Aspek Teknologi

Aspek teknologi harus dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengoptimalkan perkembangan usahanya. Teknologi dapat digunakan pada bidang produksi, pemasaran, maupun keuangan. Peran teknologi saat ini tidak dapat diabaikan dan pelaku usaha harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sesuai dengan usahanya.

Aspek teknologi dalam studi kelayakan bisnis berkaitan dengan tepat tidaknya teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha yang dijalankan. Apabila teknologi yang digunakan tepat, usaha dapat dijalankan secara optimal. Sebaliknya, apabila teknologi yang digunakan tidak tepat, hal tersebut justru akan menambah biaya bagi perusahaan.

Coba Anda cari bisnis atau usaha di sekitar Anda (tidak perlu yang jauh-jauh) yang telah memanfaatkan teknologi (tidak harus teknologi informasi). Berikan pendapat Anda tentang:

  1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
  2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!
  3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!

Tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar. Selamat mengerjakan, semoga sukses.

 

36 comments

  1. 1. Usaha disekitar saya khususnya di kota jogja ini yaitu House of shopaholic ini berada di kota Baru jogja. Usaha Yang Bergerak pada bidang fashion ini Sudah menggunakan teknologi yaitu sistem penjualannya di Google play store Dan market place yang ada. Dengan Adanya teknologi menjadi mempermudah owner untuk mengecek stock baju Yang terjual di tokonya karena di house of shopaholic ini memiliki 3 cabang Toko. Jadi dengan menggunakan teknologi menjadi lebih mudah mengecek barang ready atau tidak. Di teknologi ini pelanggan dapat membeli melalui aplikasi ini Namun menurut owner hos belum maksimal karena masih kalah dengan market place yang ada seperti shopee, tokopedia karena mereka menjajikan adanya pelayanan ongkir seperti gratis ongkir atau diskon.
    2. Teknologi Yang masih harus diganti pada usaha house of shopaholic ini yaitu pada metode pencatatan segala aspek masih dicatat menggunakan manual. Sedangakan jika kita menggunakan teknologi tentunya akan sangat mudah untuk menginput data Dan mengoutput nya dengan sebuah informasi Yang memudahkan pemilik untuk mengambil sebuah keputusan. Banyak sekarang metode pencatatan akuntansi dengan teknologi seperti Zahir atau MYOB agar mempermudah perusahaan untuk mencatat segala aktifitasnya.
    3. Menurut saya, Sudah Layak untuk house of shopaholic ini berjalan karena dari keterserdiaan barang ada. Pelayanan melalui customer service ada. Dan ditunjang Adanya aplikasi Yang mempermudah Pelanggan untuk membeli barang di sana. Kemudian ada Toko langsung Yang terletak di kota Baru memudahkan untuk Pelanggan mengecek langsung barang agar Pelanggan percaya. Dan house of shopaholic ini rutin untuk membayar pajak ke pemerintah.

  2. Saya mengangkat UMKM yang mungkin sudah besar yaitu nine apparel. UMKM yang memproduksi Jersey Futsal, Sepakbola, Basket, dan E sport
    IG : nineapparel2014
    web : nineapparel.co.id
    Alamat : Jalan Tantular Selatan, Pringwulung, Condongcatur, Yogyakarta

    Perusahaan ini aktif untuk berpromosi di instagram dan web
    1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
    sangat tepat apabila nine apparel menggunakan teknologi melalui media web dan instagram, faktanya pengikut di instagram nine sudah mencapai hampir 21 rb. dan saya yakin bahwa kunjungan pelanggan di web yang dimiliki nine apparel juga tidak jauh berbeda dengan kunjungan pelanggan di instagram. ini terjadi karena di web juga sangat banyak foto foto yang sangat berkelas dan tentunya sesuai dengan perkembangan zaman untuk kaos olahraga. saya sudah mengamati UMKM ini sejak 2015 dan memang citra dari nine apparel ini sangat baik. untuk desain dan kualitas bahan sendiri memang nine terkenal baik juga

    2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!
    menurut saya minus dari web yang digunakan ialah, seluruh operasional belum mampu tersaji di web. jadi apabila kita memesan, di web, kita akan di arahkan ke WA ataupun Nomor telepon. karena memang untuk bisa mengelola web bisnis perlu dana yang banyak

    3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!
    secara umum, saya mengatakan layak. dikarenakan juga faktanya nine besar karena web dan instagram, sampai sekarang banyak juga yang belum tau lokasi store nine itu sendiri. dan apabila kita menilik penjualan, yang terbaru nine berhasil menjadi provider jersey bagi tim BJL 2000 Semarang yang notabene merupakan salah satu kontestan PRO FUTSAL LEAGUE Indonesia 2019/2020. itu merupakan bukti keberhasilan promosi nine apparel melalui teknologi

  3. 1. Usaha yang berada disekitar saya terutama di kota Yogyakarta yaitu Monokrom Store. Usaha ini berada di Jalan Wates Km.3 No.32 Sonosewu, Bantul, Yogyakarta. Usaha ini bergerak dibidang fashion yang khusus menjual produk-produk untuk wanita dan sasaran pelanggannya yaitu anak milenial yang suka berbelanja dan suka dengan berbagai model baju yang saat ini sedang menjadi trend. Usaha ini sudah tepat dalam menggunakan teknologi yaitu untuk sistem penjualannya dengan menggunakan market place/ bekerjasama dengan market place yaitu shopee. Selain itu, Monokrom Store juga memasarkan produk usahanya dengan menggunakan media sosial yaitu instagram. Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi instagram tersebut, Monokrom Store dapat terkenal lebih luas oleh masyarakat dan dengan begitu dapat meningkatkan penjualannya. Untuk pelanggan yang dari luar Yogyakarta yang ingin membeli produk dari Monokrom Store bisa melalui Shopee, sehingga pelanggan tidak perlu jauh-jauh datang ke Yogyakarta. Selain itu di Monokrom Store sendiri sudah menggunakan sensor alarm/mesin detector untuk keamanan agar terhindar dari adanya pencurian. Monokrom Store sendiri juga sudah menggunakan mesin kasir dan sudah ada cctv.
    2. Teknologi yang harus diganti yaitu tablet yang digunakan diganti dengan komputer untuk memudahkan penjaga casier dalam menginput trannsaksi yang ada. Selain itu dengan penggunaan komputer agar lebih efektif dan efisien dalam pelayanan terhadap pelanggan. Jika pelanggan merasa nyaman dan dalam proses pembayaran dilakukan dengan cepat maka hal ini akan memberikan kepuasaan terhadap pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan dengan adanya kemudahan tersebut.
    3. Monokrom Store ditinjau dari aspek teknologi dapat dikatakan layak karena usaha tersebut telah memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik yaitu dengan menggunakan market place dan instragram dalam menunjang pemasarannya. Selain itu, pemilihan mesin detector juga akan membantu usaha tersebut untuk mendeteksi adanya pencurian yang terjadi. Adanya cctv juga dapat memantau pelanggan yang ada di toko, dan penggunaan mesin kasir dapat mempermudah pemrosesan dan pencatatan transaksi penjualan.

  4. 1. Usaha yang sudah menggunakan teknologi di Yogyakarta saat ini adalah Rapel. Usaha tersebut sudah menggunakan teknologi berupa aplikasi yang digunakan dalam proses jual beli barang bekas yang dikelolanya. Teknologi tersebut sangat tepat digunakan di era 4.0 dimana kaum pemuda (milenial) dapat mengajarkan gadget kepada orang yang lebih tua sehingga penggunaan aplikasi ini dapat dijangkau oleh sebagaian masyarakat, hal tersebut dapat didukung dengan riset yang dikonduksi oleh International Republican Institute (IRI) membuktikan bahwa 48 persen responden mengaku nyaman jika harus melalui hari tanpa smartphone. Sementara, 45 persen mengaku mudah beradaptasi dengan teknologi baru, dan 29 persen lainnya menggunakan aplikasi telepon genggam untuk pembayaran (www.liputan6.com).
    2. Teknologi yang harus ditambah oleh usaha tersebut adalah adanya e-money pada sistem aplikasi aplikasinya. Karena kemunculan e-money masih menjadi trend dikalangan masyarakat. Sehingga bisa menunjang dari segi pemasaran, ketertarikan pengguna untuk menggunakannya, hingga membantu dalam memproses laporan keuangan dari aplikasi tersebut.
    3. Iya, karena usaha lain yang sejenis masih ada yang belum menggunakan teknologi aplikasi tersebut. Sehingga dapat dibandingkan dari aspek teknologi. Mulai dari sistem hingga edukasi yang didapat oleh konsumen.

  5. 1. Usaha yang berada didekat saya adalah Indobot, Indobot adalah layanan pelatihan dan kursus online pemrograman maupun perakitan device elektronik. Seperti Arduino, Mikrokontroler, Robotika, dan Internet of Things. Indobot sudah sepenuhnya menggunakan fasilitas teknologi dari pemasaran, jasa, pembelajaran, dan proses bisnis mereka. Menurut saya indobot sudah pas menerapkan teknologi dibisnisnya sejalan juga dengan barang dan jasa yang mereka sediakan berkaitan dengan kemajuan teknologi yaitu Arduino, Robot, dan IOT.

    2. Indobot sudah sangat baik menerapkan teknologinya dibisnisnya. Mungkin untuk perkembangannya kedepan harus membuat aplikasi untuk smartphone, kenapa? indobot menjual barang dan jasa terkait dengan robotika dan menyediakan tutorial/edukasi berbasis video yang mana lebih praktis dilihat di smartphone. Aplikasinya juga harus bisa digunakan untuk tempat membeli produk arduino indobot sendiri.

    3. Secara umum indobot sudah layak jika meng implementasikan teknologi dalam bisnisnya dilihat dari produk yang dijual dan keadaan pasar yang memang membutuhkan bantuan teknologi sebagai pembantu atau pendamping dalam menjalankan bisnisnya.

  6. 1. Saya melakukan survei di toko kelontong dekat rumah saya. toko kelontong tersebut menjual barang barang seperti sembako, alat tulis, alat pramuka,dll. di toko kelontong tersebut sudah menggunakan teknologi berupa scan barcode untuk mengetahui harga serta stok dari barang tersebut. Menurut saya, teknologi yang digunakan oleh toko kelontong tersebut sudah tepat karena dengan menggunakan scan barcode lebih memudahkan pekerjaan karyawan di toko tersebut. karyawan toko tersebut tidak perlu menempel label harga untuk setiap barang, tidak perlu menghitung total belanja pelanggan secara manual karena dengan scan barcode yang terhubung ke komputer secara otomatis dapat mentotal seluruh belanjaan pelanggan. Selain itu, untuk mengetahui stok barang-barang karyawan tidak perlu menghitungnya secara manual pula. Tidak hanya scan barcode, toko kelontong tersebut juga sudah menggunakan teknologi berupa CCTV juga, sehingga keamanan dpat lebih mudah dikendalikan.

    2. Teknologi yang telah digunakan oleh toko tersebut sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa barang yang belum menggunakan barcode sehingga kasir perlu menulis nama barang tersebut. Untuk itu, pihak toko perlu memperbaiki itu, ada baiknya jika semua barang sudah terlabel barcode.Jika toko semakin berkembang, maka pihak toko dapat menambah teknologi baru seperti alat alarm sensor gerak yang dapat dipasang di pintu keluar. sehingga apabila ada barang yang belum terhitung alat tersebut dapat mendeteksi dan mengeluarkan suara. karena walaupun sudah ada CCTV tetapi biasanya CCTV hanya akan dicek apabila pihak toko sadar bahwa ada barang yang hilang, sehingga masih kurang efektif untuk menangani kasus barang jualan yang dicuri.

    3. Menurut saya, usaha toko kleontong yang saya survei sudah layak ditinjau dari aspek teknologi. karena menurut saya, teknologi yang mereka gunakan sudah cukup baik dan tidak dapat dikatakan menambah-nambah biaya operasional karena walaupun toko kelontong tersebut tidak terlalu besar tetapi banyak masyarakat sekitar yang berbelanja di toko tersebut.

  7. Jawaban
    1. Untuk mengoptimalkan perkembangan usaha, aspek teknologi harus bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Teknologi dapat digunakan pada bidang produksi, pemasaran, maupun keuangan. Peran teknologi saat ini tidak dapat diabaikan dan pelaku usaha harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sesuai dengan usahanya.
    Seperti perusahaan percetakan di Kudus – Jawa Tengah, Nashr Print. Perusahaan ini menggunakan teknologi baik di bidang produksi ataupun bidang pemasaran. Pemanfaatan teknologi di dua bidang tersebut membuat optimalnya perkembangan jalannya usaha.
    Dibidang produksi dimulai dari proses pemesanan oleh customer baik secara langsung ataupun melalui media online yang telah disediakan, WA ataupun IG dan medsos lainnya yang berujung pada hot-line WA perusahaan. Kemudahan dalam hal pemesanan ini sangat membantu customer. Pesanan kemudian diproses oleh tim desain dan dikonfirmasi kembali. Begitu desain sudah jadi, selanjutnya akan diproses menggunakan mesin cetak dengan teknologi terbaru yang membuat system produksi menjadi efektif dan efesien di banding dengan system manual.
    Di bidang pemasaran, perusahaan menggunakan system media massa untuk membangun jaringan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada, baik local maupun interlokal. Misalnya dengan web, media social, ataupun lainnya. Pemanfaatan teknologi ini bisa sangat membantu pihak perusahaan ataupun pihak customer. Dengan teknologi yang berkembang jaringan informasi yang didapat semakin luas.
    2. Aspek teknologi yang digunakan oleh perusahaan Nashr Print baik di bidang Produksi dan bidang Pemasaran sangat bagus, karena bisa mengoptimalkan perusahaan dalam menjalankan operasionalnya.
    Tetapi dalam bidang keuangan dan administrasi perusahaan Nashr Print masih bersifat manual dan sederhana. Pencatatan transaksi masih dicatat dibuku khusus oleh admin bagian keuangan secara manual. Ataupun administrasi juga masih bersifat manual. Pencatatan dilakukan di buku – buku oleh perusahaan setiap bulannya.
    Akan lebih berkembang dan membuat perusahaan menjadi maju lagi apabila bisa memanfaatkan teknologi di bidang keuangan dan administrasi. Misalnya pencatatan setiap transaksi menggunakan system computer yang lebih baik. Sehingga nanti untuk bahan evaluasi dan perkembangan usaha bisa menyimpulkan dan memutuskan suatu hal berdasar rekapan data tersebut. Selain itu pemanfaatan teknologi dibidang keuangan bisa mengevaluasi kinerja di bidang – bidang lainnya. Serta administrative tertata dengan rapid an baik.
    3. Usaha percetakan Nashr Print sudah layak untuk dijalankan jika dilihat dari sudut pemanfaatan bidang teknologi. Perusahaan ini sudah mempraktekan kemudahan dan manfaat teknologi bagi optimalisasi perusahaan untuk berkembangnya usaha. Sudah ternukti dari tahun ke tahun dengan adanya teknologi ini produksi semakin bertambah di imbangi dengan permintaan yang bertabah juga karena danya pelanggan yang bertambah melalui teknologi informasi yang tersedia.

  8. 1.Usaha yang saya surve yaitu Bakpia Juwara Satoe yang terletak di jalan Jogonegaran, Pathuk, Ngampilan, Kota Yogyakarta, DIY. Usaha yang bergerak dibidang kuliner ini dalam memproduksi produknya telah menggunakan mesin selain itu usaha ini juga sudah menggunakan aplikasi yang bernama Juwara Satoe. Aplikasi ini hanya ada di Play Store. Aplikasi ini digunakan penjual untuk mempromosikan produknya karena produk yang mereka jual adalah bakpia kering yang terbilang masih jarang di Jogja. Aplikasi ini selain sebagai tempat promosi bagi penjual, aplikasi ini juga memberi kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk mereka sehingga pembeli tidak harus mengunjungi store Bakpia Juwara Satoe. Aplikasi ini langsung dapat digunakan pelanggan tanpa harus melakukan registrasi terlebih dulu. Aplikasi begitu menarik karena pada tampilan awal langsung menampilkan diskon sebesar 10% untuk setiap transaksi hanyamenggunakan kode promo pelanggan. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menu seperti produk, outlet, sang juwara, video juwara, pesan online, histori transaksi, settings, dan about juwara store. Ketika melakukan pemesanan secara online dapat melalu WhatsApp, Chrome, dan Internet. Ketiga alternatif tersebut tersambung pada nomor penjual agar bisa melakukan order.
    2.Untuk teknologi yang harus diperbaiki yaitu dalam proses mendownload aplikasi karena ketika ingin mendownload aplikasi ini kita harus mendownload APKPure terlebih dulu. Karena pelanggan untuk saat ini lebih menyukai hal yang mudah tanpa harus dengan langkah yang bertele-tele. Selain itu akan lebih baik jika aplikasi ini juga terdapat pada App Store.
    3.Menurut saya usaha ini sudah layak karena usaha ini telah menggunakan teknologi dalam produksi dan telah menggunakan aplikasi dalam pemasaran.

  9. 1. Usaha di sekitar saya yang telah memanfaatkan teknologi salah satunya adalah Monokromstore_jogja yang terletak di Jalan Wates Km.3 No.32, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Monokromstore_jogja merupakan toko pakaian dan juga grosir yang khusus menjual produk fashion wanita dengan harga yang terjangkau. Usaha ini telah memanfaatkan teknologi dalam bidang pemasaran, yaitu dengan menggunakan web, media sosial, dan platform perdagangan. Melalui web, kita bisa melihat informasi terbaru, testimoni, tentang monokromstore_jogja, galeri, kontak yang dapat dihubungi, serta bisa mendapatkan penawaran dengan cara mengisi form yang telah disediakan. Selain itu, pemasaran juga dilakukan melalui media sosial yaitu menggunakan instagram, whatsapp, dan line. Di instagram, kita bisa melihat banyak produk yang ditawarkan oleh monokromstore_jogja. Mereka selalu meng-update stock terbaru yang dimiliki lewat postingannya, melakukan review produk terbaru serta memberikan referensi pemakaian melalui cerita instagram. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menarik minat orang yang melihat agar ingin membeli produknya. Untuk para reseller yang ingin membeli produk dari monokromstore_jogja, dapat melakukan pemesanan melalui whatsapp maupun line. Selain itu, monokromstore_jogja juga melakukan kerja sama dengan platform perdagangan yaitu shopee. Di shopee ini, kita dapat melihat produk berdasarkan kategori sehingga memudahkan kita dalam mencari produk yang diinginkan, dapat melakukan transaksi tanpa harus pergi ke toko, serta mendapatkan gratis ongkir apabila mencapai jumlah minimal pembelian.
    Menurut saya, teknologi yang digunakan usaha tersebut sudah tepat karena dengan cara pemasaran tersebut akan memudahkan customer untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan menarik minat customer yang lebih luas untuk melakukan transaksi.

    2. Menurut saya, monokromstore_jogja perlu menambahkan cabang offline store karena peminatnya yang banyak menyebabkan store sering penuh dan berdesakan sehingga kurang nyaman dan membuat orang malas untuk pergi ke sana. Walaupun dapat melakukan pemesanan secara online, masih terdapat banyak orang yang cenderung lebih menyukai datang langsung ke store karena dapat mencoba barangnya terlebih dahulu.
    Selain itu, akan lebih baik lagi jika monokromstore_jogja membuat dan meng-update katalog produknya di web. Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan untuk mengetahui dan membeli produknya karena jika melalui instagram, orang-orang harus mengikuti instagram mereka terlebih dahulu sedangkan instagram mereka di private. Atau bisa juga mereka melakukan unprivate agar memiliki jangkauan yang lebih luas karena kemungkinan dapat muncul di explore instagram.

    3. Secara umum, monokromstore_jogja layak ditinjau dari aspek teknologi karena telah mengikuti perkembangan jaman dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam usahanya. Hal itu bertujuan agar usaha tersebut memiliki peminat yang banyak sehingga dapat berkembang secara optimal.

  10. Usaha yang saya survey merupakan usaha perorangan, Bakpia Arjuna 28 yang bertempat di Sleman.

    1. Teknologi yang digunakan sudah tepat yaitu dalam pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi. Teknologi yang digunakan yang yaitu mesin untuk mengolah isi dan kulit dari bakpia. Sebelum ada mesin tersebut, pembuatan isi dan kulit bakpia dilakukan secara manual dan memakan waktu, tenaga, serta biaya lebih banyak.

    2. Teknologi yang harus ditambah yaitu:
    a. Mesin pengolahan dari produk setengah jadi ke produk jadi. Yaitu adalah mesin pembuat bakpia itu sendiri sehingga produk yang di produksi juga dapat diatur sesuai dengan permintaan pasar saat itu
    b. Mesin untuk pakcing produk jadi. Hal ini tentu akan meningkatkan efisiensi di dalam rumah produksi dari berbagai aspek
    c. System informasi terkait pecatatan stock dan juga mesin kasir penjualan yang terintegrasi menjadi 1 sehingga dapat dilihat stock yang ada serta berapa penjualan yang dihasilkan
    d. Dalam pemasaran, bisnis ini belum memanfaatkan teknologi yang ada, contohnya social media dalam melakukan pemasaran sehingga dalam aspek ini sendiri perlu mempertimbangkan hal tersebut
    e. Software untuk pencatatan laporan keuangan sehingga laba maupun biaya yang dihasilkan dari bisnis tersebut dapat terlihat dengan jelas dengan laporan keuangan yang ada dan tidak bercampur aduk dengan prive

    3. Belum, dikarenakan usaha yang saya survey sebagian besar masih menggunakan tenaga manusia dan belum menggunakan aspek teknologi yang sangat penting salah satunya adalah system informasi.

  11. 1. usaha yang ada di daerah kota jogja salah satunya adalah bakpia juwara satoe. bakpia juwara satu merupakan usaha yang dimiliki oleh natasha group. dalam memudahkan pelanggan memesan produk, bakpia juwara satoe mempunyai teknologi baru yang berbasis aplikasi, dimana aplikasi tersebur bernama bakpia juwara satoe dan bisa di download di playstore, akan tetapi belum merambah ke appstore dikarenakan aplikasi yang digunakan ini adalah aplikasi yang bekerjasama dengan hektako (pihak ketiga) yang masih dalam masa percobaan dalam penggunaannya. akan tetapi setelah menggunakan aplikasi ini selama 3 bulan memang memberikan hasil yang bagus, omset meningkat dan tentunya banyak pelanggan yang senang karna dimudahkan pelayanannya. dan yang menarik disini dalam menjalankan teknologi ini untuk menarik minat pelanggan, bakpia juwara satoe memberikan diskon 10% setiap pemesanan yang dilakukan melalui aplikasi dan banyak pelanggan yang juga beralih memesan dengan aplikasi ketika berhalangan untuk pergi ke store. sehingga, teknologi berbasis aplikasi ini sangat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan.
    2. kalo opini saya bukan hal dalam mengganti, akan tetapi lebih dikembangkan kemudahan dalam mendownload aplikasi ini. menurut saya pemilik kurang percaya diri untuk menerapkan aplikasi ini karena, dalam mendownload aplikasi bakpia juwara satoe masih harus menggunakan aplikasi perantara agar bisa download aplikasi bakpia juwara satoe (sehingga belum ada langsung di playstore) dimana aplikasi perantara itu digunakan untuk mengakses ke playstore. padahal selama masa percoboaan yang 3 bulan ini hasilnyapun bagus.
    3. menurut saya, usaha ini sangat layak ditinjau dari segi teknologi. karena memang teknologi aplikasi ini bisa dijadikan contoh bagi umkm umkm lainnya yang bisa mencontoh penerapan teknologinya utnuk perkembangan usahanya. apalagi teknologi berbasis aplikasi yang mana juga tidak jauh dari kebiasaan masyarakat yang setiap hari selalu ditemani dengan gadget, sehingga jika adanya aplikasi akan sangat memudahkan pelanggan jika ingin memesan produk. tidak hanya itu bahkan bakpia juwara satoepun mempunyai website, memasarkannyapun melalui beberapa sosial media seperti facebook. dan teknologi di pabrik sendiri, yang digunakan untuk proses produksipun sudah menggunakan alat yang canggih dan modern

  12. 1. Klinik ElsheSkin merupakan klinik yang berbasis perawatan kulit dan kecantikan di Yogyakarta yang difokuskan untuk wajah dan tubuh. Klinik ini selalu berusaha menciptakan dan berinovasi membuat produk-produk berkualitas yang memenuhi berbagai macam kebutuhan kulit. Semua produk ElsheSkin dibuat khusus dengan pabrik bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dan dengan kandungan bahan-bahan berkualitas yang di import dari Eropa serta didukung oleh teknologi dan penemuan modern yang berstandar internasional.
    Selain memberikan pelayanan Home Care Product (produk harian), ElsheSkin juga memberikan pelayanan perawatan langsung di klinik seperti melakukan serangkaian treatment dengan peralatan canggih sesuai kebutuhan kulit pasien. Teknologi di bidang dermatologi yang ElsheSkin pakai dalam dunia kecantikan antara lain seperti laser, ultrasound, atau pun radio frekuensi. Selain itu ElsheSkin juga memiliki Alat Pendeteksi/Analisa Kulit Wajah Skin Scope yang merupakan suatu alat Skin Analyzer/Alat pendeteksi Kulit wajah professional yang berfungsi untuk menganalisa Kulit wajah sebelum dilakukan tindakan Facial Treatment.
    Beberapa contoh treatment-treatment yang ada di klinik kecantikan ElsheSkin mulai dari treatment PRP Growth untuk menumbuhkan rambut, treatment Facial Vampire untuk memperbaiki tekstur kulit yang bopeng atau scars, dan treatment IPL kaki untuk menghilangkan rambut-rambut di kaki. Kemudian beberapa contoh produk produk kecantikan seperti Smooting Serum, Loose Powder dengan berbagai shades kulit, dan Daily Protection untuk tipe kulit kering, normal, oily dan acne.
    Klinik kecantikan ElsheSkin ini juga mempunyai media sosial Instagram yakni @elsheskin dan @elsheskinclinic. Disana terdapat informasi dan tips-tips merawat kecantikan kulit wajah dan cara membeli produk nya bisa melalui website http://www.elsheskin.com serta dapat melakukan konsultasi oleh dokter langsung melalui platform chating Line di elsheskinclinic.

    2. Teknologi yang harus ditambahkan pada ElsheSkin Klinik yaitu seperti disediakannya mesin antrian. Saat mengunjungi klinik pastinya terdapat jumlah pasien yang banyak, tentunya hal ini akan mengakibatkan mengantri lama sebelum akhirnya terlayani.
    Penggunaan mesin antrian ini nantinya akan membuat lebih efektif dan tertata dimana pengunjung tinggal mengambil tiket pada mesin antrian, dan dapat dengan bebas memilih jenis pelayanan yang sesuai dengan keinginannya. Mesin antrian akan menampilkan jenis layanan yang tersedia. Setelah itu pasien dapet langsung menunggu pada ruangan yang sudah disediakan, sebelum akhirnya terlayani saat nomor antriannya dipanggil.
    Saat menunggu, pasien dapat melakukan kegiatan seperti membuka handphone, membaca majalah. Penggunaan mesin antrian ini juga untuk meminimalisir salah antrian, karena sebagian besar dari pasien sering mengalami salah memilih antrian. Sudah lama mengantri, ternyata antriannya tidak sesuai dengan pelayanan yang diinginkan. Dengan sistem antrian, pasien dapat diarahkan ke pelayanan yang diinginkan tanpa perlu mengantri dari awal lagi.

    3. Menurut saya ElsheSkin Klinik merupakan suatu usaha yang layak jika ditinjau dari aspek teknologi. Alasan yang mendukung karena di elsheskin klinik sendiri telah menyediakan apa yang menjadi kebutuhan pasar seperti menyediakan produk serta alat treatment yang memadai bahkan dengan pemanfaatan teknologi yang canggih.

  13. ASPEK TEKNOLOGI PABRIK TAPIOKA DESA PARAKAN
    1. Pabrik tapioka yang terletak di dusun Bleber, Desa Parakan ini letaknya dekat dengan ladang-ladang milik penduduk. Hal ini dikarenakan bahan baku utama pabrik yang berupa singkong ini diambil langsung dari hasil panen penduduk setempat.
    Perusahaan mengolah singkong untuk dijadikan tepung tapioka sebagai produk utamanya. Pabrik tapioka ini tergolong masih kecil, sehingga teknologi yang digunakan masih terbatas pada aspek produksi. Namun penggunaan teknologi berupa mesin produksi saya rasa sudah tepat jika dilihat dari pengolahan bahan baku. Proses produksi tepung tapioka ini dimulai dari pengupasan singkong yang masih menggunakan tenaga manual, lalu singkong dicuci menggunakan mesin yang disebut kontrek. Singkong yang sudah tercuci bersih selanjutnya masuk ke dalam mesin ayak untuk di parud. Parudan singkong ini akan secara otomatis beralih ke mesin sintrik untuk kemudian dilakukan pemerasan untuk memisahkan air dengan ampas singkong. Ampas singkong akan kembali diolah menjadi produk sampingan sedangkan air hasil perasan akan dijemur. Hasil endapan itulah yang akan diolah menjadi tepung tapioka kasar untuk diproses lebih lanjut. Sebagian besar proses produksi tepung disini dilakukan dengan bantuan mesin sehingga mempermudah pekerjaan. Penggunaan teknologi berupa mesin produksi ini menurut saya sudah cukup tepat. Jumlah bahan baku yang lumayan banyak tidak mungkin dilakukan produksi secara manual, karena akan memakan waktu yang lama serta menyerap lebih banyak tenaga kerja.

    2. Teknologi yang harus diganti atau ditambahkan
    Pabrik tapioka ini hanya memproduksi tepung tapioka setengah jadi, sehingga sangat disayangkan sekali pendapatan yang mereka dapat tidak bisa dimaksimalkan. Hal ini disebabkan terbatasnya modal perusahaan sehingga tidak bisa melengkapi mesin-mesin serta perlengkapan penunjang lainnya.
    Menurut saya teknologi mesin produksi yang ada di Pabrik Tapioka ini sudah bagus dan tepat sehingga tidak perlu diganti. Akan tetapi perlu adanya penambahan mesin untuk lebih mempercepat proses produksi, seperti mesin pengupasan singkong dan mesin pengumpulan sari singkong. Pengupasan singkong masih dilakukan secara manual oleh tenaga manusia, meskipun memiliki nilai positif dengan adanya pemanfaatan tenaga warga sekitar, namun dari segi biaya adanya tenaga kerja ini menambah biaya tenaga kerja langsung. Selain itu waktu yang digunakan juga menjadi semakin lama.
    Disamping alat pengupasan otomatis, juga perlu ditambah mesin mesin pengumpulan sari singkong yang sudah terkumpul, hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan sari singkong serta penghematan waktu produksi sehingga pabrik dapat memproduksi dengan jumlah yang banyak.
    Untuk meingkatkan nilai tambah perusahaan , perusahaan juga sebaiknya mengolah bahan mentah menjadi bahan siap konsumsi, tidak hanya setengah jadi. Untuk menunjang hal tersebut, maka perlu ditambahkan mesin pemanggang tepung tapioka setengah jadi. Setelah pabrik berkembang, barulah teknologi lain dapat ditambahkan untuk melengkapi aspek pemasaran, dan lain sebagainya.
    Namun dengan kondisi pabrik saat ini, penggunaan adanya mesin seperti computer belum terlalu dibutuhkan, mengingat skala pabrik yang masih kecil serta keterbatasan jumlah sumber daya yang mengoperasikannya. Pencatatan manual dirasa sudah membantu mencatat transaksi yang terjadi di perusahaan meskipun belum mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

    3. Menurut saya dengan keadaan perusahaan saat ini, penggunaan teknologi mesin produksi yang berupa kontrek, mesin ayak parudan, serta mesin sintrik ini sudah cukup membantu proses pengelolaan dari singkong mentah menjadi tepung tapioka setengah jadi baik dari segi efisiensi biaya tenaga kerja, waktu yang digunakan, serta hasil produk yang lebih optimal. Meskipun teknologi yang dipakai masih terbatas pada mesin produksi, namun dari segi aspek teknologi perusahaan pabrik tapioka ini tergolong layak.

  14. Ratna Puji Rahayu_18812141010

    1. Menurut saya, teknologi yang digunakan oleh Usaha Jahit Remaja yang beralamatkan di Gegunung, Sendangsari, Pengasih Kulon Progo sudah tepat. Dalam menjalankan usahanya, Bapak Parlan telah menggunakan mesin jahit listrik, serta berbagai perlengkapan dan peralatan jahit lainnya untuk mendukung usaha jahitnya, sekalipun dalam hal ini peralatan dan perlengkapannya masih manual.

    2. Teknologi yang bisa ditambahkan agar usaha jahit ini semakin berkembang adalah gunting listrik, mesin untuk lubang kancing baju (itek-itek) otomatis, mesin obras otomatis, mesin pemasang kancing baju otomatis. Harapannya dengan peralatan dan perlengkapan tersebut, dapat memperlancar dan mempercepat pekerjaan jahit sehingga dapat menghasilkan output jahitan baju yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.

    3. Menurut saya, Usaha Jahit Remaja milik Bapak Parlan layak dari segi teknologi karena usaha ini telah mempunyai teknologi berupa mesin jahit otomatis serta berbagai peralatan dan perlengkapan lainnya untuk menunjang keberlangsungan usaha.

  15. 1. AW Trans – merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yaitu jasa persewaan mobil. AW Trans ini baru saja membuat website agar lebih mudah dalam pelayannya. AW Trans sudah berdiri sejak 2010, tetapi baru menerapkan website pada tahun 2020. Menurut saya, AW Trans menggunakan website ini tepat, karena zaman sekarang banyak orang yang menggunakan manfaat dari internet. Hal ini dapat dilihat dari baru beberapa bulan menggunakan website tetapi order yang didapatkan AW Trans terus meningkat, sehingga sering menolak order dari pelanggan. Menggunakan website juga sangat membantu bagi pelanggan dan memudahkan pelanggan untuk melakukan order atau hanya sekedar ingin tahu harga. Di AW Trans juga ada paket city tour dan juga dapat untuk mobil pernikahan.
    2. Teknologi yang masih kurang dalam perusahaan AW Trans ini adalah aplikasi. Mungkin AW Trans dihari yang akan datang dapat membuat aplikasi di Google Play Store maupun AppStore. Jika hanya menggunakan website saja usahanya dapat berkembang sangat pesat, apalagi jika AW Trans menggunakan aplikasi, pasti akan tambah banyak pelanggan yang order. Dan biasanya jika menggunakan aplikasi tampilan jadi lebih sederhana sehingga dapat lebih memudahkan lagi bagi pelanggan.
    3. Layak, karena dizaman sekarang banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk mencari sesuatu, seperti mencari persewaan dan city tour juga. Dengan memanfaatkan teknologi ini, perusahaan start-up akan semakin berkembang. Dan juga pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya.

  16. 1. dijaman serba update sekarang ini, pemakain teekhnologi memang sudah menjadi tuntutan bagi masyarakat. penggunaan tekhnologi telah menempatkan dirinya dalam perkembangan yang pesat, perubahan-perubahan yang terjadi dalam segala aspek kehidupan hanya dengan sekali klik segalanya seperti ada dalam genggaman. tekhnologi sudah masuk dalam segala lini kehidupan termasuk dunia bisnis, pemanfaatan tekhnologi membantu para pelaku bisnis membangun dan menjalankan bisnisnya. namun sering kali tekhnologi yang digunakan tidak maksimal karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara untuk mengoperasikannya, malah semakin kesini semakin mengurangi daya beli masyarakat di pasar secara langsung. namun disamping semua itu pelaku usaha yang memanfaatkan tekhnologi lebih banyak mendapatkan keuntungan salah satunya adalah memudahkan promosi tanpa adanya embel-embel terhambat jarak dan waktu. baik bagi konsumen tanpa harus secara langsung datang ke pasar hanya dengan menggunakan handphone dan berselancar di dunia maya maka semuanya akan muncul sesuai dengan kategori kebutuhan dan keinginan.

    2. pertama kali yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam menjalankan usahanya adalah tekhnologi informasi yang mencakup teknologi komputer maupun telekomunikasi, seorang pelaku usaha harus mempunyai kemampuan dasar seperti mengoperasikan word, powerpoint, exel, selain itu juga harus mengetahui perkembangan dunia maya (sosial media). namun yang paling penting adalah teknologi pembukuan, mengapa demikian ini disebabkan oleh minimnya penguasaan para pelaku usaha terkait dengan pembukuan keuangan mereka sendiri, jika pembukuan yang dilakukan sudah tepat maka dengan yakin usaha yang dijalani akan baik pula pengelolaanya. bahkan hingga saat ini para pelaku umkm masih saja berputar mengenai masalah pengelolaan pembukuan, padahal sekarang ini sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa dignakan dan juga secara gratis.

    3. bagi saya, beberapa usaha memang sudah layak jika ditinjau dari sisi penggunaan teknologi namun beberapa saya anggap belum layak. seperti bakpia juwara satoe, mereka bahkan selain penggunaan media sosial dan juga web mereka telah mempunyai aplikasi sendiri yang secara lengkap telah memiliki fitur tersendiri diaplikasi tersebut. namun beda lagi dengan bakpia yang dijual oleh para umkm di Malioboro, jika dibandingkan dari segi rasa saya kira merekalah yang paling layak untuk mendapatkan pasar yang bagus, namun kembali lagi mereka belum sama sekali menggunakan teknologi apapun baik sosial media untuk mempromosikan dagangan mereka. memang sebagai manusia yang tumbuh didunia serba digital seperti sekarang ini kita tidak bisa terus menutup mata terhadap perkembangannya sebab memang memberi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan dunia.

  17. 1. Teknologi yang digunakan oleh Els computer sudah tepat. Els computer membuat sebuah aplikasi yang berfokus pada informasi produk yang dijual dan melayani customer care dengan cara memberikan layanan chat serta komplain. Terdapat beberapa menu yang tersedia di dalam aplikasi, diantaranya promo, voucher, account dan pricelist. Menu-menu tersebut sangat membantu pelanggan dalam mengetahui informasi produk baik harga maupun spesifikasi produk yang ditawarkan. EL’S Computer juga menyediakan alamat toko dan servis beserta jam operasionalnya yang dapat dimanfaatkan pengguna aplikasi untuk melakukan kunjungan ke toko.
    2. Perlunya teknologi untuk membuat laporan keuangan yang terintegrasi, karena belum semua bagian membuat laporan keuangan.
    3. Layak, usaha tersebut sudah memanfaatkan teknologi berupa aplikasi yang melayani konsumen dengan baik. Adanya aplikasi ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap penjualan dan memberikan nilai tambah dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Loyalitas konsumen juga meningkat dengan adanya layanan online yang diberikan.

  18. 1. Bagaimana ketetapatan teknologi yang sudah mereka gunakan? Jelaskan pernyataan dan fakta yang mendukung opini Anda!
    Jawab:
    Bisnis yang berada di sekitar rumah saya yaitu berupa pemanfaatan limbah anorganik untuk didaur ulang melalui suatu teknologi. PT. Wahana Anugerah Energi merupakan nama perusahaannya yang berberak dalam pengolahan limbah tersebut. Perusahaan ini berlokasikan di Perum Mukti Maguwo Residence 1D, Ringinsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Nama pemilik yaitu Graha Citra didirikan tahun 2019 dan beroperasi senin sampai sabtu pukul 08.00-17.00. Perusahaan ini menggunakan teknologi dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Teknologinya berupa aplikasi yang berada di google play store sangat membantu bagi para mengepul sampah untuk mempertemukan dengan user sebagai penjual sampah anorganik. Repel yaitu aplikasi untuk mempermudah melalukan transaksi jual beli sampah anorganik. Cara menggunakan aplikasi rapel ini sangat mudah dengan melalukan foto pada sampah anorganik yang akan dijual lalu dilakukan perkiraan berat sampah tersebut, dan pemilihan jenis sampahnya apakah botol atau kardus atau yang lainnya. Maka pengepul akan langsung datang dan mengambil sampah ke tempat user yang akan menjual sampah tadi. Dengan begitu teknologi ini sangat membantu dalam kegiatan di perusahaan ini.

    2. Teknologi apa saja yang masih harus diganti atau ditambahkan pada usaha tersebut, agar usaha yang saat ini dijalankan semakin berkembang? Berikan pernyataan-pernyataan yang mendukung jawaban Anda!
    Jawab:
    Dalam perusahaan ini kemungkinan tidak ada teknologi yang perlu diganti, melainkan perlu adanya penambahan teknologi dikarenakan penumpukan sampai yang sulit teruraikan oleh tanah sangat menggaggu dan meresahkan masyarakat sekitar. Dengan begitu perlu adanya penambahan teknologi untuk pengolahan sampah tersebut. Hingga saat ini baru aka nada penambahan teknologi berupa alat untuk meringankan pekerjaan pada perusahaan tersebut, dan dengan adanya alat baru dengan begitu akan digunakan dengan semaksimal mungkin dan menghasilkan output yang banyak. Disamping itu juga dapat menghemat serta efisien dalam menjalankan pekerjaannya.

    3. Secara umum, usaha yang Anda survei apakah layak jika ditinjau dari aspek teknologi? Jelaskan jawaban Anda!
    Jawab:
    Usaha yang saya survey layak ditinjau dari aspek teknologi karena dalam melalukan usaha di perusahaan tersebut menggunakan aspek teknologi berupa suatu aplikasi yang bernama rapel. Disamping itu teknologi lain yang digunakan berupa alat yang digunakan untuk memproses sampah tersebut yang berlokasikan digudang sehingga dengan begitu ketika barang (sampah anorganik) datang langsung bisa segera diproses menggunakan alat tersebut.

  19. 1. Usaha “Bakmie Pentil” yang didirikan oleh sepasang suami istri ini dimulai sekitar tahun 1999 yang telah diproduksi di kediamannya sendiri yaitu di Dusun Nangsri, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. “Bakmi Pentil“ ini merupakan bakmi yang dibuat menggunakan tepung kanji. Usaha ini masih tergolong jenis usaha kecil, sehingga teknologi yang digunakan masih sangatlah terbatas. Teknologi yang digunakan hanyalah terdapat pada proses produksi yaitu mesin penggilingan bakmie. Penggunaan mesin penggilingan pada proses produksi ini menurut saya belum tepat, karena mesin penggiling tersebut harus didongkrak dengan tenaga manusia. Mesin tersebut masih harus dikendalikan dengan cara memasukan adonan kedalam mesin penggiling kemudian diputar tuasnya oleh sang pemilik usaha biasanya sang suami yang memutar, dikarenakan tenaga bapak lebih kuat dan “roso”daripada tenaga si Ibu. Bakime nya juga baru terbentuk dan keluar hasilnya setelah tuas tersebut diputar. Hal tersebut tentunya membuat proses produksi semakin lama, padahal waktu tersebut dapat digunakan untuk proses selanjutnya.

    2. Menurut saya teknologi pada mesin penggilingan bakmie harus diganti dengan mesin penggiling listrik atau menggunakan dinamo yang sekali injak, karena hal tersebut dapat mempercepat proses penggilingan bakmi sehingga waktu yang dibutuhkan tidaklah banyak dan bakmie yang dihasilkan pun tentunya kualitasnya akan lebih bagus, kemudian sang pemilik usaha juga tidak perlu membutuhkan tenaga yang banyak.
    Kemudian teknologi yang perlu ditambahkan yaitu alat atau mesin pembuat adonan bakmie, Apabila menggunakan mesin adonan yang listrik maka tentunya waktu yang digunakan tidaklah banyak, dan dapat menghemat tenaga. Karena proses pembuatan adonan ini benar-benar dilakukan secara manual dimulai dari pencampuran bahan baku yaitu tepung, kemudian menghaluskan tepung berkwintal-kwintal sampai dengan “menguleni” adonan tersebut. Tentunya hal ini merupakan proses yang paling lama dalam proses produksi.
    Selain itu pemilik usaha tentunya memiliki smartphone, beliau dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan pencatatan pengeluaran selama sehari atau seminggu dan merekapnya, agar pemilik dapat mengetahui profit sesungguhnya dari usaha yang dijalankan. Karena dalam usaha tersebut belum melakukan pencatatan sama sekali.
    Dan yang terakhir pemilik usaha dapat memasarkan hasil produksinya menggunakan sosial media, seperti facebook, instagraam, atau whatsaap sehingga usaha tersebut dapat dikenal luas oleh masyarakat. Karena pemilik usaha hanya memasarkan hasil produksinya secara offline di Pasar Pundong.

    3. Menurut saya usaha yang saya survei belum layak dari segi teknologi, dikarenakan belum adanya pemanfaatan teknologi yang canggih di era industri 4.0 ini. Dapat kita lihat dari segi produksinya pemilik masih menggunakan mesin penggiling dongkrak, padahal saat ini sudah terdapat mesin penggiling bakmie secara listrik. Kemudian proses pembuatan adonannya pun sama sekali belum menggunakan alat, padahal proses awal tersebut menyita banyak waktu dan tenaga. Selain itu pemilik juga belum menggunakan teknologi digital dalam proses pemasaran. Padahal apbila menggunakan medsos usaha dari pemilik tersebut dapat dikenal orang banyak sehingga dapat menarik para konsumen.

  20. 1. Dari observasi yang pernah saya lakukan, saya menemui sebuah perusahaan start-up yang telah menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa tersebut mempunyai sebuah aplikasi bernama TITIPKU yang tersedia di google play store. Menurut saya, perusahaan tersebut sudah memanfaatkan teknologi dengan tepat dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Aplikasi Titipku ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM untuk menyebarluaskan pangsa pasarnya dimana sebuah UMKM yang dalam promosinya menggunakan teknologi seperti aplikasi ataupun media social maka akan sangat membantu dalam hal promosi dan penjualan. Sejauh ini, dengan adanya aplikasi Titipku sudah benar-benar membantu UMKM memperluas pangsa pasarnya dan sudah terbukti bahwa lebih dari 100 UMKM yang bergabung di Titipku untuk mempromosikan produknya.
    2. Menurut saya, tidak ada teknologi yang perlu diganti melainkan ditambahkan saja. Ditambahkan disini berarti juga menyempurnakan aplikasi yang telah dibuat misalnya menambahkan serta mengembangkan fitur-fitur yang ada di dalamnya supaya orang-orang lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi Titipku dan Titipku semakin berkembang serta dikenal banyak orang. Berhubung aplikasi Titipku ini mempunyai aplikasi pendukung yang digunakan untuk kurirnya, alangkah lebih baik apabila kedua aplikasi tersebut dijadikan satu supaya lebih sederhana dan mudah digunakan.
    3. Menurut saya, usaha yang pernah saya survei sudah layak apabila ditinjau dari aspek teknologi. Usaha tersebut dikatakan layak karena aplikasi yang digunakan perusahaan tersebut juga sudah berfungsi dengan bagus dan terbukti telah membantu banyak UMKM dalam meluaskan pangsa pasarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *