Ayam Geprek dan Batagor Saparella Selalu menjadi Tujuan Para Siswa dan Mahasiswa

Oleh: Ahmad Daroquthni

“Saparella” adalah nama sebutan salah satu warung makan yang ada di Wates Kulonprogo yang tepat nya berada di jln terbah Wates Kulonprogo,  warung ini sudah berdiri sejak 4 tahun yang lalu yang dimana sebagai pemilik warung ini adalah ibu Sulastri, ia dibantu oleh saudaranya memasak dan melayani pengunjung. Dulunya warung ini berada tepat di pinggir jalan, akan tetapi setelah terkena angin kencang disertai hujan lebat menyebabkan warung saparella ambruk, akan tetapi berhubung sedang ramai peminat warung ini, ibu Lastri tidak mau putus dalam usahanya, dia membuat warung dirumahnya dengan tempat yang lebih luas dari sebelumnya sehingga dapat menampung pengunjung lebih banyak. Selain itu saparella menyediakan fasilitas free WiFi untuk pengunjung, seperti yang kita tahu, mahasiswa zaman sekarang tidak bisa jauh dengan internet. Jadi, tidak heran jika berkunjung ke warung saparela kita melihat para pengunjung pasti dari kalangan mahasiswa universitas negeri Yogyakarta dan siswa-siswi sekolah terdekat. Warung saparella menyediakan beberapa menu makanan, salah satu makanan yang paling laris tentunya yaitu ayam geprek dengan cabai sesuka hati, disamping itu juga warung ini menjual batagor dan soto yang tidak kalah menarik dan enak untuk dicoba. Selain harganya yang sangat terjangkau  di kantong mahasiswa dan cita rasa yang enak, tempat warung saparella ini sangat strategis yaitu sangat dekat dengan Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates, sehingga tidak heran jika pengunjung warung ini berasal dari mahasiswa UNY.

Beberapa hambatan sering terjadi dialami oleh ibu Lastri dalam usahanya ini, mulai dari masalah produksi atau bisa kita katakan ketika memasak dan melayani pengunjung, ibu Sulastri sering kewalahan melayani pengunjung yang datang dikarenakan hanya dibantu oleh saudaranya, terlebih lagi ketika jam-jam makan siang, sangat banyak mahasiswa yang memilih untuk makan siang di warung ini. Salah satu solusinya mungkin ibu lastri harus menambah pegawai atau merekrut pegawai untuk membantunya menjalankan usahanya ini, solusi lainnya juga yaitu dengan membuat atau menyiapkan makanan sebelum pengunjung datang, seperti menyiapkan ayam yang sudah digeprek, soto yang sudah siap untuk di masukkan kuahnya saja dan lain sebagainya.

Hambatan selanjutnya yaitu masalah pemasaran, ibu Sulastri sudah sangat bagus dalam strategi pemasaran dengan memasang WiFi di warung seiring dengan kebutuhan para pengunjung, akan tetapi akan lebih bagus ketika ibu Sulastri bisa membuat iklan di media sosial dengan memasukan menu makanan yang ada dan alamat lengkap dari warung saparela itu sendiri, sehingga diharapkan dengan adanya iklan tersebut menjadikan warung ini lebih terkenal lagi dan tentunya ramai pengunjung.

Hambatan selanjutnya yaitu masalah keuangan, ibu Sulastri tentunya sudah mendapat proifit dari hasil berjualannya, akan tetapi dengan harga yang sangat rendah dan tanpa manajemen keuangan yang baik membuat ibu Sulastri tidak bisa meningkatkan keuntungan nya, dan jika ibu Sulastri ingin mengetahui berapa profitnya, maka ia harus mempunyai manajemen keuangan yang baik, sehingga ibu Sulastri mengetahui berapa uang yang keluar untuk bahan makanan, berapa uang yang masuk dan berapa laba yang didapatkan dan dari hasil penjualan. Sehingga nantinya diharapkan setelah ibu Sulastri mengetahui bagaimana keuangan nya ia dapat menentukan strategi berjualan di masa yang akan datang agar mendapatkan untung yang sebanyak-banyaknya akan tetapi harus mempertahankan cita rasa yang enak dan lezat.

Hambatan lain yang dialami ialah ketika mahasiswa dan sekolah-sekolah libur, penjualan yang didapatkan warung saparela turun drastis. Sehingga membuat makanan yang sudah disiapkan masih tersisa banyak. Solusi yang bisa dilakukan yaitu memperluas sasaran penjualan, seperti kepada warga sekitar maupun warga luar. Selain itu juga dengan adanya artikel ini diharapkan dapat mengenalkan dan menarik para pembeli untuk mencoba ayam geprek dengan harga yang terjangkau dan cita rasa yang enak dan lezat.

188 comments

  1. Warung saprella sangat bangus sekali apalagi untuk mahasiswa yang perlu akan fasilitas seperti Wi-Fi dan makanan yang murah. Semangat ibu, semoga usahanya tetap maju

  2. Menurut saya makan disana sudah sangat murah dan terjangkau tetapi, tempat nya yang susah karena harus masuk gang jadi banyak yang tidak tahu juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *