Aspek Teknologi

Aspek teknologi harus dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengoptimalkan perkembangan usahanya. Teknologi dapat digunakan pada bidang produksi, pemasaran, maupun keuangan. Peran teknologi saat ini tidak dapat diabaikan dan pelaku usaha harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sesuai dengan usahanya.

Aspek teknologi dalam studi kelayakan bisnis berkaitan dengan tepat tidaknya teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha yang dijalankan. Apabila teknologi yang digunakan tepat, usaha dapat dijalankan secara optimal. Sebaliknya, apabila teknologi yang digunakan tidak tepat, hal tersebut justru akan menambah biaya bagi perusahaan.

Coba Anda cari bisnis atau usaha di sekitar Anda (tidak perlu yang jauh-jauh) yang telah memanfaatkan teknologi (tidak harus teknologi informasi). Berikan pendapat Anda tentang:

  1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
  2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!
  3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!

Tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar. Selamat mengerjakan, semoga sukses.

 

56 comments

  1. Azka Pratama Slipper merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sandal hotel.
    1. Ketepatan teknologi yang digunakan sudah cukup baik meski belum menggunakan teknologi tinggi. Teknologi yang digunakan di Azka Pratama Slipper antara lain :
    A. Seperangkat komputer dan printer yang digunakan untuk membuat dan mencetak desain dari sandal hotel yang diinginkan konsumen.
    B. Seperangkat alat untuk menyablon. Alat ini digunakan untuk mencetak sablon pada sandal hotel yang sesuai dengan desain.
    C. Sebuah alat pemotong. Alat ini digunakan untuk memotong spon yang menjadi bahan utama dari sandal hotel.
    D. Lima buah mesin jahit. Mesin jahit digunakan untuk menjahit spon dengan kain furing serta untuk finishing sandal.
    Berdasarkan teknologi yang sudah ada, Azka Pratama Slipper memiliki teknologi yang tepat guna. Dalam proses produksinya, kendala yang terjadi minim karena telah diatur dengan sistem produksi yang telah diterapkan.
    2. Menurut saya, untuk Azka Pratam Slipper tidak ada teknologi yang harus dihilangkan. Untuk penambahan teknologi dapat dilakukan dengan menambahkan alat sablon dengan skala sedang sampai besar. Di Azka Pratama Slipper menerima pesanan dari seluruh penjuru Indonesia dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk meningkatkan efisiensi produksi, dapat menambahkan alat sablon dengan skla sedang sampai besar. Alat sablon yang kini ada pada Azka Pratama Slipper hanya ada satu dan dikerjakan oleh satu orang. Pengerjaan sablon dilakukan satu per satu, akan lebih efisien jika ada alat yang dapat menyablon dengan skala sedang hingga besar.
    3. Layak, karena Azka Pratama Slipper menggunakan teknologi yang seharusnya mereka gunakan (tidak ada teknologi yang tidak terpakai) dan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dari perusahaan tersebut.

  2. 1. Klinik kecantikan larissa adalah salah satu klinik treatment yang ada diseluruh kota. Contohnya saja di yogyakarta klinik ini sudah bisa mempunyai sistem pemesanan secara online untuk antrian tempat yang akan di lakukan, mau melakukan treatmen apa, ingin jam berapa, dan melihat jam berapa bisa konsultasi dengan dokternya. Juga resep online sesuai kebutuhan yang telah di anjurkan. Melakukan pembayarn bisa melalui transfer virtual bank.

    2. Hanya saja penggunaan larrisa masih beradi di web bukan pada aplikasi yang sudah tersedia di playstore maupun app store.

    3. Menurut saya aplikasi web larissa yang sudah saya survei sejauh ini berfungsi secara baik. Hanya saja belum ada di playstore dan appstore. Sehingga cust harus mengunjungi webnya terlebih dahulu.

  3. 1. Usaha disekitar saya khusunya di daerah Yogyakarta yang telah memanfaatkan teknologi yaitu Titipku. Titipku merupakan usaha yang bergerak pada bidang jasa yang telah menggunakan teknologi berupa aplikasi dalam memasarkan produk-produk milik UMKM. Di era yang serba digital ini, penggunaan teknologi aplikasi sangat diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Hadirnya teknologi dari Titipku dirasa sangat tepat karena dapat membantu UMKM memperluas pasarnya baik di dalam daerah maupun ke luar daerah sehingga akan mempermudah konsumen yang ingin membeli produk UMKM tersebut dan bagi pihak Titipku sendiri akan sangat menguntungkan karena dapat memperoleh suatu kerjasama yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan. Saat ini kurang lebih terdapat 500.000 UMKM yang telah menjualkan produknya di Titipku. Fitur-fitur andalan yang terdapat di aplikasi Titipku seperti Jelajah dan Jatiper hadir untuk membantu para konsumen mendapatkan produk yang diinginkan.
    2. Menurut saya, sejauh ini aplikasi Titipku selalu melakukan pembaharuan untuk mendukung bisnisnya, dalam teknologi aplikasi Titipku ini perlu di tambahkan adanya fitur untuk mempermudah pengiriman barang dengan bekerjasama langsung dengan agen-agen jasa pengiriman seperti J&T, JNE, Sicepat, dan lain-lain sehingga tidak hanya mengandalkan seorang jatiper untuk melakukan pembelian produk UMKM. Konsumen akan lebih tertarik memilih sendiri agen jasa pengiriman produk yang akan dibeli dengan memperhitungkan estimasi waktu pengiriman.
    3. Menurut saya usaha Titipku layak dalam menghadirkan teknologi pada aktivitas bisnisnya karena aplikasi mudah digunakan oleh setiap orang dan sejauh ini banyak UMKM yang merasa terbantu dengan adanya aplikasi Titipku, dapat dilihat dari banyaknya UMKM yang tergabung dalam aplikasi Titipku yang kian bertambah. Dilihat dari fitur-fitur seperti Jatiper dan Jelajah yang ditawarkan pun sangat mempermudah dan menarik konsumen untuk menggunakannya. Fitur-fitur tersebut sangat dibutuhkan oleh para konsumen untuk mendapatkan produk UMKM yang diinginkan.

  4. 1. CICIL adalah sebuah platform financial technology yang menawarkan pembiayan khusus mahasiswa untuk berbelanja secara online dengan cicilan ringan perbulannya. Untuk ketepatan teknologi sendiri sudah tepat dimana Aplikasi ini awalnya sebuah situs web tetapi karena perkembangan teknologi dan permintaan user maka dibuat aplikasi yang sudah terdapat di play store. Dalam aplikasi CICIL disediakan Beberapa jenis layanan yaitu CICIL Barang, CICIL Uang Kuliah dan CICIL Job

    2. Seharusnya CICIL sudah bekerja sama dengan semua merchant pembelian online, sehingga user tidak perlu lagi memasukan link barang yang ingin mereka beli, tetapi user hanya perlu mengklik logo CICIL yang ada di merchant tersebut dan user langsung otomatis masuk ke aplikasi CICIL untuk mengajukan cicilan.

    3. Sangat layak karena CICIL yang awalnya hanya berlaku khusus di wilayah bandung saja dengan menggunakan website dapat berkembang ke wilayah lainnya seperti jakarta dan Yogyakarta hingga sekarang Di seluruh wilayah indonesia. selain itu dengan persyaratan yang mudah bagi mahasiswa untuk melakuka cicilan dan bantuan aplikasi dan kemudahan akses hal itu akan membuat user semakin sering menggunakan jasa CICIL sendiri.

  5. 1. Usaha ini sangat terkenal di kalangan mahasiswa karena kemudahannya dalam mencicil barang. CICIL merupakan platform financial technology yang mempermudahkan mahasiswa berbelanja secara online dengan cicilan ringan per bulannya. CICIL merupakan situs web tetapi karena perkembangan teknologi dan untuk mempermudahkan penggunanya maka dibuatlah aplikasi CICIL yang dapat diunduh di play store. dalam aplikasi CICIL disediakan beberapa layanan yaitu CICIL Barang, CICIL Uang Kuliah, dan CICIL Job. CICIL Job ini hanya dapat digunakan ketika user sudah melakukan transaksi.

    2. Teknologi yang sudah seharusnya diubah yang awalnya menggunakan copy paste link pembelajaan online tetapi cukup klik logo CICIL dalam situs pembelajaan online sehingga akan memudahkan user untuk mencheckout barang yang dipilih. Juga dalam aplikasi CICIL Job jangan hanya user yang telah melakukan transaksi tetapi pengguna baru juga disediakan fitur tersebut.

    3. Platform financial technology ini sangat layak karena memudahkan mahasiswa melakukan pembelanjaan online dengan cara menCICIL perbulannya. Syarat dalam mengajukan pinjaman juga sangat mudah hanya dengan foto KTP dan KTM saja. aplikasi ini juga sangat aman karena terdapat Ambassador disetiap kampus.

    3.

  6. Felice Corner (Coffe shop)
    1. Ketepatan teknologi yg digunakan.
    Menurut pendapat saya, felice corner sudah tepat dalam penggunaan teknologi sebagaimananya digunakan untuk menunjang produksi l, menunjang laporan keuangan, dan teknologi informasi dalam pemasaran.

    2. Teknologi yg perlu ditambahkan ata diganti.
    Menurut pendapat saya, tidak perlu diganti dan ditambahkan. Karena usaha ini didalam bisnis usaha coffe, tidak memerlukan teknologi yang berlebihan. Yang diperlukan untuk mengembangkan usaha ini merupakan pelayanan dan kenyamanan tempat, juga pemasaran dengan menyesuaikan perkembangan teknologi.

    3. Kelayakan bisnis.
    Menurut pendapat saya, teknologi yang digunakan oleh Felice Corner sudah masuk dalam kategori layak karena teknologi yg ada dapat difungsikan atau dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk mengoptimalkan usaha. Sehingga tidak ada biaya yg dikeluarkan usaha ini sia sia.

    Terimakasih.

    1. Lnjutan.
      Teknologi yg digunakan felice corner yaitu mesin pembuat coffe (ada beberapa alat yg digunakan untuk membuat bubuk coffe terbaik dengan ciri khas felicw coffe) teknologi komputerisasi untuk pembuatan laporan keuangan, teknologi informasi untuk pemasaran.

  7. 1. Salah satu usaha di lingkungan tempat saya berdomisili saat ini yang menggunakan teknologi yaitu Susu Sarjana. Susu Sarjana telah menggunakan applikasi Moka POS, yaitu aplikasi kasir yang mempermudah pelayanan dan pencatatan. Moka POS yang digunakan untuk menunjang usaha khususnya pada bagian kasir Susu Sarjana ini merupakan rintisan dari PT Moka Teknologi Indonesia yang menggunakan sistem POS (Point of Sale) atau yang lebih mudah untuk dikenal dengan sistem kasir modern. Adapun sistem POS ini memiliki ragam fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti :

    – Mengirim struk melalui email atau pesan singkat (penghematan penggunaan kertas). Ini berguna pula bagi bagian pemasaran yang ingin melalukan promosi pada usaha Susu Sarjana.
    – Mengatur lebih dari satu order. Di sini diperlukan otorisasi pemilik/pengguna/karyawan guna mengganti transaksi yang sebelumnya tersimpan.
    – Pemantauan arus keluar dan masuk kas atau cash flow mudah dilakukan.
    – Pemilik juga dapat mengetahui bagaimana staf melakukan pekerjaannya.

    Teknologi ini tepat digunakan karena Susu Sarjana merupakan umkm yang menawarkan produk minuman yang banyak diminati oleh semua kalangan, sehingga dalam transaksi yang cukup banyak per hari nya pada jaman digital ini sangat efektif dan efisien untuk penggunaan kasir modern ini. Untuk menjalankan aplikasi Moka POS kasir juga memerlukan teknologi berupa gadget seperti tablet atau smartphone sebagai pengganti mesin kasir.

    2. Menurut saya Susu Sarjana tidak memerlukan tambahan teknologi lagi, hanya saja untuk menunjang usahanya mungkin Susu Sarjana dapat memaksimalkan Instagram sebagai media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dan untuk selalu update terkait ketersediaan menu di berbagai outlet agar pelanggan tidak kecewa karena menu/varian rasa tertentu seringkali kosong.

    3. Secara umum usaha yang saya survei sudah layak jika ditinjau dari aspek teknologi, karena penggunaan teknologi informasi sudah diterapkan untuk menunjang usaha ini. Dan pada dasarnya seperti yang kita ketahui Susu Sarjana ini merupakan usaha jenis kuliner (minuman) yang pada praktiknya tidak terlalu membutuhkan banyak teknologi untuk menunjang keberhasilan usahanya.

  8. 1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
    Usaha disekitar saya yang sudah memakai teknologi dalam kegiatan produksi adalah usaha konveksi. Usaha konveksi menggunakan berbagai alat untuk mendukung proses produksi, pertamai mesin jahit high speed yaitu mesin yang menggunakan dinamo besar dengan kecepatan jahitan mencapai 5000 jahitan per menit. Mesin ini sudah tepat digunakan untuk usaha konveksi karena mampu mempercepat proses produksi. Kedua mesin jahit obras benang 5, mesin ini digunakan untuk mengunci sisa lipatan kaos yang belum rapi. Mesin ini sudah tepat digunakan karena dengan mesin ini dapat merapikan jahitan yang kurang rapi akibat proses penjahitan dilakukan secara cepat, hal ini mendukung kualitas yang dihasilkan dan memperbaiki kualitas dari mesin jahit high speed.
    2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!
    Teknologi yang perlu diganti untuk mendukung usaha konveksi tersebut yaitu setrika uap listrik yaitu setrika yang mampu menghasilkan panas lebih kuat dibandingkan setrika biasa namun tidak menghasilkan noda gosong. Namun setrika listrik perlu diganti dengan setrika press uap (streamer) mempunyai fungsi yang sama dengan setrika listrik tetapi memiliki tingkat presisi dan efisiensi yang lebih tinggi. Hal ini pasti sangat mendukung keberlangsungan proses produksi. Kedua teknologi yang perlu digunakan adalah mesin potong listrik yang digunakan untuk memotong kaos dalam jumlah banyak. Karena awalnya usaha konveksi masih memotong kain secara manual menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan mesin potong listrik pastilah pekerjaan untuk memotong kain bisa lebih cepat, lebih produktif, dan mengurangi biaya untuk menggaji tenaga kerja manusia.
    3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!
    Menurut saya, usaha konveksi tersebut sudah layak, karena sudah menggunakan mesin – mesin dasar yang dapat mendukung proses produks, dan pekerjaan lain masih bisa diproduksi secara manual. Apabila modal sudah mencukupi maka barulah perlu adanya pembaharuan dan penambahan mesin untuk mempercepat proses produksi.

  9. Perusahaan pengolahan coklat yaitu Coklat Monggo
    1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
    Dalam melakukan proses pengolahan coklatnya, industri ini mengandalkan alam, tenaga mesin, dan tenaga manusia. Diawali dengan adanya pemetikan kakao dari pohonnya, kemudian diambil bijinya, dan dilakukanlah pengeringan dengan mengandalkan sinar matahari. Pengolahan menggunakan mesin dilakukan untuk proses-proses seperti proses pembersihan biji, pemanggangan, pengupasan kulit dari biji kakao, penggilingan,pencampuran bahan baku, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mencetak dan mengemas masih dilakukan oleh karyawan secara manual. Rincian teknologi berupa alat yang sudah digunakan antara lain mesin blower dan saringan pada proses pembersihan biji kakao, oven untuk pemanggangan. Alat grinder dan mesin winnower untuk mengupas kulit dari biji kakao, mesin penggiling, mixer dan beberapa alat-alat lain. Alat-alat produksi tersebut dibeli dari beberapa negara yaitu, Jerman, Belgia, Belanda, dan China karena belum tersediannya alat yang memiliki kualitas yang baik di Indonesia.
    2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!

    Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, alat-alat modern mulai bermunculan untuk meringankan suatu aktivitas tak terkecuali dalam proses produksi coklat. Saat ini, sudah ada alat pengering biji kakao yang lebih praktis dan cepat, mesin cetak, dan mesin pengemasan. Menurut saya, perusahaan coklat Monggo ini bisa menambahkan teknologi tersebut guna menambah effisiensi dalam proses produksi.
    3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!
    Menurut saya produsen coklat Monggo ini sudah layak untuk ditinjau dari aspek teknologinya karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa perusahaan ini sudah memiliki pangsa pasar yang luas sebagai salah satu oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Jogja. Oleh karena itu, selayaknya perusahaan telah mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi pada setiap kegiatannya.

  10. 1. Dari observasi yang saya lakukan, saya mengunjungi sebuah Perudahaan Bakpia Juwara Satoe yang terletak di Ngampilan, Kota Yogyakarta, DIY. Usaha ini bergerak dibidang kuliner, dalam produksinya bakpia satoe telah menggunakan mesin. Tidak hanya itu usaha ini juga memiliki sebuah aplikasi dan aplikasi ini hanya tersedia di Play Store. Aplikasi ini digunakan penjual untuk mempromosikan produknya karena produk yang mereka jual adalah bakpia kering yang terbilang masih jarang di Jogja. Aplikasi ini juga memberi kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk mereka sehingga pembeli tidak harus mengunjungi store Bakpia Juwara Satoe. Aplikasi begitu menarik karena pada tampilan awal langsung menampilkan diskon setiap transaksi hanyamenggunakan kode promo pelanggan. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menu seperti produk, outlet, sang juwara, video juwara, pesan online, histori transaksi, settings, dan about juwara store. Ketika melakukan pemesanan secara online dapat melalu WhatsApp, Chrome, dan Internet. Ketiga alternatif tersebut tersambung pada nomor penjual agar bisa melakukan order.
    2. Ada yang perlu diperbaiki yaitu dalam proses mendownload aplikasi karena ketika kita ingin mendownload aplikasi di playstore kita harus mendownload APKPure terlebih dahulu. Karena orang- orang untuk saat ini lebih menyukai hal yang mudah tanpa harus dengan langkah yang rumit karena kurang efektif, lebih baik jika aplikasi ini juga terdapat pada IOS.
    3. Menurut saya usaha bakpia satoe sudah layak karena jika dilihat dari teknologi. Usaha tersebut dikatakan layak karena dapat mempermudah dalam produksi ataupun dari segi pemasarannya saat menggunakan aplikasi tersebut.

  11. Nama : Ario Hanif Prakoso
    NIM : 18812144022

    Lemos Batik
    1. Ketepatan teknologi
    Menurut pendapat saya mengenai usaha ini sudah tepat dalam menggunakan teknologi yang ada. Karena dengan ketepatan teknologi yang digunakan tersebut dapat mempermudah usaha ini agar dapat lebih berkembang di masyarakat khusunya dalam bagian pemasaran produk dan menunjang pada kegiatan produksi.
    2. Teknologi ditambahkan atau diganti
    Menurut saya lebih baik ditambahkan atau dibuatkan aplikasi atau sebuah web khusus yang dapat mempermudah calon konsumen dalam melihat, memilih dan membeli berbagai macam koleksi yang ada yang dapat dengan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Karena usaha ini merupakan usaha di bidang konveksi, maka pemasaran produk dan pengenalan produk kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.
    3. Kelayakan bisnis
    Teknologi yang digunakan pada usaha ini sudah masuk dalam kategori layak menurut pendapat saya, karena dengan adanya kemajuan teknologi yang ada dapat difungsikan atau dimanfaatkan sebaik mungkin dalam meningkatkan prospek usaha yang lebih baik untuk kedepannya.

  12. 1. Teknologi yang telah digunakan oleh Rapel sudah tepat. Dari pihak Rapel sendiri telah membuat aplikasi sendiri untuk melakukan aktivitasnya sebagai pembeli sampah non-organik yang berada di wilayah jogja. Di dalam aplikasi Rapel ini telah cukup lengkap fitur-fituryang dimiliki, mulai dari untuk memposting sampah hingga sampah di jemput oleh kolektor dapat menggunkan aplikasi Rapel ini.
    2. Dalam hal pembayaran sampah Rapel masih menggunakan sistem uang cash. Mungkin untuk kedepannya Rapel dapet menggunakan Fintech dalam transaksi yang dilakuan misalnya menggunakan Dana, Ovo maupun teman-teman fintech yang lain. Dengan ada hal tersebut akan memilenialkan aplikasi ini karena banyak diharapkan para milenial akan menggunakan aplikasi ini menjual sampah yang mereka miliki dan akan mendapat Dana atau Ovo yang akan mereka dapatkan.
    3. Usaha yang dijalankan oleh Rapel menurut saya sangat layak karena pihak Rapel sendiri mengelontorkan uang yang cukup besar untuk membeli server yang bertujuan unruk memudahkan dalam setiap aktivitas yang dilakukan dalam aplikasi Rapel ini. Dan ini sebuah inovasi yang menjanjikan karena para penjual sampah hanya perlu memposting sampah yang mereka miliki lalu akan dichat oleh kolektor dan akan di jemput oleh koelektor tersebut.

  13. 1. CICIL adalah sebuah platform financial technology yang menawarkan pembiayan khusus mahasiswa untuk berbelanja secara online dengan cicilan ringan perbulannya. Untuk ketepatan teknologi sendiri sudah tepat dimana Aplikasi ini awalnya sebuah situs web tetapi karena perkembangan teknologi dan permintaan user maka dibuat aplikasi yang sudah terdapat di play store. Dalam aplikasi CICIL disediakan Beberapa jenis layanan yaitu CICIL Barang, CICIL Uang Kuliah dan CICIL Job

    2. Seharusnya CICIL sudah bekerja sama dengan semua merchant pembelian online, sehingga user tidak perlu lagi memasukan link barang yang ingin mereka beli, tetapi user hanya perlu mengklik logo CICIL yang ada di merchant tersebut dan user langsung otomatis masuk ke aplikasi CICIL untuk mengajukan cicilan.

    3. Sangat layak karena CICIL yang awalnya hanya berlaku khusus di wilayah bandung saja dengan menggunakan website dapat berkembang ke wilayah lainnya seperti jakarta dan Yogyakarta hingga sekarang Di seluruh wilayah indonesia. selain itu dengan persyaratan yang mudah bagi mahasiswa untuk melakuka cicilan dan bantuan aplikasi dan kemudahan akses hal itu akan membuat user semakin sering menggunakan jasa CICIL sendiri.

  14. BASO ACI AKANG
    1. Ketepatan Teknologi
    Menurut pendapat saya, mengenai usaha tersebut sudah tepat menggunakan teknologi yang sudah ada. Sepertihalnya penggunaan mesin khusus untuk membuat adonan baso aci, penggunaan mesin kasir dalam pencatatan yang terintegrasi dengan smartphone dan media aplikasi khusus dalam mencatat pelaporan penjualan perusahaan, juga penggunaan teknologi informasi sebagai media platform pemasaran baso aci akang kepada konsumen.
    2. Teknologi apa yang harus diganti atau ditambahkan agar usaha makin berkembang
    Menurut penggunaan media teknologi pada bisnis Baso Aci Akang ini sudah tepat. Walaupun begitu dikarenakan bisnis ini merupakan bisnis kuliner, sehingga sangat memungkinkan dapat mengembangkan sayap teknologi dalam sisi teknologi informasi, khususnya pada pemasaran produk yang mengikuti perkembangan jaman. Selain itu usaha yang merupakan bisnis kuliner ini dapat lebih memprioritaskan pada kenyamanan tempat dan pelayanan selain pemasaran berbasis online via sosial media.
    3. Kelayakan bisnis
    Menurut saya teknologi yang digunakan pada bisnis Baso Aci Akang ini layak untuk ditinjau dari aspek teknologi, dikarenakan dengan pesatnya kemajuan teknologi itu sendiri, tidak menutupi bahwa suatu teknologi tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis yang digeluti, tak luput dari bisnis kuliner masa kini.

  15. 1. Salah satu usaha di Jogja yang saya ambil adalah Rumah Warna. Rumah warna sendiri bergerak dibidang industri fashion dan askesoris. Dalam usaha ini Rumah warna sudah menerapkan teknologi berupa aplikasi untuk menunjang penjualan. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah para pelanggan jika ingin melihat barang dan harga yang ada serta melakukan pembelanjaan. Akses yang dapat diambil dengan menginstall di Google Play Store.
    2. Karena Rumah Warna adalah industry fashion dan kerajinan atau aksesoris, maka untuk teknologi yang harus diperbaiki adalah aplikasi yang ada, jika kita melihat aplikasi yang ada. Untuk dari isi dan desain masih agak menyulitkan pelanggan.
    3. Menurut saya dalam aspek teknologi lain sudah layak. Kedepannya hanya perlu dikembangkan lagi agar dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi untuk mempermudah pelanggan.

  16. Hello everybody.
    Looking for a demo of the game named X-Hex[url=http://darude.site].[/url] The meaning of the game is this[url=http://darude.website].[/url]
    Field rhombuses[url=http://brodis.website].[/url] On the fields set labels[url=http://brodis.site].[/url] Thanks to these points the field grows and becomes grand[url=http://brodis.online].[/url]
    When it begins to touch the opponent’s field[url=http://gl-grand.website].[/url] Dots begin move now to the enemy, then rearward. The winner is the one who fills the entire field.
    Present bonuses, a call to an aircraft that randomly bombes the enemy’s fields and can hurt yours. Interesting toy.

    P[url=http://adibodobe.site].[/url]S[url=http://darude.online].[/url]
    Thank you in advance
    You can reply to the mail[url=http://adibodobe.online]:[/url] [email protected][url=http://adibodobe.website].[/url]com

  17. I will acquire inexpensively asus any model.
    Hello[url=http://gremmy-gr.space].[/url]
    with expedition[url=http://gremmy-gr.website].[/url] I will acquire inexpensively smartphone asus any model[url=http://reaply-go.website].[/url] Used[url=http://reaply-go.site],[/url] repair[url=http://gremmy-gr.site],[/url] does not matter[url=http://reaply-go.club].[/url] can be broken[url=http://valeraiko.pw].[/url] for parts.
    P[url=http://gl-grand.site/].[/url]S[url=http://gremmy-gr.fun].[/url]
    Thanks in advance
    You can reply to the mail[url=http://gremmy-gr.host]:[/url] [email protected][url=http://gremmy-gr.pw].[/url]com

  18. Hello. And Bye. I will acquire inexpensively lg all models.
    Hello[url=http://gremmy-gr.space].[/url]
    Urgently[url=http://gremmy-gr.website].[/url] I will acquire inexpensively cell phone lg all models[url=http://reaply-go.website].[/url] Used[url=http://reaply-go.site],[/url] repair[url=http://gremmy-gr.site],[/url] does not matter[url=http://reaply-go.club].[/url] can be broken[url=http://valeraiko.pw].[/url] for parts.
    P[url=http://gl-grand.site/].[/url]S[url=http://gremmy-gr.fun].[/url]
    Thanks in advance
    You can reply to the mail[url=http://gremmy-gr.host]:[/url] [email protected][url=http://gremmy-gr.pw].[/url]com

  19. Hello[url=http://adibodobe.online].[/url]
    with expedition[url=http://adibodobe.website].[/url] I will take as a gift percolator De’Longhi all models[url=http://adibodobe.site].[/url] Spent[url=http://darude.online],[/url] repair[url=http://darude.site],[/url] does not matter[url=http://darude.website].[/url] can be fractured[url=http://brodis.website].[/url] for spares[url=http://brodis.site].[/url]
    P[url=http://brodis.online].[/url]S[url=http://gl-grand.website].[/url]
    Thanks anyway[url=http://gremmy-gr.space].[/url]
    You can reply to the mail[url=http://gremmy-gr.website]:[/url] [email protected][url=http://gremmy-gr.fun].[/url]com
    Tel[url=http://gl-grand.site/].[/url] 88004000700

  20. Hello everybody[url=http://fartgame.club].[/url]
    with expedition[url=http://fastbet.club].[/url] I will buy cheap console game Nintendo Classic Mini all models[url=http://freestar.website].[/url] Used[url=http://gremmy-gr.host],[/url] rehabilitation[url=http://gamers-gold.host],[/url] does not matter[url=http://funnybet.online].[/url] Can be fractured[url=http://funrow.site].[/url] For repair parts[url=http://funrun.site].[/url]
    P[url=http://gaincast.site].[/url]S[url=http://gaincast.online].[/url]
    Thank you very much [url=http://ganzbet.online].[/url]
    You can reply to the mail[url=http://hardbet.club]:[/url] [email protected][url=http://getbet.site].[/url]com
    Tel[url=http://goldbet.site].[/url][url=http://gunbet.club]:[/url] 88003000501[url=http://goldrow.online].[/url]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *