Penghitungan Payback Period UMKM AMANAH

UMKM AMANAH merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang manufaktur dan berbentuk badan usaha perseroan. AMANAH memproduksi produk dengan bantuan mesin sehingga UMKM ini dapat memenuhi berbagai pesanan yang diterima, tentunya jumlah pesanan tidak melebihi kapasitas mesin.

AMANAH merupakan UMKM yang sudah berkembang cukup pesat sehingga pengelola UMKM mulai berpikir untuk berinvestasi guna meningkatkan keuntungan UMKM. AMANAH memproduksi dua produk utama, yaitu produk A dan produk B. Produk A diproduksi dengan menggunakan mesin J, sedangkan produk B diproduksi dengan mesin K. Selama ini, kedua mesin tersebut dapat memenuhi jumlah atau target yang telah ditetapkan.

Seiring dengan perkembangan, jumlah permintaan terhadap produk A dan B semakin meningkat sehingga kedua mesin tersebut tidak dapat memenuhi permintaan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Oleh sebab itu, pengelola AMANAH hendak menambah mesin baru untuk memproduksi produk A dan B. Setelah berdiskusi dengan semua pengelola perusahaan, maka diputuskan UMKM AMANAH akan membeli mesin baru.

Setelah adanya keputusan untuk membeli mesin baru, langkah selanjutnya adalah memilih mesin yang sesuai dengan yang diharapkan serta mampu memberikan keuntungan yang optimal bagi UMKM AMANAH. Ada dua mesin yang harus dipilih oleh AMANAH untuk memproduksi produk A dan produk B. Pengelola AMANAH selalu menekankan pada analisis payback period sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam hal apapun. Oleh sebab itu, dalam rangka memilih mesin produksi, AMANAH juga harus memperhatikan payback period.

 Berikut ini adalah informasi yang didapatkan oleh AMANAH mengenai mesin yang akan dipilih. Informasi pertama adalah informasi tentang mesin yang dapat digunakan untuk memproduksi produk A, sedangkan informasi kedua berisi tentang mesin yang dapat digunakan untuk memproduksi produk B.

Informasi 1

Perhatikan tabel tentang mesin yang dapat dipilih untuk memproduksi produk A berikut ini!

Informasi 2

Perhatikan tabel tentang mesin yang dapat dipilih untuk memproduksi produk B berikut ini!

Tugas Anda:

  1. Berdasarkan informasi 1, bandingkan tiga arus kas yang ada menggunakan analisis payback period dengan memperhitungkan tingkat suku bunga 9% per tahun. Ambilah keputusan untuk memilih mesin X, Y, atau Z yang akan dipilih untuk memproduksi produk A.
  2. Berdasarkan informasi 2, pada tingkat suku bunga 15% per tahun, tentukan alternatif yang memiliki periode pengembalian lebih cepat. Jika mesin akan digunakan selama 14 tahun, pilih alternatif yang lebih menguntungkan.

Tuliskan jawaban dan rekomendasi Anda dalam kolom komentar.

51 comments

  1. 1.Menurut saya, dari hasil perhitungan payback period yang diperoleh mesin Z akan menghasilkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan mesin X dan mesin Y. Walaupun harga beli mesin Z lebih mahal, akan tetapi umur ekonomis mesin dan keuntungan dim tahun selanjutnya jika dibandingkan dengan mesin lainnya, mesin Z cukup menjanjikan dalam memproduksi jangka waktu yang panjang.
    2. Mesin S merupakan mesin yang mempunyai keuntungan yang besar bagi perusahaan walaupun periode pengembaliannya lebih lama dibandingkan mesin R

  2. Fahmi Nur Azizah
    17812141038 / Akuntansi U

    1. Keputusan yang dapat diambil dari hasil perhitungan payback period antara ketiga mesin tersebut dalam memprodusi produk A adalah lebih menguntungkan untuk memilih mesin X karena memiliki pengembalian paling cepat dengan selisih 2 bulan dari mesin Y dan 6 bulan dari mesin Z

    2. Alternatif yang lebih menguntungkan adalah mesin S dengan tingkat pengembalian 3 tahun

  3. Menurut saya untuk situasi A lebih baik membeli produk Y dikarenakan profit yang akan didapatkan lebih besar, sebenarnya produk Z juga cukup baik hanya saja PPnya cukup lama membuat saya lebih memilih produk Y.
    Situasi B saya akan memilih menggunakan produk S walaupun memilik PP yang lebih tinggi, karena menurut saya akan dapat membuat perusahaan mendapat profit yang lebih besar dikarenakan usia pakainya yang lebih lama yaitu 14 tahun.

  4. 1. Setelah menghitung untuk menentukan pilihan mesin yang akan digunakan untuk memproduksi produk A, diputuskan saya akan memilih mesin Z karena menghasilkan keuntungan lebih besar dibandingkan mesin yang lainnya, yaitu sekitar Rp21,860,000.

    2. Yang akan dipilih adalah mesin S, karena memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan mesin R, yaitu sekitar Rp2,469,000

  5. 1. Investasi mesin baru dengan tingkat bunga 9% per tahun. Berdasarkan perhitungan dengan analisis PP didapatkan hasil yaitu, tingkat pengembalian untuk mesin X adalah 9 tahun; mesin Y adalah 7 tahun; serta mesin Z yaitu 6,5 tahun. Dari tingkat pengembalian tersebut, saya menyimpulkan untuk memilih investas pada mesin Z untuk memproduksi produk A karena tingkat pengembalian 6,5 tahun yang diberikan lebih singkat dibandingkan mesin X 9 tahun dan mesin Y selama 7 tahun.

    2. Perhitungan PP pada tingkat suku bunga 15% per tahun diperoleh hasil yaitu:
    =] tingkat pengembalian untuk mesin R adalah 9,2 tahun dengan umur ekonomis 7 tahun maka apabila mesin digunakan selama 14 tahun dibutuhkan ganti mesin R yang baru dengan umur ekonomis yang sama. Karena itu diperoleh tingkat pengembalian selama 18,4 tahun.
    =] tingkat pengembalian mesin S adalah 7,2 tahun dengan umur ekonomi 14 tahun.
    Dari kedua perhitungan tersebut, saya memilih alternatif dengan membeli mesin S karena tingkat pengembalian yang lebih singkat dibandingkan mesin R.

  6. 1. Dalam kasus pertama ini, sebelum mengambil keputusan, saya akan melakukan perhitungan pada masing-masing jenis mesin yang akan dipakai untuk memproduksi produk A. Yang pertama untuk mesin X, periode pengembaliannya selama 3,75 tahun (3 tahun 9 bulan), dengan perhitungan 2+((30jt-25jt)/(35jt-25jt)) x (6/4) tahun . Yang kedua untuk mesin Y, periode pengembaliannya selama 3,12 tahun (3 tahun 1 bulan) dengan perhitungan 2+(40jt-32,5jt)/(45jt-32,5jt))× (6/5) tahun. Sedangkan untuk Mesin Z, periode pengembaliannya selama 3 tahun, dengan perhitungan 2+(50jt-35jt)/(50jt-35jt) x (6/6) tahun. Sehingga mesin yang paling menguntungkan untuk diambil adalah mesin Z dengan periode pengembalian 3 tahun (pengembalian dalam waktu yang paling singkat diantara mesin-mesin yang lainnya).

    2. Untuk perhitungan dikasus kedua, tidak jauh berbeda dengan soal pertama yaitu dengan menyamakan terlebih dahulu UE dari kedua mesin yaitu14 tahun. Perbedaannya adalah pada mesin R menggunakan keuntungan yang tetap, sedangkan untuk S adalah adanya kenaikan keuntungan pada tahun ke 6- 14. Payback untuk produksi B dengan mesin R adalah 12.000.000/3.000.000 × 2 tahun = 8 tahun. Sedangkan untuk Payback untuk produksi produk B dengan mesin S adalah 5+((8-5)/(8-5)) × 1 tahun = 6 tahun. Sehingga dengan adanya perhitungan tersebut maka, mesin yang lebih menguntungkan untuk digunakan adalah mesin S dengan periode pengembalian selama 6 tahun hal ini lebih cepat 2 tahun dari penggunaan mesin R.

  7. 1. Menurut perhitungan pay back period mengenai berapa tahun kira kira x y z maka di hasilkan mesin x akan bertahan selama 3.015 tahun, mesin y bertahan selama 3.168 tahun dan mesin z akan bertahan hingga 3.702 tahun, maka dari itu saya memilih mesin Z untuk memproduksi produk A karena semakin lama masa ekonomis suatu barang akan lebih baik dalam produksi nyaa dan lebih menghemat biaya reparasi mesin tersebut.
    2. Menurut perhitungan arus kas selama 14 tahun di dapatkan bahwa alternatif R berjalan hingga 6.572 tahun dan alternatif S berjalan hingga 9.626 tahun maka dari itu saya memilih alternatif S untuk menjalankan mesin karena lebih lama dalam bertahan dan berproses dan walaupun periode pengembalian lama namun hasil keuntungan nya akan snagat banyak.

  8. 1. Berdasarkan hasil perhitungan payback period terkait pemilihan mesin yang akan digunakan untuk memproduksi produk A, menurut saya lebih baik perusahaan memilih untuk menggunakan mesin Z dengan hasil perhitungan Payback period yaitu 3 tahun. Adapun alasan saya memilih mesin Z adalah, meskipun periode pengembalian memiliki jangka waktu yang lebih lama, namun keuntungan yang diperoleh perusahaan lebih besar dari kedua mesin lainnya.

    2. Mesin yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan adalah mesin S karena meskipun periode pengembalian lebih lama dari mesin R, namun kemampuan untuk memberi keuntungan bagi perusahaan lebih besar.

  9. 1. Berdasarkan informasi pertama. Alternatif yang paling menguntungkan adalah apabila berinvestasi pada mesin X. Sebab di antara alternatif yang lain, mesin X memberikan pengembalian yang paling cepat di antara yang lain. Dan memberikan keuntungan lebih. Yaitu dengan investaasi yang sedikit, namun mampu memberikan pengembalian yang cepat dan mampu memenuhi kenaikan produksi. selama 3 tahun 1 bulan.
    2. Mesin yang memberikan periode pengembalian paling cepat jika diasumsumsikan mesin beroperasi selama 14 tahun adalah mesin S. Sebab mesin R hanya mampu berusia 7 tahun, dengan begitu perusahaan harus menambah mesin lagi setelah usia mesin telah habis. Dengan begitu biaya investasi yang dikeluarkan akan lebih banyak dan Periode pengembaliannya pun bertambah sehingga lebih lama. Sedangkan mesin S hanya seharga 8 juta dan memiliki umur lebih panjang, yaitu 14 tahun. Periode Pengembaliannya juga lebih cepat. Sebab tidak perlu lagi menambah mesin.

  10. 1. Menurut perhitungan saya, payback period untuk mesin x selama 3 tahun, untuk mesin y yaitu 3 tahun 2 bulan dan untuk mesin z yaitu 3 tahun 7 bulan. Oleh karena itu, lebih tepat untuk memilih menggunakan mesin x karena memiliki waktu pengembalian yang lebih singkat.
    2. periode pengembalian yang lebih cepat yaitu ada pada mesin r selama 4 tahun, sedangkan mesin s memiliki waktu pengembalian 6 tahun. namun jika digunakan untuk 14 tahun, akan lebih menguntungkan menggunakan mesin s karena umur ekonomis yang lebih lama dibandingkan mesin r.

  11. Rachma Prima Dewi
    Akuntansi U 2017
    17812141032

    1. Berdasarkan hasil perhitungan payback period dengan informasi arus kas 1, maka saya akan menyarankan UMKM Amanah untuk membeli mesin Z. Hal ini dikarenakan masa umur ekonomis mesin yang lbih lama dan sama-sama memiliki payback pada tahun ke-3 dengan payback yang lebih besar dibandingkan dengan mesin-mesin lainnya.

    2. Berdasarkan penghitungan dengan metode paybcak period atas informasi arus kas 2, maka dapat ditemukan hasil tingkat pengembalian untuk mesin R adalah 9,2 tahun dan mempunyai umur ekonomis 7 tahun. Sedangkan perusahaan akan menggunakan mesin untuk 14 tahun. Sedangkan untuk pengembalian Mesin S alah 7,2 tahun dengan umur ekonomis 14 tahun, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa investasi pada mesin S akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan mesin R.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *