang kualitas produk yang akan dirilis di pasar jauh lebih baik dibandingkan dengan produk yang telah lebih dulu ada di pasar.
    4. Jika Calon Pelaku UMKM memiliki kesulitan finansial, solusi pertama yang saya sarankan adalah dengan meminjam uang dari kreditur, karena pada awal usaha akan sangat sulit mendapatkan investor yang akan percaya pada Pelaku UMKM yang baru akan merilis usahanya.
    5. Dalam penciptaan usaha baru yang paling penting untuk diperhatikan adalah demand pasar. dari demand tersebut perlu digali apa saja yang belum banyak supplier nya. dari situ kita bisa ciptakan peluang besar bagi usaha baru tersebut.
    Pada 2020 orang-orang akan lebih focus pada karir yang mereka miliki, untuk menunjang hal tersebut orang-orang harus menjaga kesehatannya dengan gaya hidup sehat yaitu berolahraga yang praktis dan efisien dan juga menjaga makanan yang mereka konsumsi.
    Dari sini ide yang muncul adalah menyediakan makanan sehat (dengan memperhatikan kalori yang dibutuhkan konsumennya) yang akan diantarkan langsung kepada konsumennya dimana saja (kantor, rumah, tempat olahraga, dll.)
    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha tersebut adalah
    – mitra usaha, mulai dari kreditur, investor, dll.
    – distributor bahan-bahan produksi yang dibutuhkan, (langsung dari produsennya/petaninya) dll.
    – investasi pada peralatan yang akan diperlukan dalam aktivitas usaha
    – menentukan target pasar produk se-spesifik mungkin
    – memperhitungkan pengeluaran dalam hal-hal kecil (ongkos kirim, dll)
    – taat dalam pecatatan setiap aktivitas yang dilakukan yang menyangkut usaha, termasuk prive sekecil apapun
    – berikan Batasan kepada diri sendiri (sebagai pelaku usaha) dalam melakukan pengeluaran-pengeluaran yang bisa diminimalisir

  9. 1. menurut saya, UMKM tersebut menolak pesanan karena perbandingan antara cost and benefit yang tidak seimbang sehingga pesanan tersebut jangan diambil atau ditolak. Selain alasan tersebut UMKm tersebut juga tidak memiliki persediaan yang mencukupi dan mesin produksinya juga hanya mampu memproduksi sepertiga dari pesanan yang diterima sedangkan kas mereka tidak mencukupi untuk membeli mesin baru.
    2. penyebab terjadinya kasus tersebut adalah UMKM tidak melakukan pembukuan sehingga tidak tau apakan mengalami kerugian atau keuntungan. Solusi dari kasus tersebut adalah membuat laporan keuangan, kalau masih kesulitan dalam menuliskan laporan keuangan bisa mendownload aplikasi SiApik( sistem aplikasi pencatatan informasi keuangan) yang dibuat oleh bank Indonesia atau bisa juga bila ada sosialisasi mengenai pembukuan sebaiknya mengikuti.
    3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga produk
    a. Target konsumen yang dituju itu siapa
    b. Biaya yang dikeluarkan saat memproduksi
    c. Harga jual produk pesaing (produk yang hampir sama)
    cara yang tepat untuk menentukan harga produk agar tidak kalah bersaing adalah kualitas dari produk itu sendiri harus berbanding dengan harga selain itu juga cara pemasarannya harus menarik sehingga konsumen tertarik dan membeli produk yang kita jual. Pelayanan pada konsumen juga bisa menentukan harga produk.
    4. yang harus dilakukan oleh calon pelaku usaha tersebut agar usaha yang dijalankan sesuai dengan yang diharapkan bisa saja meminjam uang terlebih dahulu ke bank ataupun badan yang meminjamkan modal untuk usaha atau bisa juga membuat proposal kerjasama kepada pihak-pihak yang bisa mendukung jalannya usaha yang akan dilakukan.
    5. menurut saya usaha yang dijalankan untuk tahun 2020 adalah usaha makanan karena kebanyakan orang kalau berpergian pasti juga mencari tujuan untuk makan, tetapi harus memilih tempat yang strategis. Dari sisi keuangan pemilik UMKM harus membuat pembukuan yang detain dan rinci sehingga mengetahui apakah usaha tersebut mendapatkan laba atau rugi.

  10. 1. Menerima dengan mencari UMKM sejenis lain dan melakukan kemitraan dengan mereka. Strategi ini dilakukan oleh pelaku usaha riil. Syaratnya adalah adanya SPK (Surat Perintah Kerja) dari pembeli. Di SPK akan jelas terlihat spek dan jumlah barang yang harus disediakan, dan termin pembayaran.Cost: akan ada tambahan waktu yang harus diluangkan untuk membuka koneksi dan membangun kerjasama.Benefit: uang dan trust (karena berhasil eksekusi program).
    2.Pemilik tidak dapat menjelaskan secara rinci dan pemilik juga tidak mengetahui apakah selama ini perusahaan pernah mengalami rugi atau tidak, penyebabnya karena pelaku UMKM tidak menggunakan system akuntansi
    solusinya adalah dengan mempelajari ilmu akuntansi dan bisa juga merekrut mahasiswa akuntansi
    3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan harga produk ada 2 yaitu factor internal dan factor eksternal. Factor internal seperti sasaran pemasaran, strategi marketing,biaya. Factor eksternal seperti. Pasar dan permintaan;biaya,harga dan tawaran pesaing; dan inflasi,tingkat bunga
    Solusinya adalah mengetahui kualitas produk yang dihasilkan ,mnetapkan harga rendah mencatat dan mengidentifikasi semua biaya yang telah dikeluarkan.
    4. Caranya adalah perhatikan kualitas,kenali target pasar,kreativitas,inovasi dan cantumkan testimonial pelanggan
    5. untuk tahun 2020 usaha apa yang cocok dijalankan dan hal-hal apa saja khususnya sisi keuangan yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha tersebut adalah bekerja sama dengan pihak e commers atau bisa juga membuat aplikasi e-commers.

  11. 1. Menurut saya, dengan kondisi yang dipaparkan di atas, perusahaan sebaiknya sudah memperkirakan dan mengatur dengan matang terkait tingkat persediaan dalam jumlah, mutu, dan waktu yang tepat. Seharusnya perusahaan memerlukan pengendalian persediaan bahan yang efektif dan efisien, Salah satunya adalah dengan cara mengadakan persediaan pengaman (Safety Stock) untuk melindungi atau menjaga kemungkinan terjadinya kekurangan bahan (Stock Out). Jika kondisi perusahaan seperti diatas, perusahaan dapat menambah pesanan yang diterima, tetapi tidak harus untuk membeli mesin. Cara lain selain membeli mesin untuk menghemat saldo kas adalah dengan cra menyewa mesin.

    2. Penyebab utama dari kasus UMKM ini adalah tidak tersusunnya laporan keuangan perusahaan dengan baik. Laporan keuangan bertujuan untuk menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen. Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, otomatis perusahaan tidak akan mengetahui rincian aset yang dimiliki termasuk investasi jangka panjang dan aset pajak tertanggung yang sangat berharga untuk pengembangan usaha dan pengurangan pajak yang bisa didapat di kemudian hari. Selain itu, akan sulit bagi perusahaan untuk dapat memperoleh laporan terperinci sehingga ada kemungkinan besar perusahaan akan salah menempatkan asumsi harga penjualan, sehingga berakibat pada perolehan profit yang terlalu rendah atau harga barang yang teralu mahal. Maka dari itu mengapa laporan keuangan ini sangat penting bagi perusahaan.
    Solusi yang tepat bagi perusahaan yaitu mulai untuk menyusun laporan keuangan dengan baik dan terperinci sehingga perusahaan dapat melihat kondisi perusahaan dan menyusun strategi yang tepat untuk perusahaan.

    3. Pemilik UMKM harus melakukan target konsumen terlebih dahulu ketika ingin memulai suatu usaha. Pemilik UMKM harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan UMKM tersebut dan melakukan pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. Selain itu, pemilik UMKM harus melakukan riset terlebih dahulu Sebelum menetapkan harga jual produk, hal ini dilakukan untuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen. Menurut Swastha (1999), menyatakan faktor-faktor yang mempengaruhi harga meliputi:
    1. Keadaan perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku, seperti periode resesi misalnya inflasi harga naik, defaluasi harga akan turun. Dengan terjadinya nilai rupiah terhadap nila dollar menyebabkan barang-barang mengalami kenaikan.
    2. Penawaran dan permintaan dimana dengan adanya permintaan yang besar terhadap suatu barang tertentu akan mengakibatkan harga barang tersebut meningkat, sedangkan apabila penawaran terhadap suatu produk meningkat maka harga akan naik.
    3. Elastisitas permintaan dapat juga dikatakan sifat permintaan pasar, sifatnya tidak hanya berpengaruh pada penetuan harga tetapi mempengaruhi volume yang dijual apabila terjadi kenaikan harga maka penjualan akan turun dan sebaliknya.
    4. Persaingan dimana harga jual suatu barang juga dipengaruhi oleh keadaan yang persaingan yang ada antara lain persaingan murni, pada persaingan murni banyak penjual dan pembeli dalam pasar persaingan tidak sempurna yaitu ada barang sejenis dalam pasar dengan merk yang berbeda-beda. Oligopoli, adanya beberapa penjual menguasai pasar sedangkan monopoli jumlah penjual yang ada di pasar hanya satu, sehingga penentuan harga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti permintaan barang yang bersangkutan, harga barang substitusi atau pengganti, peraturan harga dari pemerintah.
    5. Biaya merupakan dasar penentuan harga dalam penentuan harga. Sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian, apabila suatu tingkat harga melebihi semua biaya akan menghasilkan keuntungan.
    6. Tujuan perusahaan, setiap penentuan harga selalu dikaitkan dengan tujuan perusahaan yang hendak dicapai antara lain: laba maksimum, volume penjualan, penguasaan pasar, kembalinya modal yang tertanam dalam jangka waktu tertentu.
    7. Pengawasan pemerintah, pengawasan ini dapat berupa penentuan harga maksimum dan minimum, deskriminasi harga, serta praktekpraktek lain yang mendorong atau mencegah usaha-usaha ke arah monopoli.
    Jika konsumen lebih mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai variasi yang berbeda, sesuai dengan trend zaman kini. Dengan begitu, harga jual produk akan relatif lebih murah.

    4. Jika pelaku usaha memiliki modal financial yang terbatas untuk memulai usahanya, pelaku usaha tersebut tidak perlu untuk berkecil hati. Berapapun modal yang kita miliki untuk memulai suatu usaha, jika kita melakukan penyusunan yang baik dalam memulai usaha maka usaha tersebut juga dapat berkembang secara perlahan-lahan pula. Suatu usaha dapat dimulai dari niat dan kesungguhan yang besar dan diimbangi dengan Pengorganisasian yang terencana dengan baik, hal ini bisa dapat membantu untuk memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan membuat daftar kerja atau jadwal kerja. Dengan demikian maka Anda dapat mengevaluasi dan memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan. Kemudian modal utama bagi seorang pelaku usaha yang ingin memulai usahanya adalah untuk Berpikir kreatif. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha untuk dapat memenangkan kompetisi pasar. Berpikir kreatif dengan bersedia menampung ide-ide baru, dan terus menambah wawasan dapat gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

    5. Untuk menentukan pilihan usaha yang tepat bagi pemula, ada banyak hal-hal yang harus diiperhatikan dalam menentukan pilhan usha diantaranya:
    1. Memperhatikan Lokasi
    Jika kita telah memilih tempat lokasi untuk dijadikan tempat usha, maka kita harus mengetahui produk apa yang dijual oleh para pesaing sehingga
    kita bisa mendirikan usaha yang berbeda dengan usaha yang telah didirikan oleh orang lain. Tujuannya adalah agar usaha yang akan kita dirikan menempati posisi jenis usaha baru di sekitar lokasi tersebut.jika belum meiliki tempat usaha, kita harus menentukan lokasi usaha yang beluum ada jenis usaha yang akan kita dirikan.
    2. Membuat Daftar Bidang Usaha
    Jika kita membuat beberapa daftar bidang usaha yang akan kita pilih, kita dapat mengetahui jenis usaha apa saja yang belum banyak didirikan orang lain. Setelah menemukan beberapa daftar bidang usaha, tentukan bidang usaha apa yang paling sesuai dengan lokasi dan kemampuan kita.
    3. Mempelajari Bidang Usaha Yang Telah Dipilih
    Setelah memilih bidang usaha apa yang akan kita ambil, pelajari lagi bidang usaha yang telah dipilih tersebut sampai kita memahaminya agar usaha yang kita pilih bisa dengan mudah kita dirikan.
    Menurut saya usaha yang paling tepat untuk didirikan pada tahun 2020 adalah usaha kuliner karena seperti yang kita ketahui saat ini makanan adalah kebutuhan pokok utama bagi seorang manusia. Manusia tidak dapat melangsungkan hidupnya jika tidak memiliki asupan makanan untuk tubuhnya sehingga usaha kulner ini adalah usaha yang sangat cocok untuk didirikan bahkan tidak hanya untuk tahun 2020 saja melainkan untuk selamanya. Terlebih lagi saat ini sangat banyak sekali akses untuk menjangkau makanan yang diinginkan dengan konsumen dengan canggihnya teknologi sehingga manusia memiliki berbagai macam pilihan untuk variasi makanan dan minuman. Bisnis kuliner ini memeiliki peluang yang besar asalkan kita harus kreatif untuk dapat bersaing dengan produk makanan unik yang lainnya.
    Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pemilik usaha harus memikirkan untuk menyusun laporan keuangan dalam kegiatan ushannya, sehingga kegiatan usahannya tidak menjadi usaha yang “asal jalan” melainkan menjadi usaha yang professional dan terperinci. Ketika suatu usaha memiliki laporan keuangan yang rapid an terperinci, menandakan bahwa usaha tersebut memiliki kualitas dalam pengontrolan kegiatan usahannya.

  12. 1. Dalam hemat saya, ada baiknya pesanan diterima, bila dirasa slah satu sumberdaya yaknimesin jumlahya kurang, maka bisa mangajukan kredit pada pihak ketiga untuk memenuhi pesanan. keuntungan diperolah, dan aset bertambah.
    2. penyebabnya ilah tidak disusunya laporan keunganyang jelas dan terstruktu. pelaku UMKM eprlu menyusun laporan keuangan.
    3. penjual harus menperhitungkan harga beli produk da baiya pengiring produk, serta agara tidak kalah saing perlu juga memperhatiakn harga yag ditawarkan pesaing.
    4. menyesuakina bentuk usaha sesaui dengan modal, bila dirasa cukup berani dapat mengajukan kredit usaha.
    5. usaha yang cocok di tahun 2020 mendatang ilaang usaha yang “anak muda banget” seperti gamspacing, workspace, coffeeshop dan lainnya. laporan kaungan yang baik adalah sebuah keharusan, nam lebih dari itu calon pengusaha juga perlu puya perencanaan yang matang aka usaha dan keuangannya.

  13. 1. Pesanan tersebut merupakan peluang yang amat saying jika di tolak begitu saja. Maka meski kapasitas mesin hanya sepertiga dari total pesanan, UMKM tetap harus mempertimbangkan untuk menerimanya demean catatan:
    a. UMKM tersebut bisa melakukan out coursing untuk proses produksi yang tidak mampu ia tangani sendiri, atau
    b. UMKM tetap melakukannya dengan mesin yang ia miliki. Namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama.
    Jika tidak ada perusahaan lain yang bisa menyediakan jasa out coursing dan waktunya terbatas, maka UMKM bisa melakukan negosiasi dengan pemesan agar sepertiga pesanan dipesan ke UMKM tersebut, dan dua pertiganya bisa diusulkan untuk dipesan di perusahaan sejenis lainnya.
    2. Hal ini terjadi karena tidak adanya pencatatan akuntansi / pencatatan keuangan perusahaan. Solusinya adalah perusahaan memulai mencatat setiap kejadian/peristiwa khususnya yang berkaitan demean produksi/keuangan dalam perusahaan.
    3. Pemilik harus mulai menganalisis biaya produksinya dan kemudian menyusun harga produk demean beberapa hal yang harus diperhatikan.
    Faktor yang mempengaruhi harga produk adalah biaya produksi dari produk tersebut. Biaya produk terdiri atas biaya tetap dan biaya variable. harga produk akan ditentukan oleh seberapa besar presentasi laba yang ingin diraih perusahaan dari biaya produk tersebut.
    Beberapa cara menentukan harga produk agar tidak kalah saing:
    a. Lihat harga-harga produk sejenis di pasaran. Jika barang kita mirip demean yang ada di pasaran, maka harga yang kita tawarkan tidak boleh beda jauh dari harga di pasaran. Jika barang kita memiliki spesifikasi khusus, maka bisa lebih dinaikkan demean catatan masih dalam jangkauan target pasar kita.
    4. Menyusun rencana bisnis baik dari sisi pemasaran, produksi, keuangan, juga SDM demean baik. Visioner tapi tetap realistis. Bisa juga demean mengajak kerjasama pihak lain yang sekiranya mampu memberinya tambahan modal.
    5. Menurut saya, usaha yang cocok adalah usaha yang bergerak di media online. Apa saja, tapi menggunakan system online. Bisnis-bisnis yang memudahkan konsumen menemukan apa yang ia cari hanya demean menggunakan smartphone.
    Dari sisi keuangan yang harus dipertimbangkan adalah bahwa pada tahun 2020, uang yang berbedar sudah tidak lagi hanya uang cash, tapi juga e-money. Segala bentuk transaksi akan sangat banyak menggunakan e-money. Jadi, proses pencatatan keuangan perusahaan juga harus mulai melakukan penyesuaian. Misalnya, “Kas” perusahaan yang dinggap liquid tidak saja hanya “uang” yang saat ini dipegang perusahaan, tapi juga “uang” dalam bentuk e-money.

  14. 1. Menurut saya, sebaiknya UMKM tersebut tetap menerima pemesanan dalam jumlah besar dengan menawarkan kesepakatan dengan pembeli dengan mengirim pesanan tidak secara langsung tetapi beberapa kali kirim.
    2. Menurut saya, hal yang menyebabkan pelaku UMKM tidak dapat menjelaskan secara rinci apakah UMKM tersebut mengalami laba atau rugi karena pelaku UMKM tidak menerapkan akuntansi dalam pencatatan transaksi yang terjadi. Solusinya adalah pelaku UMKM harus belajar mengenai pencatatan akuntansi mengenai laporan laba atau rugi agar dapat mengetahui apakah UMKM tersebut laba atau rugi
    3. Hal pertama adalah mengetahui biaya produksi dan berapa unit yang akan di produksi. Apabila terlalu rumit untuk memisahkan biaya tetap dan biaya variabel, maka bisa dihitung secara sederhana saja (misalnya menghitung biaya sekali produksi) kemudian dibagi unit yang dihasilkan. Setelah dihitung, maka akan diketahui harga pokok produksi. Untuk membuat harga bersaing, kita dapat menambahkan mark up secara wajar.
    4. Menurut saya, untuk membangun UMKM diusahakan menggunakan modal seadanya atau modal yang dimliki pelaku. Jika modal sendiri kurang bisa juga untuk pijam modal dari luar seperti kredit bank dll.
    5. Dalam memulai usaha, dapat dimulai dengan hal yang disukai atau sesuai passion. Selain itu, dapat dilakukan analisis pasar atau pengamatan terkait selera masyarakat dan juga hal yang sedang trend. Bisa juga berawal dari keresahan diri sendiri atau orang lain. Menurut saya di tahun 2020 nanti usaha yang memiliki peluang besar adalah usaha kuliner, pengolahan limbah (sampah plastik), dan jasa pelayanan.

  15. 1. Menurut saya, umkm memiliki keterbatasan kas untuk membeli mesin baru bisa diatasi dengan pinjaman di bank, mesin sebagai investasi, sehingga tidak mengalami kerugian, pendapatan akan bertambah seiring dengan bertambahnya permintaan dari pelanggan karena tidak terkendala lagi dengan kapasitas produksi mesin jadi bisa menerima pesanan pelanggan.
    2. menurut saya mindset pelaku umkm sudah terpaku hanya sebatas balik modal dan yang penting tidak rugi, sehingga mereka mengaggap bahwa pembukuan akuntansi itu sesuatu hal yang tidak penting dan hanya membuang buang waktu, solusi dari saya perlu diadakan sosialisasi pentingnya pembukuan akuntansi untuk mengetahui progres umkm apakah laba dan rugi bagi umkm sehingga pelaku umkm mengerti tentang sistem pembukuan akuntansi, kemudian ketika umkm berkembang lebih pesat lagi cobalah untuk merekrut seorang akuntan sehingga pelaku umkm tinggal memantau langkah apa yang harus diambil untuk kedepannya.
    3. Tentunya untuk menentukan harga produk baru kita harus mempertimbangkan biaya produksinya, selain itu melihat harga kompetitor, kemampuan konsumen untuk membeli dan laba yang diharapkan berapa. Agar tidak kalah saing dengan kompetitor kita harus benar benar memperhatikan kualitas, prinsip dalam usaha memang menekan biaya produksi dan mendapatkan laba maksimal, tetapi kadang kurang memperhatikan kualitas produk.
    4. Memanfaatkan finalsial yang ada sebaik mungkin, dengan perencanaan yang jelas, meminimalisir kesalahan kesalahan yang menyebabkan kerugian.
    5. Menurut saya, usaha yang cocok dijalankan bisnis kuliner, seperti kedai kopi. mengikuti perkembangan zaman kopi sangat diminati oleh semua kalangan dari yang tua sampai yang muda muda, dengan melakukan inovasi baru atau dengan perpaduan makanan atau bisa juga dengan menjual suasana tempat. Untuk sisi keuangan secara khusus memang modalnya untuk bisnis ini tidak sedikit karena perlu membeli peralatan peralatan seperti mesin kopi, namun jika dilihat prospek kedepan labanya juga lumayan karena banyaknya peminat.

  16. 1. Menurut saya UMKM sebaiknya menerima pesanan tersebut, karena itu merupakan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan laba. Meskipun kapasitas mesin terbatas UMKM bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain yang mampu memenuhi kebutuhan pesanan dengan negosiasi harga yang sesuai.
    2. Menurut saya, keadaan tersebut dikarenakan UMKM belum mengetahui tata cara menyusun laporan keuangan yang terstruktur. Solusi untuk hal ini adalah dengan cara UMKM harus mulai belajar cara menyusun laporan keuangan yang memang dibutuhkan.
    3. Hal pertama yang harus dilakukan UMKM ketika akan menentukan harga produk adalah menghitung HPP produk. Secara sederhana UMKM dapat menjumlahkan biaya tetap dan biaya variabel dibagi kuantitas barang yang dihasilkan. Dengan begitu UMKM akan mendapatkan gambaran berapa biaya yang ia keluarkan untuk membuat 1 produk. Setelah itu UMKM dapat menentukan sendiri berapa persen ia ingin mendapat keuntungan. Factor lain yang bisa dijadikan peertimbangan UMKM dalam menentukan harga adalah factor pesaing, umkm harus mengamati harga yang berlaku saat itu.
    4. Calon pelaku usaha yang memiliki modal financial yang terbatas bisa memulai kegiatan usaha mereka dengan sistem jual-beli pre order. Dimana konsumen melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk kemudian dibuatkan barang yang konsumen inginkan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, para calon pengusaha ini jkuga dapat melakukan pinjaman ke bank apabila mereka memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai usahanya.
    5. Dalam menentukan pilihan usaha apa yang akan dipilih, menurut saya sebaiknya umkm memilih jenis usaha yang memang ia minati atau sukai, dengan begitu ia akan menjalankan bisnis tersebut tanpa tekanan. Adapun bisnis yang cocok untuk tahun 2020 menurut saya adalah bisnis di bidang fashion, karena peluang untuk melakukan inovasi dalam bisnis fashion sangat besar. Sisi keuangan yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha tersebut adalah adanya ketersediaan modal yang cukup.

  17. 1. Menurut pendapat saya, dalam bisnis kita tidak boleh menolak pelanggan, bahkan apabila barang yang diinginkan pelanggan habis kita masih harus menawarkan pilihan barang lain yang serupa karena itu akan mempengaruhi jalannnya usaha kedepannya dan juga citra usaha tersebut. Saran saya umkm dapat melakukan salah satu dari dua pilihan ini yakni membeli mesin baru secara kredit dengan berbagai resiko namun dapat invest juga kedepannya atau melobi pelanggan agar tenggat waktu penyediaan barang dapat terenuhi dengan menggunakan mesin lama
    2. Masalah ini dapat terjadi karena pengelolaan keuangan umkm ini masih buruk. Untuk itu perlu adanya pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan
    3. Pelaku umkm dapat melakukan analisa usaha dengan menghitung faktor faktor nya seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya biaya lain yang mendukung produksi dan penjualan. Atau secara sederhananya pelaku umkm dapat menghitung hpp dari barang yang akan dijual sehingga dapat menentukan harga jualnya. Agar tidak kalah saing kita juga harus menyesuaikan dengan harga pasaran produk serupa
    4. Calon pelaku usaha dapat mengajukan kredit usaha baik pada bank ataupun lembaga serupa atau bisa juga mencari investor yang dapat menanamkan modalnya
    5. Usaha yang cocok di 2020 ini menurut saya usaha makanan buat diet, karena di 2020 ini banyak orang yang ingin kurus tapi malas untuk menyiapkan makanan untuk diet nya dan rasanya pun tidak enak. Untuk makanan seperti ini juga dari segi modal, tidak membutuhkan modal yang besar

  18. 1. Menurut saya, pelaku umkm tersebut sebaiknya tetap menerima pesanan, bisa dilakukan dengan menerima pesanan dalam jumlah besar, dengan memproduksi sepertiga dari pesanan yang diterima sebagai pokoknya, dan bisa melakukan mitra dengan umkm sejenis lain dengan biaya yang tentunya lebih rendah disbanding dengan harus membeli mesin baru dengan saldo kas yang terbatas hanya akan menambah biaya-biaya yang semakin tinggi dan bisa jadi keuntungan yang diterima akan lebih sedikit.
    2. Menurut saya, penyebab ketidaktahuan sang pemilik mengenai laba perusahaan dan tidak tahu apakah perusahaan pernah rugi atau tidak, adalah karena perusahaan tersebut tidak memilki system pencatatan keuangan atau akuntansi yang mencatat transaksi masuk dan keluar pada perusahaan. Pelaku umkkm tersebut bisa jadi belum membuat laporan keuangan yang rinci dan menaggap jika uang yang ia hasilkan mampu untuk membeli bahan-bahan untuk produksi selanjutnya atau dengan kata lain balik modal, maka hal tersebut dianggap sudah cukup.
    3. Menurut saya, pemilik umkm tersebut harus mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan produk hingga akhir produk tersebut diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam menentukan harga jual suatu produk. Sehingga perusahaan tidak akan mengalami kerugian atas penetapan harga jual produknya.
    Factor-faktor yang mempengaruhi harga produk:
    • Target konsumen
    Perusahaan harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan.

    Jika konsumen lebih mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai variasi yang berbeda, sesuai dengan trend zaman kini. Dengan begitu, harga jual produk akan relatif lebih murah.
    • Harga jual produk pesaing
    Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen.
    • Biaya produksi
    Biaya produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja langsung, dan sebagainya.
    • Biaya pemasaran
    Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk baru sebuah perusahaan.
    • Biaya operasional
    Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis sebuah perusahaan tetap berjalan seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya telepon, iuran bulanan, iuran kebersihan, dan lain sebagainya.
    • Biaya pengiriman
    Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk yang dijual oleh produsen kepada konsumen. Namun sekarang, kebanyakan dari produsen yang membebankan biaya pengiriman kepada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari transaksi jual beli online baik melalui web maupun aplikasi belanja.

    4. Menurut saya, pelaku umkm tersebut haruslah memaksimalkan dan mengoptimalkan modal finansialnya agar bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada, bisa dilakukan dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Misal mempunyai keahlian dibidang memasak, dapat membuka usaha di bidang kuliner dengan memanfaatkan keahlian yang dimilikinya untuk memulai bisnis, jika membutuhkan karyawan bisa mengambil dari tenaga kerja terdekat seperti tetangga, dengan begitu bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Selanjutnya, bisa dengan memanfaatkan peralatan seadanya, ketika hendak merintis sebuah usaha, tidak selamanya peralatan yang digunakan serba bafru dan serba canggih. Untuk menyiasati modal yang minim, bisa dilakukan dengan memanfaatkan peralaatn yang ada dirumah, missal dengan memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha. Langkah selajutnya bisa memanfaatkan media social sebagai sarana promosi yang tidak mengeluarkan biaya, dan mudah disebarluaskan, karena kita tahu, pengguna internet apalagi social media di Indonesia sangatlah tinggi. Langkah selanjutnya adalah dengan membelanjakan modal dengan bijak, hanya membeli apa yang benar-benar dibutuhkan, bisa dengan membuat rencana belanja.
    5. Menurut saya, usaha yang cocok di tahun 2020 adalah usaha dengan berbasis teknologi atau internet. Bisa dengan bisnis makanan yang mana kita tahu, selama manusis masih membutuhkan makan, maka bisnis di bidang makanan atau kuliner tidak akan pernah mati,. Dengan memperhatikan selera konsumen dan target pasarannya, menyesuaika dengan lidah yang disukai konsumen dan terus berinovasi agar tidak memunculkan rasa bosan pada produk yang kita hasilkan. Memang bisnis makanan sudah banyak bermunculan, namun kualitas produk dan pelayanan yang memuaskan kepada pelangganlah yang menentukan keloyalitasan pelanggan. Bisa ditambah dengan memberikan promo-promo pada hari-hari tertentu, terus berinovasi, memanfaatkan social media sebagai sarana promosi, dan membuka stand-stand di bazar. Lalu bisa juga menerapkan sop yang bisa menunjang keberlangsungan usaha, melakukan pelatihan karyawan, dan tidak lupa menerapkan system pencatatan akuntansi pada usaha yang akan dirintis, mencatat setiap transaksi yang masuk maupun keluar, sehingga dengan laporan keuangan yang dimiliki bisa menjadi sarana evaluasi kedepannya dan bisa mengetahui apakah usaha tyang diajalankan rugi ataukah untung. Pada aspek keuangannya, pencatatan juga sebaiknya tidak hanya dilakukan secara manual, akan tetapi juga dicatat pada computer maupun sejenisnya untuk menghindari kerusakan dan kehilangan catatan.

  19. 1. Menurut saya menerima dengan strategi mencari UMKM sejenis lain dan melakukan kemitraan dengan mereka dibawah bendera UMKM pengusul pertama. Strategi ini jamak dilakukan oleh pelaku usaha riil. .
    Cost: akan ada tambahan waktu yang harus diluangkan untuk membuka koneksi dan membangun kerjasama.
    Benefit: uang dan trust (karena berhasil eksekusi program).
    2. Penyebab kejadian itu adalah karna pelaku umkm tidak membuat laporan keuangan secar rinci dan lengkap. Solusinya seharusnya pelaku umkm membuat laporan keuangan tersebut dan jikalau tidak bisa membuat laporan keuangan dengan baik dan benar maka pelaku umkm harus meminta bantuan kepada para akuntan.
    3. Faktor yg menentukan harga produk yaitu bentuk dari produk tersebut, bahan baku. Untuk menentukan harga produk pelaku umkm harus survei kepasar mencari bahan baku yang murah tetapi kualitas terbaik.
    4. Menurut saya, yang harus dilakukan pelaku usahaa tersebut adalah mencari rekan bisnis atau menjalin kerja sama antara pelaku usaha agar bisa membuat usaha yang murah dan mudah.
    5. Menurut saya, usaha yang harus dibuat tahun 2020 adalah usaha clothing pakaian karna semakin kesini banyak orang menyukai fashion yang menarik dan bagus. Untuk itu usaha ini cukup menjanjikan bagi pelaku usaha

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *